Pantai Peyuyon, Pecahan Surga Di Antara Himpitan Tebing

Pantai Peyuyon

Gunungkidul menyimpan potensi wisata yang tiada habisnya. Banyak deretan pantai baru yang mulai bermunculan di kawasan ini. Jika kamu ingin mencoba menghabiskan liburan dengan mencoba suasana baru dan dibumbui dengan sedikit petualangan, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Pantai Peyuyon.

Indahnya Pantai Peyuyon Cocok Untuk Destinasi Week End Kalian

Pantai ini menawarkan suasana alam yang menenangkan. Keindahan alamnya pun sangatlah mempesona, tidak kalah dengan pantai lain yang lebih populer. Suasana pantainya sangat tenang dan sepi. Di pantai ini, kamu akan dimanjakan dengan pesona pantai yang dihiasi oleh hamparan pasir putih berpadu dengan ombak lautan berwarna biru dan hijaunya pandan di sekitar pantai. Di kawasan pantai ini kamu bisa mengeksplore keindahannya di setiap sudut dan mencari spot-spot cantik untuk berfoto. Tidak hanya menawarkan keindahan pantai, lokasi ini juga menjadi spot favorit bagi para penggemar aktivitas memancing. Jadi, jika berminat untuk menikmati liburan sambil menyalurkan hobby memancing, Pantai Peyuyon bisa menjadi pilihan yang pas.

Pantai Peyuyon

Pantai Peyuyon dihimpit oleh dua tebing yang gagah pada sisi barat dan timur. Keberadaan tebing di kedua sisi semakin menambah kesan eksotis. Demikian juga dengan cekungan gua yang terletak di bawah tebing sebelah barat. Di sini kamu bisa mendirikan tenda dan menikmati keindahan Pantai Peyuyon sepuasnya. Suasananya yang sepi dengan panorama yang eksotis yang ditawarkan membuat pantai ini menjadi salah satu spot camping favorit.

Ada Tempat Untuk Camping Di Pantai Ini

Selain di kawasan gua Pantai Peyuyon, kamu juga bisa mendirikan tenda di bukit yang terletak di sebelah timur, bukit ini dinamakan dengan Bukit Widodaren. Bukit ini menawarkan pemandangan pantai yang tidak kalah menawan dari atas ketinggian. Selain karena pemandangannya yang lebih bagus, spot ini relative aman dari kemungkinan terjadinya air pasang.

Pantai lain yang tak kalah indah:

Lokasi dan Alamat Lengkap Pantai Peyuyon

Pantai ini beralamat di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Jika berminat untuk mengunjugi pantai ini, sebaiknya melewati rute yang sama menuju ke Pantai Ngrenehan. Dari Yogyakarta berangkat menuju Piyungan. Setelah itu arahkan kendaraan hingga ke Patuk, lanjut ke Gading, setelah menjumpai pertigaan Gading lalu belok kanan menuju pasar Paliyan, lanjut menuju ke pasar Paliyan ke arah Puslatpur TNI,  lurus ke selatan hingga Saptosari. Lanjut menuju ke Pasar Trawono menuju ke arah Pantai Ngrenehan. Sebelum sampai di lokasi Pantai Ngrenehan, belok kiri ke arah Pantai Widodaren. Namun sebelum sampai ke Widodaren belok kiri lewat jalan cor blok lalu dilanjutkan jalan berbatu. Terus saja hingga menemukan gubug milik petani dan memarkirkan kendaraan ditempat ini.

Setelah itu, perjalanan dilakukan dengan berjalan kaki sekitar 500 meter. Kamu diajak untuk melewati jalan setapak yang menantang yang di kanan kirinya terdapat banyak semak belukar. Kamu pun bisa berhenti sejenak untuk sekedar menikmati pemandangan yang disuguhkan. Tanda bahwa kamu semakin dekat dengan lokasi pantai adalah suara debur ombaknya yang akan terdengar dari kejauhan.

Tiba di Pantai Peyuyon kamu diharuskan untuk menuruni tebing setinggi sekitar 4 meter melewati tangga kayu sederhana. Rute perjalanan yang kamu lewati cukup melelahkan dengan medan yang terjal membuat liburanmu terasa semakin berkesan. Rasa lelah akan terbayar setelah melihat pesona keindahan pantai yang tersaji di depan mata.

Biaya Tiket Masuk Yang Relatif Murah

Pantai ini memang masih belum banyak terjamah. Jadi, fasilitas di pantai ini juga masih sangat minim, hanya tersedia tempat parkir dan area camping. Namun hal ini tidak akan mengurangi pesona pantai cantik ini yang menyajikan sensasi liburan ala private beach. Harga tiket masuk menuju ke pantai ini relative murah yaitu Rp. 5.000,-, sedangkan untuk ongkos parkirnya dipatok dengan harga sukarela.

Tertarik untuk mencoba berlibur dengan sensasi ala private beach di Pantai Peyuyon? Persiapkan dirimu.