Pantai Wohkudu, Surga Yang Terhimpit Di Antara Tebing

Pantai Wohkudu

Sebagian orang mungkin akan merasa bosan dan lelah dengan berkunjung ke pantai dan pulang pada hari yang sama. Jika kamu adalah seorang penggemar pantai dan sedang berkunjung di kawasan wisata Gunungkidul, tidak ada salahnya untuk mencoba berkunjung ke Pantai Wohkudu.

Indahnya Wisata Pantai Wohkudu, Dengan Tebing Eksotisnya

Pantai ini merupakan salah satu dari sekian banyak pantai di selatan kota Yogyakarta yang masih jarang dijamah pengunjung. Lokasinya memang agak tersembunyi dan sangat jarang ditemukan di pantai-pantai lain di kawasan ini. Karena berada di antara dua bukit karang, menjadikan Pantai Wohkudu tidak memiliki hamparan pasir yang cukup luas. Suasana yang tenang dan damai, mungkin itulah yang tergambar di pikiran wisatawan yang baru pertama kali menginjakkan kakinya di pantai ini, sangat pas bagi wisatawan yang ingin melarikan diri dari riuhnya perkotaan.

Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu kerap dimanfaatkan sebagai lokasi camping karena suasananya yang memang masih sangat alami. Tidak hanya pasir pantai, di kawasan pantai ini kamu juga menjumpai rerumputan dan tumbuhan liar. Pantai ini menyediakan area khusus untuk mendirikan tenda bersama pengunjung lainnya. Area camping ground tempat menancapkan tenda banyak ditumbuhi rumput hijau. Yang jelas, camping di pantai ini akan memberikan momen liburan yang  berkesan.

Cek juga ulasan wisata pantai lainnya berikut ini:

Untuk menemukan dan mencapai pantai ini, rute yang harus di tempuh memang tidak mudah. Perjalanan ini terbayar lunas dengan apa yang Pantai Wohkudu tawarkan. Suasana nyaman langsung datang menghampiri disertai hembusan angin sepoi-sepoi diiringi music alami berupa deburan ombak yang menghempas karang. Segerombolan kupu-kupu yang terbang di sekitar tebing yang terdapat di sisi pantai sangat menyejukkan mata.

Lokasi dan Alamat Lengkap Pantai Wohkudu

Untuk mencapai Pantai Wohkudu dari Yogyakarta, pengunjung bisa melewati Jalur Imogiri–Panggang. Rutenya yaitu melewati Jalan Raya Imogiri, lalu menuju ke arah Pasar Imogiri, melewati Jembatan Sungai Oyo, lalu ke arah Pantai Gesing. Jalur ini lebih cepat dari jalur Wonosari, jalur ini cukup berbelok-belok dan aksesnya menanjak, lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua.

Jalur ini menjadi jalur terdekat yang juga merupakan jalur sepi karena bukan jalur utama untuk menuju ke Gunungkidul. Jangan salah, jalur yang berupa tanjakan dan kelokan ini sangat memanjakan mata bagi siapa pun yang melewatinya. Para pengunjung diajak membelah perbukitan ditemani oleh pemandangan berupa pepohonan hijau di kanan kirinya. Untuk mencapai pantai ini pengunjung harus meneruskan perjalanan dengan trekking menuruni bukit. Namun tidak perlu khawatir, karena hal tersebut akan terbayar oleh panorama indah yang tersaji di sepanjang perjalanan. Bermacam jenis flora indah yang tumbuh di sekitar perbukitan akan tampak indah. Jika sedang beruntung, pengunjung akan disambut oleh sekawanan kera liar.

Tanda bahwa kamu akan mencapai lokasi pantai tujuanmu adalah suara ombak yang terdengar lirih disertai penampakan dua tebing yang menghimpit pantai ini. Setelah itu akan terlihat birunya laut selatan serta sebidang tanah yang seperti menjadi halaman pantai. Setelah melewati sebidang tanah ini, pengunjung akan menjumpai hamparan pasir putih dihiasi karang dan rumput liar.

Harga Tiket Masuk Pantai Wohkudu Yang Terjangkau

Belum ada tiket masuk ke kawasan pantai ini, hanya saja pengunjung harus membayar portal di desa terakhir sebelum masuk ke kawasan Pantai Kesirat dan Pantai Wohkudu sebesar Rp. 3.000,- untuk sepeda motor dan Rp. 5.000,- untuk mobil. Selain itu kamu harus membayar biaya parkir sebesar Rp. 5.000,- untuk kendaraan motor. Akses di lokasi ini jauh dari kata nyaman, hanya terdapat toilet dan lahan parkir dengan lokasi yang agak jauh dan perlu berjalan naik turun untuk mencapainya. Namun tetap saja pantai ini menjadi tujuan bagi para penikmat camping.

Jika kamu seorang penikmat camping sejati, coba saja berkunjung ke Pantai Wohkudu.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan