Puncak Kosakora, Wisata Hits Nikmati Sunset Pantai Gunungkidul

Pantai Gunungkidul Jogja memang dikenal karena memiliki pemandangan alamnya yang indah. Hal ini memang karena dipengaruhi oleh adanya fenomena alam dari eksokarst di Pegunungan Sewu pada ratusan tahun yang lalu tepatnya di Puncak Kosakora. Itulah tak heran ketika berada di kabupaten yang paling timur Jogja ini anda akan mendapatkan jalanan pegunungan yang naik turun.

Perjalanan dan Akses ke Puncak Kosakora

Untuk bisa sampai ke wisata Pantai Gunungkidul maka membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan berkendara menggunakan kendaraan pribadi. Ya memang untuk bisa kesini alangkah baiknya menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa di rental mobil Jogja. Meskipun memiliki akses jalan yang sudah sangat baik namun belum ada transportasi umum yang bisa menuju kesana. Kali ini kami tidak akan membahas mengenai keindahan pantai-pantai yang ada di Gunungkidul melainkan akan memberikan rekomendasi cara lain menikmati keindahannya. Ya salah satu caranya adalah menikmati sunset Pantai Gunungkidul namun dari Puncak Kosakora.

ketinggian puncak kosakora
Sumber: Backpackerjakarta.com

Untuk bisa sampai ke puncak maka anda diharuskan untuk berjalan kurang lebih sejauh 2 kilometer dengan melewati medan yang cukup melelahkan. Namun tidak usah cemas dulu karena ketika perjalanan akan disuguhkan dengan pemandangan ladang-ladang masyarakat yang menyejukkan mata. Setelah anda cukup jauh menyusuri medan maka akan sampai ke sebuah padang rumput yang indah namun lahan tersebut dikeramatkan oleh masyarakat sekitar sehingga tidak boleh ada yang mendirikan bangunan disana. Orang sekitar menyebut lokasi tersebut dengan nama Lemah Sangar, setelah itu lanjutkan perjalanan hingga sampai ke Pantai Ngrumput. Dari sinilah anda akan bisa mulai melihat tempat tujuan yaitu Puncak Kosakora.

Baca juga:

Untuk bisa naik ke atas puncak maka anda bisa melewati tangga yang sedikit curam yang terbuat dari batuan karst. Di sekelilingnya anda akan mendapati tumbuhan pandan laut yang cukup rimbun, puncaknya sendiri merupakan dataran paling tinggi yang juga memiliki bukit dinamakan Bukit Ngrumput oleh masyarakat sekitar. Kosakora sendiri mulai dikenal sejak di unggah oelh salah seorang traveller yang tidak sengaja singgah di tempat ini. Pesona alamnya lah yang mampu membawa pengunjung untuk bisa menikmati sunset Pantai Gunungkidul dari atas sini.

Bonus Tambahan Dari Puncak Kosakora

Pantai yang bisa anda lihat keindahannya dari atas Kosakora adalah Pantai Drini, Ngrumput, Sepanjang, Watu Kodok, dan Juga Pantai Kukup. Sedangkan untuk Pantai Baron anda akan bisa melihat Mercusuarnya karena memang Puncak Kosakara memiliki Ketinggian sekitar 50 meter di atas permukaan laut.

puncak kosakora sunset
Sumber: Tempatwisataindonesia.id

Ketika akan berkunjung kesini maka sebaiknya datang pada pagi atau sore hari saja. Pada pagi hari anda akan bisa mendapatkan pemandangan matahari terbit atau sunrise sedangkan sore hari maka anda akan mendapatkan pemandangan matahari terbenamnya yang mempesona. Sebaiknya hindari datang pada waktu siang hari sinar matahari di Kosakara cukup sangat menyengat sehingga mungkin tidak akan kuat menahan rasa panas ya meskipun sudah disediakan gubuk-gubuk bambu untuk berteduh.

puncak kosakora Jogja
Sumber: berdesa.com

Selain menikmati pemandangan alamnya yang indah dengan berselfie anda bisa juga melakukan kemah di atas Puncak Kosakora. Tidak perlu repot membawa peralatan dari rumah karena disana juga telah disediakan peralatan yang lengkap. Anda hanya perlu mengeluarkan dana sebesar 60 ribu untuk tenda kecil dan 100 ribu untuk tenda ukuran besar.

Nah tertarik untuk menikmati sunset Pantai Gunungkidul dari Puncak Kosakora, segera siapkan waktumu untuk bisa melepas lelah dan penat rutinitas. Menikmati sunrise ataupun sunset disana sudah tentu akan menjadi pengalaman liburan yang menyenangkan dan tidak terlupakan.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan