Umbul Ponggok, Sensasi Berfoto Di Dasar Kolam Ditemani Ikan Air Tawar

Yogyakarta memang memiliki pesona wisata yang istimewa. Tidak hanya budaya dan alamnya yang indah, tetapi Yogyakarta juga memiliki wisata kolam yang jernih dan unik tidak kalah dari kolam lain. Tempat yang menarik itu bernama Umbul Ponggok. Meskipun tak berlokasi di Yogyakarta, namun tempat ini hanya 1 jam saja dari Kota Jogja.

Apa Jadinya Kalau Berfoto Di Bawah Air?

Umbul Ponggok merupakan sebuah wisata kolam jernih yang populer. Kawasannya dikelilingi oleh pohon-pohon yang rindang dan sawah yang membentang sehingga menjadikan tempat wisata ini terasa sangat sejuk. Hal ini membuat para pengunjung betah berlama-lama untuk menghabiskan waktu di kolam Umbul Ponggok. Kolam di Umbul Ponggok 2018 ini berbeda dengan kolam wisata lain. Keunikannya terletak di dasar kolamnya yang tidak berupa lantai keramik, tetapi berupa pasir putih, bebatuan sampai lumut-lumut, dan bertambah lengkap dengan adanya ikan air tawar yang beraneka jenis dan warna yang berbeda sehingga menambah eksotisnya dasar kolam.

umbul ponggok

Selain digunakan untuk berenang, kedalaman Umbul Ponggok biasa digunakan sebagai tempat berlatih diving. Di tempat ini, kamu juga bisa merasakan sensasi menyelam ditemani oleh ikan air tawar. Menyelam ke dasar kolam, kamu tidak hanya menemukan ikan-ikan yang cantik tetapi juga menemukan berbagai macam benda seperti meja, kursi, tikar, sepeda, sepeda motor, dan benda lainnya yang biasanya digunakan di daratan. Benda-benda ini memang sengaja ditenggelamkan untuk menjadi spot foto bawah air yang eksotis dengan background ikan air tawar yang keren.

Diving Atau Snorkeling Di Umbul Ponggok

Berfoto saat menyelam di dasar kolam merupakan aktivitas favorit para penggunjung yang datang ke tempat ini. Jika kamu tidak memiliki kamera, di Umbul Ponggok terdapat jasa penyewaan kamera lengkap dengan fotografernya. Selain itu, kamu juga dapat menemukan tempat persewaan alat dan properti untuk berfoto.

Berwisata ke sini bagus juga lo:

Lokasi Umbul Ponggok ini termasuk mudah untuk dijangkau. Akses jalan menuju tempat ini sudah cukup bagus dan layak untuk dilewati. Beralamat di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

Alamat Lengkap Menuju Ke Umbul Ponggok

Rute menuju lokasi Umbul Ponggok jika dari pusat Kota Yogyakarta, kamu berangkat menuju ke timur lewat Jalan KH. Ahmad Dahlan ke Jalan Pangurakan. Setelah itu lurus menuju Jalan Kusumanegara. Kemudian menuju ke utara lewat Jalan Janti, kemudian ke arah timur, sampai di perempatan lalu menuju ke utara melewati Jalan Ringroad Timur, belok ke kanan menuju Jalan Raya Solo–Yogyakarta, lurus hingga sampai di bundaran Tugu Adipura, ambil jalan menuju Jalan Merapi, belok ke timur menuju Jalan Merbabu. Setelah itu lurus sampai di perempatan menuju ke barat lalu ke Jalan Sulawesi, lalu ke arah timur menuju ke Jalan Andalas, sampai di perempatan menuju ke utara melewati Jalan Mayor Kusmanto.

Setelah itu lurus mengikuti jalan sampai di perempatan lalu ke utara melewati Jalan Ki Ageng Panjawi, sampai di perempatan lalu ke timur, lurus melewati Jalan Yaqowiyu, sampai di perempatan ke utara lewat Jalan Sersan Sadikin, kemudian lurus mengikuti Jala Karanganom, sampai di pertigaan lalu ke barat menuju Jalan Panggung–Jatinom,  setelah itu ke utara melewati Jalan Karang Anom, lurus terus ke Jalan Delanggu–Polanharjo, tinggal ikuti jalan kamu akan sampai di Umbul Ponggok.

Harga Tiket Masuk Ke Umbul Ponggok Yang Terjangkau

Tiket masuk Umbul Ponggok 2018 ini tak ada beda dengan tahun lalu, hanya sebesar Rp. 5.000,-. Untuk biaya parkir di sini yaitu Rp. 2.000,- untuk motor dan Rp. 4.000,- untuk mobil. Terdapat biaya tambahan jika berminat untuk sewa Snorkeling Rp. 12.000,-, Pelampung Rp. 7.000,-, Kaki katak Rp. 7.000,-, Kamera under water Rp. 60.000,-/setengah jam, Kamera underwater Rp. 100.000,-/jam, ban renang Rp. 5.000,-, Foto grup underwater untuk 7 orang Rp. 100.000/jam, tarif ruang bilas Rp. 1.000,-. Fasilitas di Umbul cukup lengkap bagi pengunjung, seperti tempat duduk, ruang ganti, mushola, warung makan, sewa kamera, paket prewedding, toilet dan area parkir yang cukup luas.

Sangat seru kan? Langsung saja berkunjung ke Umbul Ponggok. Atau malah ingin mencoba wisata backpacker ke Umbul Ponggok? Dijamin membuat liburanmu semakin berkesan.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan