Wisata waduk Sermo, waduk di antara perbukitan

sewa mobil jogja, rental mobil jogja,paket wisata jogja sewa, mobil di jogja

Di daerah Kulonprogo, Wates mempunyai sebuah objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Objek wisata itu adalah Waduk Sermo. Waduk Sermo merupakan bendungan irigasi yang membendung kali Ngrancah yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 20 November 1996

Waduk Sermo ini merupakan sumber air bersih untuk saluran irigasi serta untuk PDAM di daerah Wates dan sekitarnya. Selain dijadikan untuk system irigasi dan PDAM, waduk ini juga kerap digunakan untuk latihan dan lomba dayung.

Waduk Sermo dikelilingi oleh perbukitan yang membuat pemandangan di waduk ini menjadi sangat indah. Angin yang berhembus bisa membuat Anda lebih santai sambil menikmati panorama waduk ini. Selain untuk latihan dan lomba dayung, di waduk ini pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lain seperti memancing dan berfoto ria. Untuk melakukan pengambilan gambar di waduk ini, disarankan untuk berfoto saat senja tiba. Karena view foto yang bagus adalah pada saat senja tiba. Bila ingin memancing, kita tidak perlu membayar. Cukup membeli atau membawa sendiri peralatan untuk memancing. . Para pengunjung dibebaskan untuk memancing di Waduk Sermo, namun ada kawasan-kawasan tertentu yang dilarang karena berbahaya.

Apabila anda ingin mengelilingi Waduk Sermo melalui air, disana juga disediakan penyewaan perahu atau masyarakat sering menyebutnya “gethek”. Perahu motor juga ada. Di waduk ini terdapat juga gardu pandang. Gardu pandang ini dapat Anda gunakan untuk bersantai ria sambil melihat keindahan waduk dari ketinggian. Untuk menikmati gardu ini tidak dikenakan biaya dan dijamin Anda dapat merasakan kesejukan dan kesegaran angin yang bertiup.

Kualitas air bendungan waduk Sermo terbaik di Indonesia

Waduk Sermo memiliki luas sekitar 21.3 kilometer persegi. Dengan luasnya tersebut, Waduk Sermo ini dapat menampung 21.9  juta meter kubik. Kecanggihan Waduk Sermo tak hanya pada fungsinya, namun juga pada konstruksi bangunan bendungan utamanya. Bendungan ini tersusun dari batu dengan jaraknya masing-masing dan bagian inti yang kedap air. Bangunan raksasa ini memiliki ketinggian nyaris 60 meter, panjang 190 meter, dan lebar 8 meter. Ditambah dengan elevasi dari permukaan tanah disekitarnya, bendungan utama Waduk Sermo ini tampak begitu megah.

Jalur menuju waduk Sermo

Rute menuju waduk sermu paling mudah adalah melalui jalan wates. dari pusat kota jogja ambil arah menuju jalan wates. Ikuti saja jalurnya, setelah sampai di patung kuda ambil kanan ke arah alun-alun. Kemudian diteruskan ke arah barat alun-alun menuju arah waduk sermo. Jarak dari kota jogja sampai di waduk sermo sekitar 35 km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Nah kalau Anda ingin berkeliling kota Jogja dan ingin mengunjungi waduk Sermo ini , bisa nih jalan-jalan bersama kami. Kami menyediakan rental jogja terbaik yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil jogja harga termurah yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan