Pesona Gunung Ireng Jogja Sebagai Primadona Wisata Alam Kekinian

Gunung Ireng Jogja

Bila membahas tentang tempat-tempat wisata di Jogja sepertinya sudah sangat banyak yang direkomendasikan untuk anda kunjungi. Tentunya tempat-tempat wisata tersebut terletak di seluruh wilayah Jogja termasuk salah satunya di Gunungkidul. Selama ini Gungkidul dikenal dengan wisata alamnya yang sangat indah dan salah satunya adalah Gunung Ireng Jogja.

Pesona Keindahan Gunung Ireng Jogja

Saat berkunjung ke Gunung Ireng Jogja biasanya wisatawan menyaksikan pemandangan sambil bersantai atau berfoto. Puncak Gunung Ireng inilah yang menjadi spot andalan yang biasanya dijadikan untuk melihat sunrise maupun sunset. Bahkan sesekali terlihat kabut yang menyelimuti kawasan puncak gunung Ireng sehingga membuat suasana terasa semakin istimewa. Saat kabut datang, anda seolah-olah berada di negeri atas awan yang mungkin selama ini hanya bisa anda saksikan dari gambar saja. Tak sedikit wisatawan yang melewatkan momen terbaik di gunung ini sehingga menjadikan obyek wisata ini tak pernah sepi pengunjung.

Gunung Ireng Jogja

Saat berada di puncak Gunung Ireng Jogja, anda bisa merasakan suasana yang asyik dengan suhu udara yang cenderung dingin. Tentu hal ini akan membuat liburan anda terasa lebih nyaman dan betah. Saat berada di puncak gunung ini. anda juga bisa menyaksikan pemandangan alam di bawah yang tampak menawan. Terlihat persawahan dan ladang yang membentang luas sehingga membuat mata seolah termanjakan. Selain itu, terlihat pula hutan-hutan yang lebat menghiasi kawasan perbukitan dan tampak pula awan putih yang menciptakan pemandangan khas pegunungan yang sempurna.

Saat berada di Gunung Ireng Jogja jangan sampai lupa untuk berselfie karena di kawasan ini terdapat spot khusus  untuk berfoto. Terdapat pula gazebo yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk bersantai. Lokasi gunung ini juga tak jauh dari Gunung Gede Getas sehingga anda tak perlu khawatir akan kesulitan untuk menemukan obyek wisata yang satu ini. Selain itu, di tempat wisata ini juga tersedia fasilitas lainnya seperti tempat istirahat, area camping, warung makan dan area parkir

Asal Mula Nama Gunung Ini

Pemberian nama Gunung Ireng ini berasal dari berbatuan berwarna hitam yang ada di Puncak Gunung. Selain itu kawasan ini juga memiliki sedikit tanaman maupun pepohonan yang ada di puncak. Untuk itulah gunung ini dinamai dengan Gunung Ireng yang dalam bahasa Jawa kata Ireng berarti hitam. Bebatuan yang ada di gunung ini memang agak mirip dengan yang terdapat di Gunung Api Purba Nglanggeran. Namun ternyata dahulu Gunung Ireng ini pernah meletus sangat dahsyat sehingga tak heran bila terdapat bebatuan vulkanis di kawasan ini.

Cek juga ulasan wisata lainnya:

Namun dibalik itu menurut masyarakat setempat, Gunung Ireng memiliki cerita di masa lampau. Konon gunung ini terbentuk karena kemarahan Raden Bratasena dalam lakn pewayangan. Kemarahan tersebut disebabkan adanya sekelompok kera yang bermain bintang di puncak Merapi dan membuat Raden Bratasena menedang sekelompok kera tersebut. Tendangan Raden Bratasena ternyata meleset dan mengenai puncai Merapi sehingga membuat puncak tersebut terlempar jauh ke beberapa penjuru salah satunya di Gunung Ireng.

Alamat Lengkap Gunung Ireng

Gunung Ireng Pengkok yang terletak di Dusun Srumbung, Pengkok, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk menuju ke tempat wisata ini, anda bisa menuju ke perempatan Radio CGD lalu silakan belok ke kekiri. Sedangkan bila anda dari arah Wonosari maka silakan belok kanan lalu lurus mengikuti jalan sampai menemukan gapura berwarna hijau yang bertuliskan wisata gunung yang satu ini.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuknya sangat terjangkau yaitu Rp 5.000 per orang sehingga sangat cocok sebagai pilihan liburan murah di Jogja. Banyak anak-anak muda yang berkunjung kesini semenjak banyak yang membagikan foto mereka di Gunung Ireng melalui sosial media. Tak heran bila obyek wisata ini menjadi wisata alam yang kekinian di kalangan anak-anak muda.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan