Tebing Breksi, Tebing Eksotis Sisa Aktivitas Pertambangan

tebing breksi

Liburan merupakan salah satu cara untuk mengurangi kejenuhan akibat rutinitas pekerjaan. Tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri, sebab Jogja juga memiliki banyak tempat menarik yang menunggu untuk segera dijelajahi, salah satunya adalah Tebing Breksi.

Wisata Dan Spot Foto Menarik Di Tebing Breksi

Tebing tersebut merupakan sebuah destinasi wisata baru yang sedang hits di Jogja. Berbeda dengan tempat wisata lainnya di Jogja, Tebing ini awalnya hanyalah sebuah pertambangan batu putih atau breksi yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Bisa dibilang jika tebing ini tidak terbentuk secara alami, namun terbentuk karena adanya aktivitas pertambangan.

Saat ini, Tebing Breksi telah menjelma menjadi tempat wisata baru yang populer di Yogyakarta. Ditunjang juga dengan berbagai sarana pendukung seperti dibangunnya Tlatar Seneng yaitu sebuah panggung terbuka yang digunakan sebagai panggung pertunjukan seni atau acara-acara khusus lengkap dengan tempat duduk setengah melingkar di tepi panggung yang menambah keelokan panorama tebing ini.

Wisata alam di Jogja yang tak kalah serunya:

Tebing Breksi sangat digemari para wisatawan. Destinasi wisata ini menyajikan pemandangan mengagumkan dengan tebing batu kapur yang menjulang, terlihat juga di beberapa sudut tebing telah ditambahkan ukiran berbentuk gambar wayang yang menambah kesan artistic, sangat cocok bagi para penggemar fotografi. Tidak mengherankan jika beberapa orang memilih untuk mengabadikan momen berfoto pre-wedding di lokasi ini.

Megahnya Tebing Yang Kini Jadi Spot Foto Paling Menawan

Selain menikmati tebing batu kapur yang tinggi, kamu bisa mencoba untuk menaiki tangga yang berupa pahatan dari batuan yang ada di lokasi ini. Sampai di puncak, kamu akan dimanjakan dengan panorama indah Kota Yogyakarta dari atas. Dan jika mengamati dengan jeli, kamu akan menjumpai Candi Prambanan yang begitu megah dan landasan pacu Bandara Adi Sucipto lengkap dengan pesawat yang sedang take-off atau landing. Jika cuaca sedang cerah, kamu dapat menyapa gagahnya Gunung Merapi dari puncak ini.

tebing breksi

Tebing Breksi memang cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta, namun tebing ini masih berada di kawasan zona wisata Sleman Timur. Terletak di sebelah Timur Candi Prambanan dan Kraton Ratu Boko, serta di sebelah barat Candi Ijo.

Alamat Lengkap Menuju Ke Tebing Breksi

Tebing Breksi beralamat di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Rute ke arah tebing ini cukup menantang, apalagi jika sudah masuk ke kawasan Desa Sambirejo. Jangan kaget, kamu akan melewati jalan menanjak yang cukup tinggi sampai tebing tersebut.  Ini karena lokasi Tebing Breksi yang terletak di daerah perbukitan. Namun jangan khawatir, karena keadaan jalan menuju Tebing Breksi sudah bagus, kecuali di beberapa meter dekat dengan pintu masuk yang masih terdapat jalan yang tidak rata.

Jika kamu memilih rute dari Kota Yogyakarta, kamu harus menempuh perjalanan menuju ke Jalan Jogja-Solo. Sampai di pertigaan Candi Prambanan, belok ke kanan atau ke arah timur menuju ke Jalan Prambanan-Piyungan. Setelah menjumpai papan nama Tebing Breksi, belok ke kiri. Setelah itu tinggal mengikuti jalan, maka sampailah ke lokasi yang kamu cari. Jarak yang ditempuh dari Jogja ke Tebing Breksi sekitar 18 KM dan waktu tempuh kendaraan bermotor sekitar 46 menit.

Biaya Masuknya Hanya Membayar Seikhlasnya

Harga tiket masuk Tebing Breksi cukup terjangkau. Untuk dapat masuk ke area tebing kamu hanya dikenakan biaya seikhlasnya atau suka rela. Hal ini membuat siapapun yang ingin berkunjung ke tebing ini tidak khawatir tentang harga tiket yang mahal. Terlebih lagi, harga yang dibayarkan sudah termasuk dengan biaya parkir.

Fasilitas Tebing saat ini sudah cukup lengkap yaitu Mushola, Food Court, Area Parkir yang luas, toilet, panggung terbuka untuk pertunjukan, spot foto keren dan Jeep wisata.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan