Pantai Slili, Surga Kecil Yang Menyajikan Keindahan Di Antara Dua Bukit

Jogja memang seperti tidak kehabisan ide untuk menghadirkan wisata-wisata kece dan menakjubkan yang membuat kita selalu ingin mengunjunginya. Terdapat banyak wisata keren di Jogja seperti taman pelangi dengan konsep gemerlap cahaya lampion lalu ada de arca statue art museum patung lilin tokoh-tokoh dunia. Yang terbaru dan sedang viral adalah Pantai Slili.

Indahnya Pantai Slili Nan Biru Mempesona

Pantai Slili merupakan destinasi wisata baru di Jogja dan sedang viral di kalangan traveler. Pantai ini masih terbilang baru, jadi tidak heran jika kamu merasa asing dengan nama Pantai Slili. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang masih alami dan lautnya yang berwarna biru sangat mempesona. Secara panjang garis pantai, spot Slili tergolong pantai dengan garis pantai terpendek, berbeda dengan pantai lainnya di Jogja seperti Pantai Kukup maupun Pantai Indrayanti. Disini hanya memiliki garis pantai sepanjang 100 meter. Cukup pendek untuk ukuran pantai pada umumnya. Letaknya diapit oleh dua bukit di kiri dan kanan yang memisahkan Pantai Krakal di sebelah barat dan Pantai Sadranan di bagian timur. Namun, suasana Pantai Slili tidak kalah dengan pantai terkenal lainnya di jogja.

Pantai Slili
Birunya pantai slili memesona.
Source: Visitingjogja.com

Pantai Slili memiliki dasar pantai dengan batu karang dan dihiasi oleh terumbu karang. Hanya saja kamu tidak akan bisa snorkeling di pantai ini, karena pantainya dangkal sehingga terumbu karangnya kurang berkembang. Saat musim kemarau tiba, kawasan pantai yang berkarang akan ditumbuhi rumput laut dan menjadi tempat persembunyian bermacam biota laut. Hal itu tentu saja menjadi berkah bagi masyarakat sekitar, sehingga mereka beralih profesi dari petani sawah atau lading menjadi nelayan atau pencari rumput laut dan kerang.

Spot Foto Terbaik Di Atas Bukit

Terdapat sebuah jalan setapak yang akan mengantarmu menuju bukit yang berada di antara Pantai Krakal dan Pantai Slili. Dari bukit itulah kamu akan puas menikmati panorama dua sisi pantai. Bentangan pantai dan ombak laut selatan yang besar tampak elok jika disaksikan dari bukit ini.

Rute Termudah Menuju Pantai Ini

Lokasi Pantai Slili terletak di desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Jogja. Akses jalan yang kamu tempuh cukup nyaman. Lokasi pantai ini kurang lebih sekitar 64 kilometer dari Pusat Kota Jogja. Waktu tempuhnya sekitar 2 jam perjalanan. Rute yang dapat kamu tempuh adalah mulai dari Jogja berangkat menuju ke Wonosari lalu ke Pantai Baron. Dari pertigaan tempat pemungutan retribusi Pantai Baron belok ke kiri dan ambil arah ke Pantai Kukup, Sepanjang, Drini, Pantai Sarangan, Pantai Krakal. Pilih jalan ke Pantai Slili, Sadranan atau Ngandong. Sampai di Pantai Krakal, kamu akan menemui pertigaan, belok ke kanan. Kamu hanya perlu mengikuti papan petunjuk menuju ke Pantai Slili.

Harga Tiket Masuk Yang Masih Murah

Tiket masuk ke Pantai Slili sudah sepaket dengan Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Krakal, Pantai Sundak, Pantai Indrayanti dan Pantai Pok Tunggal. Dengan membayar biaya retribusi sebesar Rp. 10.000,- kamu sudah bisa menikmati semua pantai itu. 9 in 1. Murah sekali kan? Biaya parkirnya dikenakan tarif Rp. 2.000,- untuk motor, Rp. 5.000,- untuk mobil dan Rp. 15.000,- untuk bus. Selain Parkir, fasilitas pendukung tempat wisata seperti Toilet dan Kamar mandi sudah tersedia. Terdapat Mushola dan Gazebo yang terdapat di pinggir pantai yang dapat dimanfaatkan tanpa harus membayar. Terdapat warung yang menyajikan beragam menu makanan olahan laut di kawasan pantai. Harganya bervariasi tergantung dari menu yang kamu pesan. Selain itu tersedia beberapa penginapan yang dapat kamu sewa dengan harga variatif tergantung dari fasilitas yang kamu pilih.

Nah, menarik sekali kan? Kamu bisa merencanakan untuk berkunjung ramai-ramai ke Pantai Slili bersama rekan kerjamu. Oh ya, cek juga ulasan untuk Pantai Indrayanti, karena lokasinya tidak jauh dan masih satu paket.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan