Bercengkrama Dengan Awan Di Jurang Tembelan

Jogja memang selalu sukses menyajikan dan mengembangkan wisata alam. Beberapa wisata alamnya menyuguhkan panorama yang susah untuk dilewatkan. Terutama jika kamu sudah mulai jenuh dengan kegiatan di kota. Berwisata di kawasan Jurang Tembelan bisa jadi pengobat ketika sudah mulai jenuh dengan hiruk pikuk kota.

Pesona Panorama Menakjubkan Di Jurang Tembelan

Jurang Tembelan menyajikan panorama deretan Pegunungan Sewu dengan aliran dari Sungai Oyo yang membelah daratan. Tempat ini merupakan wahana wisata favorit bagi penikmat ketinggian di Kota Jogja. Dulu tempat ini merupakan ladang masyarakat Dlingo, tapi kemudian diusahakan menjadi kawasan wisata oleh warga setempat untuk menikmati pemandangan alam.

Begitu kamu masuk ke tempat wisata ini kamu tidak hanya menyaksikan panorama yang asri, tapi juga udara sejuk yang menyegarkan khas daerah pegunungan. Kamu bisa memandang dengan leluasa perpaduan antara kabut, perbukitan, lembah dan sungai Oyo yang berkelok-kelok. Oiya, kamu juga bisa menikmati matahari yang mulai tenggelam. Hanya berada disini bersantai sambil menikmati pemandangan sepanjang hari, hingga waktu senja tiba. Coba saja, pasti sangat asyik.

Spot Selfie Yang Penuh Dengan Eksotisme Alam

Terdapat spot selfie yang unik di kawasan ini, yang sebenarnya juga tempat untuk menyaksikan pemandangan yang luas membentang. Spot ini berbentuk perahu berupa rangkaian bambu dan terletak di tempat yang tinggi menghadap hamparan hijau yang luas. Tidak heran jika banyak orang yang menyebutnya sebagai Kapal Titanic di atas awan.

jurang tembelan
Source: Tribun Jogja

Tempat wisata ini masih cukup sepi karena masih tergolong baru dikembangkan oleh pengelola. Tapi, karena keindahan yang disajikan membuat tempat ini menjadi ramai dikunjungi. Di wisata alam ini, kamu bisa bebas mengambil foto sesuai keinginanmu. Meskipun lokasinya tidak terlalu besar, tempat ini mampu menawarkan panorama yang sangat menarik.

Rute Termudah Menuju Jurang Tembelan

Rute menuju ke lokasi tempat wisata ini, dari arah Jogja menuju kearah Terminal Giwangan dan lurus kearah selatan sampai Pasar Imogiri. Dari Pasar Imogiri meuju kearah kiri. Terdapat petunjuk arah meuju ke Makam Raja hingga pertigaan, setelah mengikuti arah kamu akan menemukan palangan arah ke Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus. Setelah sampai di pintu masuk palangan petunjuk Bukit Pangguk, kamu hanya perlu mengikuti arah menuju ke lokasi wisata ini. Dari pusat kota, jarak tempuhnya sekitar 22 KM dan waktu tempuhnya sekitar 1,5 jam perjalanan. Lebih praktis lagi, kamu bisa memanfaatkan peta digital dari gadget. Siap mengunjungi Jurang Tembelan? Akses jalan menuju tempat ini lumayan ekstrim. Kondisi jalan yang naik turun dengan medan yang cukup curam akan membawamu menuju ke tempat ini. Periksa kendaraanmu, gunakan kendaraan roda dua yang kondisinya prima.

Tiket Masuk Yang Terjangkau, Hanya Bayar Parkir Saja

Jika kamu berencana untuk menghabiskan waktu di tempat wisata ini, kamu tidak akan dikenakan biaya retribusi. Kamu cukup membayar biaya seikhlasnya di kotak amal sebagai biaya pembangunan wisata. Biaya parkir mobil sebesar Rp. 5.000,-, Rp 10.000,- untuk elf dan Rp. 20.000,- untuk bus. Namun, jika kamu membawa kendaraan roda dua kamu hanya perlu membayar sebesar Rp. 2.000,-. Sangat murah kan?

Fasilitas yang ada di wisata alam Jurang Tembelan ini sudah cukup lengkap mulai dari warung makan, area parkir yang lumayan luas, Mushola, Toilet hingga rest area. Dan yang paling menarik adalah harga makanan hingga barang keperluan yang sangat murah.

Sedikit tips jika kamu ingin berwisata ke Jurang Tembelan:

  • Datanglah ketika musim kemarau, karena jika kamu berkunjung saat musim penghujan maka kabut akan sangat tebal.
  • Datanglah pagi hari sebelum matahari muncul untuk melihat sunrise atau sore hari untuk melihat
  • Periksa kendaraan yang akan kamu gunakan
  • Menjaga kebersihan tempat wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Gunakan pakaian yang membuatmu nyaman dan alas kaki yang kuat.
  • Dan yang paling penting adalah siapkan kameramu dengan baterai yang full.

Demikian ulasan tentang Jurang Tembelan. Jika kamu adalah pecinta alam dan sedang berada di Jogja, tidak ada salahnya kamu mengunjungi Jurang Tembelan. Kalau mau yang seru lagi, baca juga ulasan tentang Ayunan Langit di Watu Jaran. Pasti tertarik.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan