Kuliner Soto Sampah di Yogyakarta, Aneh Tapi Malah Bikin Nagih

soto sampah

Bagi anda yang berwisata ke Yogyakarta rasanya kurang lengkap bila tak mencicipi sajian kulinernya. Selama gudeg Jogja memang sudah menjadi kuliner andalan Jogja sehingga tak sulit untuk menemukannya di seluruh kawasan Jogja. Namun jika anda bosan dengan sajian kuliner gudeg maka anda bisa mencoba mencicipi sajian soto. Tak perlu menolak dulu karena sajian soto yang satu ini dijamin beda dan hanya bisa anda temukan di Jogja saja. Nama soto khas Jogja yang satu ini adalah soto sampah. Sekilas nama kuliner tersebut memang aneh namun justru membuat penasaran bagi yang belum pernah mencicipinya.

Awal Mula Munculnya Nama Soto Sampah

Soto Sampah merupakan sajian soto yang sudah ada sejak tahun 1970 an hingga saat ini. Bahkan saat ini pemilik warung soto ini merupakan generasi ketiga secara turun temurun. Meskipun begitu, citarasa dari soto yang satu ini hingga kini sama sekali tak berubah sehingga tetap menjadi primadona bagi pelanggannya. Mungkin banyak dari anda yang penasaran dengan sajian soto ini yang mungkin hanya ada di Jogja. Sebetulnya meskipun namanya soto sampah namun dari segi penyajian tetap mengutamakan kebersihan dan tentunya terjamin kelezatannya. Citarasa soto ini unik sangat gurih dan khas sehingga tak heran bila warung soto ini selalu ramai pengunjung.

Wisata kuliner Jogja Lainnya yang WAJIB dikunjungi:

Pemberian nama soto yang tergolong aneh ini sebetulnya disebabkan oleh cara penyajian soto yang bisa dibilang awut-awutan dan disajikan di atas piring. Bahkan nama soto tersebut diberikan oleh pelanggan soto tersebut. Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh pemilik warung soto tersebut, awal pemberian nama soto sampah berawal sejak tahun 2000-an. Dimana pada waktu itu ada sebuah komunitas anak band yang mampir ke warung soto tersebut. Padahal sebelumnya menu soto di warung tersebut tidak memiliki nama soto seperti saat ini. Namun sejak tahun 2000-an sampai sekarang sajian soto yang unik ini justru semakin populer dan menjadi destinasi wisata kuliner para wisatawan bahkan ada pula dari kalangan artis yang mampir untuk menikmati soto ini.

Menikmati Sajian Soto yang Unik dan Berbeda

Dalam satu porsi soto sampah terdapat isian berupa nasi putih, kubis, kecambah, bihun, daun seledri yang kemudian disiram dengan kuah soto bening yang berasal dari kaldu daging sapi. Untuk kuah soto sampah ini juga menggunakan campuran berbagai bumbu rempah sehingga citarasanya sangat kuat. Akan lebih mantap lagi saat menyantapnya anda menambahkan sambal dan kecap manis.

soto sampah

Bila biasanya soto disajikan dengan daging ayam atau daging sapi namun berbeda dengan soto ini yang justru menggunakan kayor sapi. Saat menikmati soto sampah, kurang lengkap rasanya bila anda tak menggunakan lauk pauk yang sudah disediakan oleh warung soto ini. Jenis lauk pauk yang tersedia antara lain sate telur puyuh, gorengan, tahu bacem, sate usus dan kepala ayam. Meskipun terkenal dengan sajian soto sampahnya, namun warung ini juga menyediakan menu lain yang tak kalah nikmatnya yaitu nasi rames.

Alamat Sajian Soto yang Unik Ini

Warung soto ini terletak di Jalan Kranggan atau tepatnya berada di depan SPBU Kranggan atau sekitar 100 meter ke arah utara Tugu Yogyakarta. Dahulu warung soto ini tempatnya permanen namun kini justru hanya memakai tenda sehingga pengunjung bisa menikmati soto secara lesehan.

Harga Kuliner Soto Sampah

Untuk masalah harga satu porsi soto, anda tak perlu khawatir karena cukup dengan 5ribu rupiah saja anda bisa menikmati seporsi soto yang gurih dan nikmat. Sedangkan untuk harga lauk pauknya mulai dari seribu rupiah hingga empat ribu rupiah. Dengan harga yang terjangkau tersebut tak heran bila sajian soto ini banyak digemari kalangan mahasiswa.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan