Pantai Wediombo, Pesona Kolam Alami Di Antara Batu Karang

pantai wediombo

Wisata pantai memang selalu menjadi destinasi wisata favorit hingga saat ini. Kota Jogja memiliki banyak pantai yang tersebar di segala penjuru, salah satunya adalah pantai yang berada di Gunungkidul. Salah satu pantai yang masih membuat penasaran untuk dikunjungi di Gunungkidul adalah Pantai Wediombo.

Hamparan Pasir Pantai Luas Di Pantai Wediombo

Dalam Bahasa Jawa  “Wedi” berarti “pasir” dan “ombo” berarti “luas”. Jika diartikan, wedi ombo berarti hamparan pasir yang luas. Dari namanya, kamu akan membayangkan pantai dengan hamparan pasir putih yang luas. Sayangnya, bayanganmu kurang benar. Wedi ombo tidak memiliki hamparan pasir yang luas, tidak seluas namanya. Pasir di Pantai Wediombo tidak seluas pasir di Parangtritis.

Sejak satu tahun terakhir, Pantai Wediombo menjadi pantai untuk berburu ombak. Ya, wisatawan datang berburu ombak untuk kegiatan berselancar. Ombak di pantai ini cenderung stabil karena pantainya berbentuk teluk yang dikelilingi karang. Berbeda dengan pantai pada umumnya yang menghadap ke selatan, Pantai Wediombo sedikit condong ke barat.

Indahnya Batuan Karang Dipinggir Pantai Ini

Oiya, di Pantai Wediombo walaupun hamparan pasirnya tak seluas yang ada di bayanganmu, bukit karang yang dimiliki pantai ini akan memanjakan matamu. Ditempat ini kamu akan menemukan kolam alami dari batuan karang sehingga membuat pantai ini begitu mempesona. Batu karang yang terdapat di pantai ini membuat deburan ombak berasa lebih kencang. Kolam diantara batu karang yang berada di pantai membuat pantai ini menjadi instagramable yang bisa untuk menambah koleksi fotomu. Lebih dari itu, pesona batu karang yang berpadu dengan momen matahari terbenam akan menambah takjub bagi siapapun yang melihatnya. Tidak hanya menawarkan keindahan alamnya, habitat ikan yang hidup di kawasan pantai ini akan memuaskan kegiatan memancingmu.

Pantai Wediombo
Beningnya laguna Pantai Wediombo.
Source: Twitter @YogyakartaCity

Ombak di Pantai Wediombo lumayan besar, akan sangat berbahaya untuk anak-anak dan wisatawan yang takut berenang ketengah. Sebagai alternative, kolam-kolam alami yang berada di pinggir pantai bisa digunakan untuk berenang. Tapi tetap ya, terus pantau anak-anak atau kerabatmu.

Lokasi Termudah Dan Tercepat untuk Menuju Pantai Ini

Lokasi Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo Gunungkidul. Jika dibandingkan pantai lainnya, pantai ini bisa dibilang cukup jauh. Ya, dari Jogja bisa menempuh waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam dengan kendaraan pribadi. Akses menuju pantai ini kamu bisa mengikuti rute ke Pantai Siung. Terdapat beberapa papan petunjuk untuk menuju arah pantai. Dapat dipastikan perjalananmu akan sedikit mudah.

Biaya Tiket dan Beberapa Fasitilitas Di Pantai Eksotis Ini

Kamu harus membayar Rp. 5.000,- untuk masuk ke Pantai Wediombo. Siapkan budget Rp. 2.000,- untuk parkir motor dan Rp.4.000,- untuk menginapkan motor. Parkir mobil seharga Rp. 5.000,- dan Rp. 10.000,- untuk menginapkan mobil. Jika kamu menginginkan surfing, maka kamu harus membayar Rp.100.000 dengan fasilitas surf board, pemandu dan foto. Jika ingin merasakan sensasi snorkeling kamu harus mempersiapkan budget Rp. 30.000 dengan lokasi di sekitar pantai dan Rp. 80.000,- dengan lokasi menuju ke tengah laut dan harus menaiki kapal dengan minimal peserta sebanyak 6 orang.

Untuk persewaan, kamu bisa menyewa motor trail untuk menyusuri pantai dengan biaya Rp. 100.000,-,  jika kamu menyewa surfboard saja maka kamu harus membayar Rp. 50.000,- . Sewa payung seharga Rp. 15.000,-. Untuk menginap di pinggir pantai, kamu bisa menyewa tenda dengan kapasitas 4 orang dengan harga Rp.35.000,-. Cukup terjangkau kan?

Sedikit tips jika kamu ingin berwisata ke Pantai Wediombo:

  • Bagi penikmat sunset, kamu bisa mengunjungi bulan November hingga mei karena saat itu matahari tenggelam di garis horizon laut.
  • Bawa baju ganti yang cukup.
  • Jangan pulang terlalu malam jika tidak berencana menginap karena jalannya yang berkelok.

Jika kamu berkunjung ke Jogja, Pantai Wediombo bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk menghabiskan waktu seharian bersama kerabatmu. Kalau kamu ingin wisata pantai yang lebih ekstrim, cek ulasan kami tentang Pantai Timang. Selamat berlibur.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan