35 Wisata Pantai Di Jogja Yang Harus Kamu Kunjungi

Wisata Pantai Di Jogja

Jogja atau Daerah Istimewa Yogyakarta nyatanya kota tersebut memang sangat istimewa. Terdapat berbagai macam keindahan yang dapat ditemui di setiap ujung kotanya. Mau makan enak, wisata religi, wisata budaya, sampai wisata alam semuanya ada di Jogja. Tak heran kota ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Berbicara mengenai wisata alam, akhir-akhir ini muncul atau banyak di temukan wisata-wisata baru di kota Gudeg. Mulai dari taman, umbul, air terjun hingga wisata pantai yang eksotis. Nah, untuk kamu penggemar laut atau anak pantai berikut akan di ulas mengenai 35 Wisata Pantai Di Jogja Yang Harus Kamu Kunjungi.

Daftar Lengkap Wisata Pantai di Jogja

  1. Pantai Parangtritis

Wisata Pantai Di Jogja

Menjadi pantai paling terkenal di Jogja menjadikan Pantai Parangtritis memiliki keuntungan lebih.Ya, pantai ini menjadi sangat ramai dan tidak pernah sepi pengunjung apalagi ketika musim liburan tiba. Memang Pantai Parangtritis sudah memiliki fasilitas yang lengkap di bandingkan pantai-pantai lain. Ada tempat parkir yang luas, penginapan, tempat ibadah, restoran dan toko souvenir. Untuk masuk ke pantai yang terletak di  Desa Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta kamu cukup membayar Rp 5.000 saja. Tersedia juga fasilitas berupa Delman, Kuda, dan ATV yang bisa di gunakan untuk berkeliling pantai.

Menikmati Parangtritis paling cocok saat sore hari karena kamu bisa melihat indahnya sunset. Suasana malam haripun juga tetap ramai bahkan lebih romantis, akan muncul para penjual jagung bakar di sekitar pantai. Makan jagung bakar di temani dengan orang terkasih di tambah dengan cahaya lampu yang redup serta suasana malam laut sungguh akan menjadi malam yang romantis.

  1. Pantai Ngrenehan

Wisata Pantai Di Jogja

Pantai Ngrenehan berlokasi di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini cocok sekali dijadikan destinasi wisata keluarga, pasirnya yang putih serta ombaknya yang tidak terlalu besar membuatmu bisa leluasa berenang. Ombak yang relatif tenang ini di sebabkan karena posisi pantai yang berlokasi di mulut teluk hingga ombak samudera tidak langsung menghantam pantai. Ada dua bukit karang yang mengapit pantai dan sebagai pelindung ombak.

Masuk ke Pantai Ngrenehan kamu cukup membayar Rp 5.000 dan Rp 2.000 untuk parkir kendaraan. Selain dapat menikmati keindahan pantai jika beruntung kamu bisa ikut pelelangan ikan dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Hal ini karena pantai ini memang terkenal sebagai pantai nelayan, banyak kapal bersandar atau pulang pergi di pantai ini.

  1. Pantai Pasir Kadilangu

Wisata Pantai Di Jogja

Letak pantai cantik yang satu ini berada di daerah Kulon Progo. Tepatnya di Pasir Kadilango, Jangkaran, Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantainya indah dengan daya tarik utama berupa wisata mangrove. Jadi saat di sana kamu bisa sekaligus belajar tentang habitat mangrove dan berbagai satwa yang menghuninya. Untuk mengabadikan keidahan Pantai Pasir Kadilangu yang instagramable jangan lupa membawa kamera. Karena di sana ada banyak spot foto menarik seperti rumah kepompong, jembatan cinta sampai gardu pandang yang mirip Tokyo Tower. Tidak perlu merogoh kantongmu terlalu dalam karena berkunjung ke pantai ini cukup membayar      Rp 3.000/orang pada hari biasa. Sedangkan pada hari libur kamu harus membayar           Rp 4.000/orang dan Rp 2.000 untuk parkir kendaraan.

  1. Pantai Depok

 

Wisata Pantai Di Jogja

Bagi pecinta Seafood jika berkesempatan berkunjung ke Jogja, jangan sampai lupa mampir ke Pantai Depok. Selain memiliki pemandangan alam yang indah pantai ini juga dikenal sebagai surganya para pecinta Seafood. Semua olahan makanan laut di sini di jamin fresh hasil tangkapan nelayan setempat. Letaknya sekitar 40 kilo meter ke arah selatan dari pusat kota Jogjakarta. Lebih tepatnya berada di Jalan Raya Pasir Putih, Sawangan, Depok, Bantul, DIY. Tarif tiket masuknya sangat terjangkau hanya Rp 5.000/orang dan Rp 2.000 untuk tarif parkir sepeda motor. Terdapat spot foto favorit berupa ikon berbentuk Love yang selalu ramai peminat. Ada pula persewaan ATV untuk kamu yang menyukai berkendara sambil menikmati keindahan pantai.

  1. Pantai Indrayanti

Wisata Pantai Di Jogja

Pasir putih, airnya yang jernih serta biru dan di kelilingi oleh perbukitan hijau nan sejuk merupakan gambaran betapa indahnya Pantai Indrayanti. Pantai ini tepatnya berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tiket masuknya juga terjangkau cukup dengan Rp 10.000 saja kamu sudah bisa menikmati keindahan Pantai Indrayanti sepuasnya. Ada pula fasilitas sewa jetski Rp 250.000/15 menit untuk yang suka olahraga adrenalin. Fasilitas lain berupa tempat parkir, restoran, gazebo, tempat ibadah serta penginapan juga sudah tersedia. Kelebihan lain pantai ini dari pantai lain adalah tempatnya yang bersih dan terawat karena di sini di berlaku denda Rp 10.000 untuk para pelanggar.

  1. Pantai Jogan

Jika di Jawa Timur tepatnya Pacitan punya Pantai Banyu Tibo yang ada air terjunnya langsung jatuh ke bibir pantai, di Jogja ada Pantai Jogan. Pantai Jogan mungkin masih belum terlalu akrab di telinga kita tapi bagi para traveller pantai ini sudah bukan hal baru. Selain terdapat air terjun yang aliran jatuhnya langsung ke laut daya tarik lain dari pantai ini adalah karena suasana alamnya yang hijau dan sejuk. Air pantai serta air terjunnya juga jernih dan bening membiru sungguh membuat siapa saja yang berkunjung jatuh hati.

Ingin berkunjung ke tempat ini? Alamat lengkapnya berada di Desa Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tiket masuknya juga tidak mahal hanya Rp 3.000 per orang dan Rp 2.000 untuk tarif parkir sepeda motor.

  1. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan merupakan salah satu pantai indah lainnya yang berada di kawasan Gunung Kidul. Alamat tepatnya berada di Dusun Pulegundes 2, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DI. Yogyakarta. Dapat di tempuh sekitar 2-3 jam dari pusat kota Jogjakarta menggunakan kendaraan pribadi. Asal mula nama pantai ini adalah karena disini kerap digunakan masyarakat untuk upacara sedekah laut atau nyadran. Jadi jika beruntung sewaktu berkunjung ke pantai ini kamu dapat sekaligus melihat ritual sedekah masyarakat sekitar. Daya tarik utama Pantai Sadranan adalah karena adanya spot snorkeling yang indah. Kamu bisa melihat berbagai macam ikan serta terumbu karang yang berwarna warni. Saat senja tiba sunset dari pantai ini pun sungguh menakjubkan jadi jangan melewatkan pemandangan sunset jika berkunjung ke pantai Sadranan ya.

  1. Pantai Kuwaru

 

Wisata Pantai Di Jogja

Pantai Kuwaru merupakan pantai lain di Jogja yang memiliki pasir hitam selain Pantai Parangtritis. Namun yang membuat pantai ini berbeda adalah karena adanya deretan pohon Cemara udang di sepanjang pantai. Inilah yang membuat suasana sejuk serta rindang ketika berkunjung ke Pantai Kuwaru. Letaknya berada di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, DI. Yogyakarta. Kegiatan lain yang sayang untuk di lewatkan ketika berkunjung adalah menikmati indahnya matahari yang mulai pulang ke peraduan. Cahayanya yang berwarna jingga di padu dengan debur ombak serta pemandangan pohon cemara yang berderet membuat sunset di sini istimewa. Untuk menikmati keindahannya kamu cukup membayar Rp 5.000 untuk tiket masuk dan Rp 2.000 untuk parkir kendaraan.

  1. Pantai Baru Bantul

Wisata Pantai Di Jogja

Ketika memasuki pantai ini kamu sudah akan di sambut patung ikan dan macan yang menjadi ikon Pantai Baru. Tempat ini biasanya menjadi salah satu spot foto favorit pengunjung baik anak-anak maupun dewasa. Letak pantai Baru berada di Dusun Ngentak, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, DIY atau masih satu arah dengan pantai Kuwaru. Di sana kamu bisa menikmati keindahan pantai dengan berjalan kaki maupun naik ATV yang bisa di sewa seharga Rp 30.000/15 menit.

Keindahan lain dari pantai Baru adalah adanya deretan pohon Cemara yang tumbuh hingga membuat pemandangannya tidak seperti pantai di Indonesia. Ketika lelah berpetualang di pantai kamu bisa mengisi perut di deretan tempat makan yang tersedia dengan menu khas Seafood.

  1. Pantai Watu Lawang

Wisata Pantai Di Jogja

Untuk kamu yang menyukai suasana tenang Pantai Watu Lawang mungkin bisa menjadi solusinya. Tempat ini memang belum terlalu familiar hingga belum banyak di datangi oleh wisatawan. Berada di sini dengan suasana hening, di temani hamparan pasir pantainya yang putih serta pemandangan bukit karst yang menjulang berasa di pulau pribadi. Pantai ini menjadi lebih menarik karena adanya cekungan-cekungan di bibir pantai yang terkadang berisi ikan-ikan kecil warna-warni. Lokasi tepatnya berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta harga tiketnya juga hanya Rp 5.000/ orang. Harga tersebut sangat murah jika di bandingkan dengan keindahan yang akan kamu nikmati nantinya.

  1. Pantai Sadeng

Wisata Pantai Di Jogja

Menurut sejarah dahulu kala Pantai Sadeng merupakan muara dari Sungai Bengawan Solo. Namun, setelah adanya proses geologi yaitu ketika lempeng Australia menghantam Pulau Jawa membuat dataran terangkat. Peristiwa tersebut membuat arus sungai tidak bisa melawan dan akhirnya berbalik mengalir ke arah utara. Meskipun kini sudah tidak bermuara di Pantai Sadeng namun tempat ini masih sangat indah dan tidak kehilangan pesonanya. Air lautnya tetap biru dan jernih di padu dengan perbukitan hijau yang asri.

Nampak juga perahu-perahu nelayan yang sedang bersandar menambah indah pemandangan. Kini pantai ini memang menjadi area pelabuhan perikanan para nelayan sekitar. Jadi, jangan lupa membeli oleh-oleh ikan segar saat berkunjung ke pantai eksotis ini. Tiket masuknya juga tidak mahal hanya Rp 5.000/orang. Alamat lengkapnya berada di Songbanyu, Giribuso, Kabupaten Gunung Kidul, DI. Yogyakarta.

  1. Pantai Siung

Wisata Pantai Di Jogja

Pantai Siung berlokasi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini terkenal karena adanya spot panjat tebingnya yang menantang. Hal ini tidak lain karena memang letak Pantai Siung yang berada diantara batuan besar dan pegunungan. Menikmati keindahan pantai ini paling pas adalah dengan naik bukit yang berada di sebelah timur pantai. Dari ketiggian kamu akan dapat melihat hamparan luas pantai dengan pasir putih serta airnya yang biru dan jernih. Kamu juga bisa bermalam di sini jika ingin menikmati atmosfer pantai saat malam, tapi untuk mendirikan tenda ada biayanya sebesar Rp 10.000. Fasilitas yang tersedia di area pantai juga sudah memadai ada kamar mandi, mushola, tempat makan, penginapan dan tempat parkir yang luas.

  1. Pantai Timang

Wisata Pantai Di Jogja

Salah satu daya tarik Pantai Timang yaitu karena adanya wahana uji nyali berupa gondola. Ya, uji nyali karena gondola tersebut menggantung di atas laut yang mengubungkan antara pantai dan pulau Timang. Meskipun awalnya gentole ini digunakan nelayan sebagai sarana mencari ikan namun kini menjadi wahana pacu adrenalin bagi wisatawan. Dari atas gentole pemandangan indah pantai memang akan lebih mengagumkan. Kamu akan lebih jelas melihat luasya lautan yang membentang tiada berujung. Pantai ini sendiri letaknya geografis berada di Dukuh Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekarang di pantai ini juga tedapat jembatan gantung di atas laut yang bisa kamu coba. Tentunya tidak akan kalah menantangnya seperti saat naik gondola.

  1. Pantai Kesirat

Wisata Pantai Di Jogja

Walaupun bukan sebuah pantai dengan pasir putih melainkan padang rumput yang hijau tidak mengurangi keindahan pantai yang satu ini. Pantai Kesirat namanya, berada di  Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, DI. Yogyakarta. Tempat ini malah sangat cocok jika di jadikan tempat camping ataupun sekedar menggelar tikar dan bersantai. Lokasinya yang seperti di atas bukit membuatmu merasa bisa memandang laut dengan leluasa. Suara-suara deburan ombak yang pecah menabrak sisi-sisi karang merupakan daya tarik dari pantai cantik ini.

  1. Pantai Mbirit

Wisata Pantai Di Jogja

Surga tersembunyi yang satu ini berada di Desa Bedalo, Desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Gungungkidul, Yogyakarta. Di beri nama Pantai Mbirit mungkin karena letaknya yang tersembunyi. Berada di antara tebing karang membuat pantai ini memang tidak terlalu terlihat. Meski tidak terlalu luas tapi dengan pemandangan indah pasir putih, air laut biru, serta tebing-tebing karang yang terjal pantai Mbirit layak di kunjungi. Karena belum terlalu dikenal suasana di sini masih tenang dan bersih pas untuk kamu yang ingin menenangkan fikiran sejenak.

  1. Pantai Ngedan

Wisata Pantai Di Jogja

Sempat di juluki sebagai Pantai Ngedan alasannya tidak lain karena keindahan yang dimiliki oleh pantai ini sendiri. Garis pantainya memang tidak terlalu luas mungkin hanya sekitar 100-200 meter tetapi berada di sini dijamin membuatmu betah. Pantai Ngeden memiliki hamparan pasir putih dan juga rerumputan hijau. Sesekali di sela-sela suara deburan ombak ada suara cuitan burung yang saling bersahutan. Letaknya berada di Dusun Bedalo, Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Fasilitas yang tersedia juga sudah lumayan lengkap seperti adanya gazebo, parkir, toilet, dan juga tempat makan. Disana selain kamu bisa menikmati keindahan pantainya ada aktivitas seru lainnya seperti memancing dan camping.

  1. Pantai Greweng

Wisata Pantai Di Jogja

Namanya memang tidak sefamiliar pantai lain di Jogja tetapi keindahan Pantai Greweng tidak bisa di remehkan. Bentuknya hampir mirip dengan Pantai Baron yang diapit dua bukit kapur besar, hanya saja Pantai Greweng berpasir putih tidak hitam layaknya Pantai Baron. Garis pantainya tidak sampai 1 kilometer, ombaknya relatif tenang sangat cocok untuk berenang. Di sekitar pantai ini kamu juga akan di suguhkan pemandangan hutan batu serta mata air tawar yang mengalir langsung ke pantai. Tertarik datang ke pantai cantik ini? Letaknya berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta.

  1. Pantai Watu Lumbung

Wisata Pantai Di Jogja

Pantai Watu Lumbung merupakan salah satu tempat wisata baru di kawasan Gunungkidul dan masih dalam tahap pengembangan. Lokasi tepatnya berada di Dusun Ngelo, Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, DI. Yogyakarta. Perjalananmu menuju ke pantai ini tidak akan mudah, dari tempat parkir kamu harus berjalan terlebih dahulu. Menapaki jalan yang belum tersentuh aspal dan juga terjal adalah medan yang harus kamu lalui. Tetapi ketika sampai di lokasi lelahmu akan terbayar dengan pemandangan indahnya. Ada pohon cemara udang yang tumbuh berjejer membuat suasana menjadi rindang. Terdapat pula batu-batu koral yang tersusun rapi sebagai karya alam yang bernilai seni tinggi.

  1. Pantai Congot

Wisata Pantai Di Jogja

Pantai Congot letaknya berada di Desa Jangkaran Kecamatan Temon Kabupaten Gunungkidul Jogjakarta. Di pantai ini terdapat tempat penangkaran penyu dan juga hutan mangrove yang hijau. Jadi saat berkunjung kita tidak hanya sekedar bersenang-senang saja tetapi juga bisa sekaligus belajar. Meski pasirnya berwarna hitam tetapi sangat bersih jadi akan membuatmu betah. Pantai Congot buka setiap hari mulai dari pukul 06.00-17.00 WIB dengan tiket Rp 5.000/orang. Fasilitasnya juga sudah memadai seperti terdapatnya area parkir yang luas, mushola, tempat makan dan toilet.

  1. Pantai Porok

wisata pantai di jogja 2018

Pantainya cukup luas dengan pasir yang putih, perbukitan hijau, serta ombak yang tidak terlalu besar membuat Pantai Porok layak masuk list kunjunganmu ke Jogja. Lokasinya berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju ke pantai ini kamu harus menaiki bukit terlebih dahulu dengan berjalan kaki. Saat datang ke Pantai Porok jangan lewatkan pula kegiatan melihat matahari tenggelam. Ya, sunset dari pantai ini memang indah dan sayang jika dilewatkan.

  1. Pantai Widodaren

wisata pantai di jogja terbaru

Kamu penggemar kegiatan camping, maka kamu harus mencoba datang ke Pantai Widodaren. Tempatnya tenang dan jauh dari keramaian kota sangat pas untuk dijadikan tempat menenangkan diri. Dari pusat kota Jogjakarta kamu hanya butuh waktu sekitar 1 jam 45 menitan untuk sampai di pantai indah ini. Tepatnya berada di  Desa Kanigoro, Kecamatan Sapto Sari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Di pantai Widodaren terdapat rumput hijau yang luas biasanya dijadikan tempat mendirikan tenda para campingers. Suasana sekitar juga tampak asri dan hijau, air lautnyapun jernih membiru. Tiket masuknya cukup terjangkau pula hanya Rp 5.000 saja per orang.

  1. Pantai Njanganan

wisata pantai di jogja paling bagus

Bagi para penggemar kegiatan memancing datang ke Pantai Njanganan pasti akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Pantai yang satu ini memang termasyhur akan spot memancingnya yang seru dan murah. Bagaimana tidak murah karena masuk ke tempat ini saja kamu hanya perlu membayar Rp 3.000. Ikan hasil pancingan di pantai ini umumnya juga besar-besar dan beragam. Tidak seperti pantai lain yang memiliki pasir membentang, di pantai ini adanya hanya bukit-bukit karang yang cukup terjal. Tetapi inilah yang menjadi keunikan dan ciri khas dari pantai ini sendiri. Sekedar informasi bahwa kini pantai Njanganan telah berubah nama menjadi Pantai Junggala.

  1. Pantai Kobra

wisata pantai di jogja yg bagus

Tidak ada hubungannya dengan salah satu nama ular berbisa yang mematikan pantai Kobra ini justru memiliki pemandangan yang rugi jika di lewatkan. Letaknya masih berada di kawasan Gunungkidul tepatnya berada di Wiloso, Girikarto, Panggang, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sama seperti pantai Njanganan di pantai ini juga tidak memiliki landskep hamparan pasir. Di tempat ini yang ada hanya hamparan rumput hijau dan tebing-tebing kapurnya, jadi kamu harus ekstra waspada dan hati-hati. Kamu juga bisa bermalam di sini dengan cara mendirikan tenda di atas hamparan rumput. Memandang langit malam dengan bintangnya yang bekelip berpadu dengan angin pantai yang sepoi-sepoi merupakan kombinasi yang pas sekali.

  1. Pantai Pandansari

wisata pantai terbaik di jogja

Pantai yang berlokasi di Wonoroto, Gadingsari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai Pandansari atau dahulu bernama Pantai Patehan merupakan satu-satunya pantai di Jogja yang memiliki mercusuar tinggi dan masih berfungsi. Nantinya jika kamu naik ke atas mercusuar akan terlihat deretan pantai-pantai sepanjang Bantul sampai Kulonprogo. Pantai ini juga banyak di tumbuhi pohon cemara udang yang membuat pantai Pandansari seperti berada di dalam hutan cemara. Masih di sekitar pantai terdapat pula perkebunan buah naga merah milik warga. Perkebunan ini sengaja di buka untuk umum, jadi kamu bisa memetik buah naga merah dan dijadikan oleh-oleh saat pulang. Masuk ke kawasan pantai kamu hanya akan dikenai biaya tiket Rp 3.000/orang.

  1. Pantai Parangendog

wisata pantai di gunungkidul jogja

Lokasi Pantai Parangendog memang berdekatan dengan Pantai Parangtritis, namun perlu kamu ketahui jika pantai Parangendog masuk dalam wilayah Kabupaten Gunungkidul. Harga tiket masuknya juga terbilang murah hanya Rp 5.000orang dan Rp 2.000 untuk biaya parkir. Yang menarik dari tempat wisata ini adalah karena garis pantainya yang luas dengan pasir hitam bersih. Suasana sekitar juga nampak hijau dan rimbun, apalagi saat musim hujan tiba akan muncul air terjun dari puncak bukit yang airnya cukup deras. Biasanya pantai Parangendog menjadi favorit para komunitas sepeda untuk gathering sambil menikmati sunset sore hari. Dari atas tebing tempat ini pula sering dijadikan sebagai tempat bermain paralayang, memang tebing-tebing disini sangat mendukung kegiatan olahraga ini.

  1. Pantai Sanglen

wisata pantai yang ada di jogja

Akses untuk mencapai pantai Sanglen cukup mudah bisa di tempuh dengan kendaraan apa saja selama kurang lebih 2 jam dari pusat kota. Letaknya berada di Dusun Kelor, Desa Kemandang, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta.  Pantainya masih alami karena belum terlalu terekspos ke masyarakat. Daya tarik pantai Sanglen terletak pada pasir pantainya yang putih dan juga di penuhi dengan pohon cemara sehingga berada di sana rasanya menyegarkan. Setiap sudut pantai ini sangat fotogenic, jadi jangan lupa mengabadikan setiap momenya saat berkunjung kemari.

  1. Pantai Slili

wisata pantai di jogja 2019

Pantai Slili letaknya berada di deretan antara Pantai Krakal dan Pantai Sadranan. Jadi jangan lupa mampir jika kebetulan berkunjung ke Pantai Krakal atau Sadranan. Meskipun pantai ini ukurannya mungil tapi kecantikannya tidak bisa diabaikan. Garis pantainya mungkin tidak sampai 100 meter tapi tempatnya bersih, tenang, dan asri cocok dijadikan sebagai tempat istirahat. Ketika musim kemarau di pantai ini kamu akan banyak melihat rumput laut dan ikan-ikan cantik terdampar.  Jika kamu penggemar sunset kamu bisa naik ke bukit yang berada di sebelah pantai dan menikmati keindahannya secara leluasa. Fasilitas seperti toilet, tempat makan dan lahan parkir juga sudah tersedia di sini.

  1. Pantai Ngetun Gunung Kidul

wisata pantai jogja bagus

Pantai Ngetun merupakan salah satu wisata pantai di Jogja yang masih perawan dan berlokasi di kawasan Gunung Kidul. Secara administratif tempat ini terletak di Dusun Sureng, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini indah karena memiliki pasir putih, air laut yang jernih serta tidak terlalu ramai pengunjung, jadi sangat cocok untuk anda yang menyukai ketenangan. Jika kamu ingin menikmati keindahan pantai ini lebih leluasa jangan lupa naik ke bukit sebelahnya. Dari atas keindahan pantai Ngetun akan lebih menawan dan menakjubkan.

  1. Pantai Jungwok Gunung Kidul

wisata pantai di jogja terbaru

Pantai Jungwok masih berada di Kabupaten Gunung Kidul. Pantai cantik ini masih terbilang asri dan alami karena belum banyak wisatawan yang mengetahuinya. Pemandangan khas yang dimiliki pantai ini adalah adanya karang-karang besar pemecah ombak yang berada di tengah laut. Selain itu pantai ini juga memiliki pasir yang putih bersih serta ombak yang tenang. Dari Yogyakarta pantai Jungwok dapat di tempuh kurang lebih selama 3 jam perjalanan dan 2,5 jam dari arah Solo.

  1. Pantai Glagah Indah

wisata pantai di jogja 2018

Pantai Glagah Indah merupakan salah satu wisata pantai di Jogja yang terkenal. Lokasinya di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Jogjakarta untuk masuk kamu cukup membayar Rp 2.000/orang. Daya tarik dari tempat ini salah satunya karena memiliki laguna yang indah.  Laguna di pantai Glagah terbentuk dari bagian daratan berbentuk agak cekung yang berisi air laut pasang. Semakin unik karena sepanjang pantai terdapat deretan pemecah ombak yang membuat pantai ini berbeda dari pantai lain.

Saat berada di tempat ini jangan melewatkan untuk menikmati keindahan matahari terbenamnya. Agar lebih jelas kamu bisa menikmati sunset dari laguna, namun jika malas berjalan melihat sunset dari tepian pantai juga sudah cukup menawan.

  1. Pantai Kayu Arum

wisata pantai baru di jogja

Meskipun pantai Kayu Arum belum sepopuler pantai Indrayanti atau pantai Baron. Namun  sebenarnya tempat ini memiliki potensi wisata yang besar. Saat kamu ingin berkunjung ke tempat ini harus bersiap karena jalan yang akan dilalui cukup terjal jadi pastikan kondisi kendaraan anda prima. Namun, ketika anda sampai di tujuan semua usaha anda akan terbayarkan dengan keindahan alam yang eksotis, pasir putih serta deburan ombak yang menerjang karang. Secara administratif  Pantai Kayu Arum berada di desa Kanigoro, kecamatan Saptosari, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

  1. Pantai Klumpit

wisata pantai yang ada di jogja

Menjelajahi pantai di kawasan Gunungkidul Jogjakarta memang tidak akan pernah ada habisnya. Akan muncul pantai-pantai baru yang indah dan menawan. Salah satu wisata pantai di Jogja baru yang masih jarang dikenal tetapi berpotensi itu adalah Pantai Klumpit. Letaknya di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta. Setelah sampai di salah satu wisata pantai di Jogja ini kamu akan segera mencium bau laut yang khas di sertai dengan suara deburan ombak. Seketika itu pula dijamin semua kalut di pikiranmu akan perlahan menghilang dan berganti dengan rasa bahagia.

  1. Pantai Nguyahan

wisata pantai di jogja yang bagus

Pantai Nguyahan berada dekat dengan Pantai Ngobaran. Untuk menuju ke lokasi kamu hanya perlu berjalan ke arah barat mengikuti jalan besar ke arah Pantai Ngobaran. Jika dilihat dari kondisi alamnya, Pantai Nguyahan memiliki pemandangan alam yang sangat menarik. Berbeda dengan Pantai Ngobaran, lokasi wisata pantai di  Jogja yang ini lebih luas dan di bibir pantainya terdapat lantai karang yang menjorok cukup jauh ke selatan. Selain itu, Pantai Nguyahan ini dikelilingi oleh bukit-bukit yang tentu membuat pemandangannya semakin cantik dan menarik.

  1. Pantai Butuh

wisata pantai baru yogyakarta

Berada di pantai ini kesan pertama yang akan kamu rasakan adalah tenang, rileks seperti berada di pulau pribadi. Pantai Butuh memang masih sepi karena belum terlalu dikenal oleh khalayak ramai. Pantai ini terletak diantara dua bukit yang ditumbuhi tumbuhan hijau yang rimbun. Maka tak heran tempat ini menjadi sangat asri dan rindang. Di antara pasirnya yang putih dapat kamu temui batuan karang kecil yang terbawa ombak dari lautan. Letak pantai ini sendiri sebenarnya sejalur dengan Pantai Ngeden dan Pantai Nglimun. Tetapi untuk letak administratifnya sendiri Pantai Butuh berada di  Dusun Bedalo, Desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, DIY.

  1. Pantai Wediombo Gunung Kidul

wisata pantai biru jogja

Destinasi wisata pantai di Jogja yang terakhir akan kita bahas adalah Pantai Wediombo. Pantai ini terletak di Jepitu, Girisubo, Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Cukup jauh dari pusat kota Jogjakarta sekitar 2,5 jam perjalanan namun tempat indah ini selalu di cari oleh wisatawan.

Daya tarik pantai Wediombo adalah karena adanya kolam alami yang di batasi batu karang, airnya jernih dan menyegarkan. Jadi kamu bisa berenang dengan tenang serasa di kolam pribadi. Garis pantai yang panjang membuat tempat ini cocok di gunakan camping sembari menikmati sunrise atau sunset.

Nah, sudah dulu ya pembahasan mengenai 35 Wisata Pantai Di Jogja Yang Harus Kamu Kunjungi. Semoga artikel ini membantu rencana liburanmu dan selamat bersenang-senang!

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan