Berburu Barang Kuno Di Pasar Klithikan Pakuncen Jogja

pasar klithikan

Apakah kamu pernah membayangkan keadaan ketika kamu sedang menginginkan sesuatu tapi semuanya sudah tersedia di sekitarmu? Tidak hanya barang–barang biasa, tapi kamu bisa mendapatkan barang unik yang tidak semua orang bisa mendapatkannya. Nah, jika kamu sedang berada di Jogja, luangkan waktumu untuk belanja apapun di Pasar Klithikan Pakuncen Jogja.

Lautan Barang Bekas Dijual Murah Di Pasar Klithikan

Pasar Klithikan Pakuncen dikenal sebagai lautan barang bekas di Jogja. Meskipun sudah banyak tempat yang menjajakan barang bekas, namun sepertinya pasar ini tetap menjadi primadona pasar barang bekas di Kawasan Jogja. Tapi tidak semua barang yang di tawarkan merupakan barang bekas biasa, namun juga barang antik.

Kabarnya, pasar ini dinamakan Pasar Klithikan karena dulu tempat ini menjual berbagai macam aksesoris kendaraan dan kebanyakan mengeluarkan suara “klithik-klithik”. Sebutan lain dari pasar ini adalah Pasar Kuncen, karena letak pasar berada di daerah yang bernama Kuncen.

pasar klithikan jogja
Deretan benda antik ada di Pasar Klithikan Jogja.
Source: Paketwisatajogja.net

Dengan berkembangnya kebutuhan manusia, saat ini pasar Klithikan tidak hanya berfokus pada barang keperluan kendaraan, namun juga barang-barang elektronik hingga hewan peliharaan. Jika kamu tertarik dengan barang di pasar barang bekas ini, kamu harus pandai dalam menawar karena memberi harga yang cocok dan pas untuk barang bekas berkualitas tidak mudah.

Di Sini Kalian Bisa Belanja Bermacam-Macam Barang Bekas

Pasar Klithikan mempunyai bangunan dengan dua lantai, dengan zona blok mulai dari A1, A2, B1, B2, C1, C2 dan D1 sesuai dengan karakteristik yang bermacam-macam pada setiap barang dagangan yang dijual. Di zona A1, B1, B2, C1, C2 dan D1 kamu akan menemukan berbagai jenis barang yang dijual mulai dari orderdil motor, sepeda onthel tua, fashion dan dompet. Tidak semua barang yang dijajakan merupakan barang bekas, beberapa ada juga yang baru. Di lantai dua yaitu zona A2, kamu bisa menemukan berbagai macam produk Handphone dan barang-barang elektronik lainnya.

Kamu bisa menemukan barang yang mungkin tidak bisa kamu temukan di pasar lain misalnya seperti uang kuno, lampu antic, sampai setrika arang dan barang kuno lainnya. Khusus untuk pakaian bekas, lokasinya berada di bagian belakang pasar. Kamu harus teliti dalam melihat jahitan, bahan kain, dan kondisi baju. Sebagian baju bekas berasal dari luar negeri. Jika kamu sedang beruntung, kamu bisa menemukan beberapa merk baju ternama di sini. Masih tetap modis meskipun kantong tipis kan?

Harga yang ditawarkan di Pasar Klithikan Jogja memang tidak semahal harga barang baru. Tapi, kamu disarankan untuk berani menawar dan harus teliti melihat kualitas barang yang ingin anda beli. Akan sangat baik jika kamu punya referensi yang cukup tentang kualitas dan harga barang yang di jual disini. Sehingga kamu tidak akan merasa rugi dan menyesal jika kesepakatan jual beli sudah terlaksana.

Jam Buka Pasar Dan Letak Lapak Pasar Ini

Jam Operasional Pasar Klithikan mulai dari jam 10.00 hingga jam 23.00 malam. Meskipun begitu, kegiatan jual beli akan semakin ramai ketika sore sampai malam hari tiba. Kebanyakan pedagang juga mulai menggelar lapak mereka pada saat-saat itu. Karena hal itulah, kamu harus jeli untuk memeriksa barang yang ingin kamu beli. Terkadang kemampuan penglihatan tidak berfungsi dengan baik ketika malam hari, selain itu terdapat beberapa kios yang tidak mempunyai penerangan yang bagus.

Akses menuju Pasar Klithikan tidak begitu sulit. Jika kamu dari pusat Kota Jogja, arahkan kendaraan menuju ke arah barat. Lebih mudah jika kamu melewati perempatan Ngabean. Dari titik nol kilometer Jogja, belokkan kendaraan menuju ke barat melewati PKU Jogja hingga perempatan Ngabean. Dari perempatan itu, kamu masih harus ke barat. Di perempatan setelah perempatan Ngabean, beloklah ke utara. Setelah melewati satu perempatan dengan lampu merah, kamu akan menemukan Pasar Klithikan di kanan jalan atau tepatnya di timur jalan.

Ingin tahu seperti apa rasanya berburu barang bekas berkualitas? Coba saja kunjungi Pasar Klithikan. Sedangkan jika ingin dapat barang-barang berbahan kulit yang lebih murah, lihat ulasan kami tentang Mandingan. Pasti pengen ke sana.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan