Pantai Timang, Wisata Anti Mainstream Menguji Adrenalin

Pantai Timang

Di tepi tenggara Daerah Istimewa Yogyakarta terdapat deretan pantai yang menggoda untuk dijamah. Tak salah jika tempat ini disebut dengan surganya pantai. Jika kamu sudah bosan dengan panorama pantai dengan hamparan pasir dan berenang, cobalah untuk mengunjungi Pantai Timang.

Pantai Timang adalah wisata pantai dengan suasana menantang yang hanya bisa dicapai dengan naik kereta gantung. Bukan pasir atau lautnya, tapi bukit karang dengan ukuran yang besar di pulau seberang pantai. Untuk mencapai bukit karang itu kamu membutuhkan Gondola atau kereta gantung. Kereta gantung inilah yang menjadi ikon di pantai ini.

Sejarah Pantai Timang Dan Kereta Gantung Ikonik

Pada awalnya, kereta gantung ini digunakan para nelayan untuk menyeberang ke batu karang. Nelayan tidak menaiki perahu untuk mencapai pulau karena ombak pantai yang ganas di pantai selatan dan banyaknya karang akan membahayakan keselamatan mereka. Sehingga para nelayan menggunakan kereta gantung sebagai alat transportasi. Tempat ini merupakan tempat terbaik untuk berburu Lobster. Lobster merupakan hasil laut yang memiliki nilai jual yang tinggi sehingga membuat masyarakat rela berjuang untuk menuju ke pulau tersebut. Siapa yang menyangka jika alat transportasi ini akan menjadi daya tarik wisata yang khas?

Kereta gantung yang akan kamu gunakan untuk mencapai pulau ini terbuat dari kayu dan rangkaian bambu yang dikaitkan dengan tambang plastik yang kuat dan ditarik secara manual.  Jarak yang kamu tempuh untuk mencapai pulai ini sekitar 50 sampai 100 meter kearah barat. Jika kamu ingin menyeberang kesana, kamu harus menyiapkan mental yang kuat karena jaraknya yang lumayan panjang dan kamu harus meluncur sendirian di atas lautan dengan ombak yang besar. Tantangan itu yang bakal sulit kamu lupakan.

Apa Saja Yang Menarik di Pantai Timang Ini

Setelah sukses dangan kehadiran kereta gantung, pantai ini pun kembali menghadirkan fasilitas baru berupa jembatan gantung. Jembatan ini membentang sepanjang 200 meter dari bibir pantai. Hempasan ombak dan angin laut yang kencang akan menjadi tantangan saat kamu melintasi jembatan ini. Bersiaplah untuk diayun-ayunkan angin laut yang kencang ya.

Pantai Timang
Pilihan seru yang lain, jembatan gantung.
Source: AsmarainJogja.id

Pantai Timang terbagi menjadi dua areal yang berbeda. Di bagian Timur merupakan pantai dengan hamparan pasir putih seperti pantai kebanyakan lainnya. Di sisi barat, terdapat bukit bebatuan yang terjal berbatasan langsung dengan laut. Di pantai berbatu ini, kamu akan menemukan pemandangan yang menggoda.

Rute Yang Mudah Menuju Ke Pantai Ini

Pantai Timang beralamat di Pedukuhan Danggolo Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Gunungkidul.  Untuk ke lokasinya, kamu harus menempuh jarak sekitar 50 KM dari Kota Jogja dan waktu tempuhnya sekitar 2 hingga 2,5 jam perjalanan. Jika kamu belum pernah mendatangi beberapa pantai di Gunungkidul,  kamu mungkin agak kesulitan untuk menemukan rute ke pantai ini. Dari Kota Jogja kamu harus menuju ke Wonosari, setelah sampai di Kota Wonosari, ambil arah ke Baron. Terdapat pertigaan sebelum Pantai Baron, ambil arah kiri kearah Pantai Siung. Selanjutnya setelah sampai di Pasar Dakbong ikutilah petunjuk arah menuju Pantai Timang. Oiya, Jalan menuju ke Pantai Timang ini agak terjal dan berbatu.

Biaya Tiket Masuk Dan Fasilitas Di Pantai Unik Ini

Harga tiket masuk ke Pantai Timang cukup murah, kamu hanya perlu membayar Rp. 5.000,- dan sudah termasuk ongkos parkir. Nah, jika kamu ingin merasakan naik kereta gantung kamu harus menyiapkan budget Rp. 150.000,- untuk berangkat dan kembali. Kalau ingin naik jembatan gantung siapkan biaya Rp. 200.000,-. Cukup mahal ya? Ya, sebanding dengan pengalaman yang akan kamu dapat.

Sayangnya Pantai Timang agak minim fasilitas sebagai penunjang wisata. Fasilitas yang tersedia hanya berupa instalasi panel tenaga surya pada malam agar tidak gelap. Jika kamu berencana untuk berwisata di Pantai Timang sebaiknya persiapkan bekal dan perlengkapan pribadi yang cukup ya.  Eits, meskipun fasilitasnya kurang memadai, tapi penduduknya sangat ramah dan akan selalu siap menerima kedatanganmu.

Mulai penasaran dengan Pantai Timang? Siapkan waktu dan budget yang cukup ya. Selamat berliburan anti mainstream. Jangan beralih dulu, cek juga ulasan tentang Pantai Jogan, yang bisa jadi pilihan wisata yang lebih santai.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan