Spot Riyadi, Titik Tepat Untuk Mengagumi Kemegahan Candi Dari Atas Tebing

Spot Riyadi

Siapa yang tidak suka berwisata? Tidak ada yang bisa mengalahkan asyiknya menjelajah ke tempat baru yang belum pernah dikunjungi. Mengunjungi pantai, gunung, taman, hingga berbagai bangunan bersejarah tentu akan menambah pengalaman. Di Jogja terdapat sebuah destinasi wisata keren yang bisa kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu liburanmu, Spot Riyadi.

Melihat Hamparan Indahnya Jogjakarta Dari Spot Riyadi

Spot ini merupakan salah satu tempat wisata baru di Yogyakarta. Tempat ini menawarkan panorama indah berupa area persawahan yang berada di bawahnya maupun pemandangan lain. Spot ini terletak tidak jauh dari wisata terkenal lainnya yaitu Candi Prambanan dan Ratu Boko. Dari Spot Riyadi, kamu bisa melihat pemandangan berupa candi-candi yang terdapat di sekitar seperti Candi Prambanan, Candi Plaosan dan Candi Sojiwan. Spot ini disebut juga dengan Puthuk Setumbunya Jogja karena pemandangan candi yang ada di sekitarnya. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dengan beberapa tempat wisata ini membuat Spot Riyadi menjadi nilai tambah bagi para pengunjung yang ingin menikmati pemandangan dari atas tebing.

Spot Riyadi

Selain panorama candi dan landscape kota Yogyakarta yang sangat menakjubkan, Spot Riyadi merupakan tempat populer untuk berburu momen matahari terbenam dan matahari terbit. Tidak hanya di siang hari saja, pengunjung juga datang ke tempat ini pada pagi hari dan malam hari.  Saat malam mulai menjelang, tempat ini semakin menawarkan pemandangan yang luar biasa berupa kerlap-kerlip lampu kota dan gagahnya Candi Prambanan yang disinari oleh cahaya lampu yang membuat suasana malam hari terasa semakin syahdu. Seakan mampu menyihir jutaan mata, spot ini tetap menyajikan keindahannya setiap saat. Tidak mengherankan jika spot ini sering dikunjungi oleh para penggemar fotografi karena memang lokasinya yang sangat istimewa. Saat cuaca sedang cerah, kamu bisa melihat gagahnya Gunung Merapi berpadu dengan megahnya Candi Prambanan. Bisa dibilang jika Spot Riyadi merupakan paket lengkap bagi wisatawan yang hoby berwisata alam sekaligus penggemar fotografi.

Alamat Lengkap Menuju Spot Riyadi

Spot Riyadi beralamat di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasinya memang lumayan jauh dari pusat kota Jogja yang berbatasan langsung dengan kota Klaten. Namun karena lokasinya berada di antara tempat wisata terkenal mulai Candi Prambanan Candi Plaosan  hingga Ratu Boko membuat Spot Riyadi tidak sulit untuk diakses. Namun, sekitar 2 kilometer dari lokasi, jalan yang akan dilewati mulai sempit dan menanjak. Jangan khawatir, kondisi jalan sudah sangat layak dan cukup baik untuk dilewati. Kendaraan roda dua lebih direkomendasikan untuk menuju Spot Riyadi, meskipun kendaraan roda empat bisa melaluinya, namun tetap perlu untuk berhati-hati karena akses jalannya yang menanjak dan sempit.

Wisata alam lainnya yang tak kalah seru:

Rute yang paling mudah untuk menuju ke tempat ini adalah dengan mengikuti rute menuju Resort Abhayagiri. Berangkat dari pusat kota Yogyakarta, ke timur menuju ke arah Candi Prambanan lewat jalan Jogja-Solo. Sampai di pertigaan Candi Prambanan belok menuju ke selatan. Tidak jauh dari lokasi resort, kamu akan menjumpai jalan kecil. Kamu cukup mengikuti jalan ini hingga menemukan perempatan, setelah itu belok ke kiri. Kurang lebih 200 meter, kamu akan menemukan spot yang dicari. Rute menuju lokasi ini sudah tersedia di Google Maps. Kamu dapat memanfaatkan aplikasi Google Maps sebagai pemandunya.

Berfoto Ria Di Sini Gratis Tanpa Biaya

Tidak ada biaya masuk ke Spot Riyadi alias gratis. Hanya saja kamu perlu membayar biaya parkirnya saja yaitu sebesar Rp. 2.000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000,- untuk kendaraan roda empat. Fasilitas yang terdapat di Spot Riyadi yaitu warung wakan, area parkir, toilet dan spot foto kece. Cukup lengkap kan?

Itulah pesona yang disajikan di Spot Riyadi. Lokasi ini bisa dijadikan alternatif untuk menikmati wajah lain dari Candi Prambanan. Yuk, berangkat?

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan