Serunya Snorkeling di Pantai Sadranan yang Menawan

Pantai Sadranan

Gunungkidul adalah salah satu Kabupaten di Jogja yang memiliki segudang pantai tersembunyi yang memiliki keindahan tersendiri. Rasanya dari ujung barat Gunungkidul sampai ke ujung timurnya memiliki pantai yang sangat unik dan tidak akan bisa ditemukan di tempat lain yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah Pantai Sadranan, pantai yang bisa dijadikan sebagai lokasi snorkeling selain Pantai Nglambor yang sudah lebih dulu dikenal.

Pantai Sadranan sendiri memiliki karakter pantai yang hampir sama dengan beberapa pantai di Gunungkidul yaitu pasirnya yang bewarna putih dan terdapat karang pada bagian pinggirnya. Namun disini karangnya terlihat lebih sedikit, itulah mengapa pantai ini terasa lebih luas karena memang di dominasi oleh pasir pantainya yang putih. Pantai ini terbilang cukup sepi dikunjungi pada hari biasa dan inilah yang menjadi daya tariknya. Karena suasana menjadi lebih sepi dan tenang sehingga kamu bisa lebih leluasa untuk menikmati keindahan alamnya.

Lokasi Pantai Sadranan

Pantai Sadranan terletak di antara pantai Krakal dan Indrayanti, secara lebih tepatnya berada di Kecamatan Tepus Gunungkidul. Untuk bisa sampai ke pantai ini maka kamu bisa melewati jalan wonosari dan mengikuti petunjuk yang telah terpasang jelas di jalan-jalan menuju ke pantai di Gunung Kidul. Seperti ke tempat wisata lain yang ada di Gunung Kidul maka lebih baik kamu menggunakan kendaraan pribadi. Atau jika kamu berada dari luar daerah maka bisa sewa mobil Jogja yang bisa dengan mudah ditemukan di sekitar Bandara maupun Terminal.

penginapan pantai sadranan
Sumber: MOTIVASInews.com

Baca Dulu:

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Pantai Sadranan saat ini sudah cukup lengkap yaitu tersedianya rumah makan atau warung yang menyediakan berbagai masakan. Kemudian ada juga tempat untuk beribadah, toilet, dan juga gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat. Selain itu untuk kamu yang ingin menginap maka bisa juga karena terdapat penginapan yang berada di atas bukit. Atau jika ingin lebih menikmati alamnya maka bisa juga membangun tenda dan bercamping di pinggiran pantai.

Daya tarik Sadranan

Yang menjadi daya tarik utama dari Sadranan selain dari pemandangan pantainya adalah keindahan alam bawah lautnya. Kamu bisa menikmati keindahan tersebut dengan bersnorkeling, selain terumbu karangnya yang indah disini kamu bisa juga mendapatkan beberapa jenis ikan yang cukup langka dan dilindungi.

rute pantai sadranan
Sumber: youtube.com

Untuk bisa snorkeling kamu bisa menyewa peralatan yang disediakan dengan harga 35 ribu rupiah saja. Murah bukan ? alat-alat yang diberikan berupa jaket pelampung, kacamata, serta sepatu. Untuk mendapatkan pemandangan terbaik maka bisa datang kesini pada waktu pagi hari yaitu sekitar pukul 6 hingga 8 pagi.

Namun jika ingin datang pada sore hari juga bisa yaitu pada pukul 4 hingga 6 sore, sebaiknya tidak melakukan snorkeling pada siang hari karena selain terik matahari yang panas pada waktu itu juga air laut tengah pasang sehingga akan cukup berbahaya. Setelah puas snorkeling kamu bisa juga nih menikmati air di pantai dengan cara yang lain yaitu dengan menyewa kano. Kapal kecil yang bisa digunakan untuk berkeliling di lautan pinggir pantai, atau jika sudah lelah bermain air kamu bisa bersantai di pinggir pantai saja sambil melihat pemandangan.

Nah bagaimana tertarik untuk snorkeling di Pantai Sadranan atau sekedar ingin menikmati suasana pantainya. Yuk segera susun jadwalmu supaya bisa menyempatkan waktu untuk berkunjung kesana. Sebaiknya hindari kesana pada waktu liburan ya karena sudah pasti akan ramai dan jalan menjadi macet.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan