Pesona Bawah Laut dan Snorkeling di Pantai Nglambor Yogyakarta

pantai-nglambor

Pantai-pantai di Yogyakarta, khususnya di pesisir selatan, memang terkenal berbahaya untuk dijadikan tempat berenang atau menyelam. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, sehinga kebanyakan ombaknya terlalu besar dan kurang bersahabat.

Namun, Anda tidak perlu khawatir tidak bisa menikmati keindahan bawah laut di Yogyakarta. Masih ada pantai yang bisa Anda gunakan untuk berenang. Salah satunya yakni Pantai Nglambor Yogyakarta. Pantai yang berada di pesisir Gunung Kidul ini terlindung oleh pulau karang. Sehingga, ombak di Pantai Nglambor tidak terlalu ganas.

Lokasi Pantai Nglambor Yogyakarta

Pantai Nglambor Yogyakarta berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini berada tepat di antara dua pantai, yaitu Pantai Siung dan Pantai Jogan.

Akses Menuju Pantai Nglambor Yogyakarta

Untuk sampai di Pantai Nglambor Yogyakarta tidaklah sulit. Dari pusat Kota Yogyakarta, Anda dapat melanjutkan perjalanan kurang lebih dua hingga tiga jam menggunakan kendaraan pribadi. Ikuti petunjuk arah menuju Pantai Siung.

Pantai Nglambor ini berada dalam satu pos retribusi yang sama dengan Pantai Siung. Saat anda sampai pos retribusi Pantai Siung, Anda akan menemukan pertigaan. Anda dapat meneruskan perjalanan dengan berbelok ke arah kanan dengan menyusuri jalan makadam. Oleh karena itu, Anda perlu memarkirkan kendaraan terlebih dahulu dan menempuh perjalanan berikutnya dengan berjalan kaki. Bibir Pantai Nglambor berada di ujung jalan tersebut. Sepanjang perjalanan, Anda akan menemukan ladang kacang juga deretan pohon pandan laut.

Tiket Masuk Pantai Nglambor Yogyakarta

Tarif untuk memasuki kawasan Pantai Nglambor hanya sebesar lima ribu rupiah per orang. Tarif tersebut sudah jadi satu dengan biaya masuk ke kawasan Pantai Siung. Kalau Anda ingin manjangkau Pantai Ngalambor dengan naik ojek, Anda juga dapat menyewa ojek dengan tarif lima ribu rupiah. Di Pantai Nglambor juga terdapat persewaan alat-alat snorkeling. Untuk menyewa alat-alat tersebut, Anda perlu merogoh kocek lagi sebesar 35 ribu rupiah hingga lima puluh ribu rupiah.

Pantai Nglambor Yogyakarta dan Sederet Keunikannya

Pantai Nglambor menyimpan keindahan juga keunikan tersendiri dibandingkan pantai-pantai lain di Yogyakarta. Perairan di Pantai Nglambor berbentuk cekungan dan berada di antara dua bukit karang di tengah laut. Kedua bukit karang tersebut berguna untuk memecah ombak dan menahan gelombang. Oleh karena itu, Pantai Nglambor ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berenang juga snorkeling. Ombak di Pantai Nglambor cenderung tenang.

Pantai Nglambor memiliki air yang jernih. Anda dapat melihat secara jelas apa yang ada di bawah permukaan air laut. Terumbu karang di sana pun tumbuh dengan subur dan didiami banyak biota laut. Oleh karena itu, tidak heran kalau orang-orang yang berkunjung ke Pantai Nglambor sering melakukan snorkeling untuk menyaksikan keindahan bawah laut di pantai tersebut.

Di samping airnya yang jernih, Pantai Nglambor juga memiliki pasir yang berbeda dibandingkan pasir di pantai pada umumnya. Pasir di Pantai Nglambor terlihat lebih kasar. Hal tersebut dikarenakan pasirdi Pantai Nglambor ini terbentuk dari adanya karang yang terus menerus tergerus ombak dan juga karena adanya pecahan cangkang biota laut.

Tidak hanya snorkeling, Anda juga dapat melakukan trekking di Pantai Nglambor. Anda dapat mendaki bukit-bukit yang mengapit Pantai Nglambor ini. Dari atas bukit, Anda nanti dapat melihat dengan jelas bentuk pulau karang yang menyerupai dua kura-kura. Beberapa deretan pantai juga akan terlihat dari atas bukit.

Itulah sekilas review mengenai keindahan Pantai Nglambor. Jadi, kapan Anda akan berkunjung ke Pantai Nglambor Yogyakarta untuk menyaksikan keindahannya secara langsung?

About Author

client-photo-1
onejogja