Pantai Watu Lawang, Panorama Eksotik Yang Tersembunyi

Pantai Watu Lawang

 Gunungkidul seakan menjadi surganya pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini karena daerah istimewa ini memiliki deretan pantai yang menawan. Belakangan ini mulai banyak pantai yang dibuka sebagai tempat wisata, salah satunya adalah Pantai Watu Lawang.

Uniknya Penamaan Watu Lawang Sejarah Pantai Ini

Pantai ini diapit oleh dua pantai yaitu Pantai Indrayanti dan Pantai Pok Tunggal. Pantai Watu Lawang menawarkan pesona keindahan batuan karang yang berpadu dengan pasir putih bersih. Pantai ini dinamakan dengan Watu lawang karena terdapat sebuah gua batu yang digunakan masyarakat untuk menggelar upacara adat sadranan atau upacara nyandran yang dilaksanakan pada bulan Sya’ban dalam kalender Islam. Kata ‘watu lawang’ berarti batu yang berbentuk mirip seperti pintu. Pintu batu ini hanya dibuka dan dapat dimasuki oleh pengunjung pada saat upacara adat itu saja.

Pantai Watu Lawang

Kawasan pantai ini terbagi menjadi dua bagian yaitu sebelah barat gua terdapat pantai yang ukurannya tidak terlalu luas sedangkan di sebelah timur gua terdapat area pantai yang luas. Di pantai ini kamu dapat melihat banyak cekungan batu karang yang hanya dijumpai di pantai ini saja. Di masing-masing cekungan terdapat ikan-ikan kecil yang cantik. Di pantai ini kamu juga dapat melakukan kegiatan camping karena tempat ini memiliki dataran yang cukup rata dan bisa digunakan untuk mendirikan tenda. Namun untuk peralatan campingnya perlu membawa sendiri karena di sekitar pantai ini belum tersedia tempat persewaan.

Spot Foto Menarik Ada Di Gazebo Atas Pantai

Tepat di atas batu karang terdapat gazebo atau gardu pandang yang langsung mengarah ke laut.  Gazebo ini dapat digunakan oleh pengunjung untuk bersantai sambil memandangi lautan. Selain itu, di tempat ini kamu bisa melihat sunset dan sunrise yang sangat menawan. Tidak jarang gazebo ini dimafaatkan para pengunjung untuk berfoto. Eits, tidak hanya gazebo saja, tetapi kamu juga akan menjumpai jembatan bambu. Kamu perlu berhati-hati jika berniat untuk menyebrang ke karang di tempat gazebo ini berada karena ombaknya yang cukup besar dan dapat membahayakan keselamatan.

Pantai ini juga harus kamu kunjungi:

Lokasi Pantai Watu Lawang cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Pantai ini beralamat di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Rute yang harus kamu tempuh untuk menuju ke Pantai Watu Lawang sangat mudah.

Lokasi Dan Alamat Lengkap Pantai Watu Lawang

Jika berangkat dari pusat Kota Yogyakarta lalu menuju ke timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan, lalu menuju Jalan Panembahan Senopati 9, setelah sampai di perempatan lalu menuju ke selatan lewat Jalan Brigjen Katamso, setelah itu lurus hingga sampai di perempatan lalu menuju ke arah timur melewati Jalan Kolonel Sugiyono, setelah menjumpai pertigaan ambil arah ke selatan melewati Jalan Sisingamangaraja, kemudian lurus menuju Jalan Imogiri Barat, kemudian di pertigaan menuju ke timur melewati Jalan Bakulan Imogiri, setelah menjumpai pertigaan lalu menuju ke barat melewati Jalan Imogiri Siluk, jalan terus hingga melewati Jalan Siluk Panggang, ikuti jalur ini hingga menjumpai pertigaan lalu ke arah timur melewati Jalan Raya Panggang Wonosari, lurus menuju Jalan Pantai Sel. Jawa, tetap berada di jalur Jalan Pantai Sel. Jawa, setelah sampai di pertigaan lalu ke timur, setelah itu kamu tinggal mengikuti saja jalan yang ada hingga kamu akan sampai di Pantai Watu Lawang.

Tiket Masuk Pantai Yang Terjangkau

Biaya tiket masuk ke pantai ini relative murah yaitu Rp. 10.000,-/orang. Dengan biaya yang cukup murah itu, kamu juga bisa menikmati pantai-pantai lain seperti Pantai Pok Tunggal, Pantai Indrayanti hingga Pantai Kukup sekaligus.

Untuk biaya parkir kendaraan di pantai ini yaitu Rp. 5.000,- untuk kendaraan roda dua, sedangkan biaya parkir mobil adalah sebesar Rp. 10.000,-.

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola di Pantai ini sudah cukup lengkap yaitu warung makan, kamar mandi, tempat parkir, gazebo dan musholla.

Mulai penasaran seperti apa pantainya? segera kunjungi destinasi wisata ini. Yuk berangkat.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan