Pantai Ngobaran, Pesona Multikulturalisme Hingga Landak Laut Goreng

pantai ngobaran

Menurut kebanyakan orang, Jogja merupakan surga bagi para pecinta wisata alam, baik wisata alam pegunungan dan hingga wisata pantai. Saking banyaknya, hingga membuat orang bingung ingin mengunjungi pantai mana di Jogja. Ini karena pantai di kota Gudeg ini terkenal dengan pemandangan alam yang berbeda satu sama lain. Menawarkan pesona dan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Salah satu pantai yang mempunyai daya tarik istimewa adalah Pantai Ngobaran.

Panorama Indah Laut Berbalut Kereligiusan

Yang membuat berbeda dari pantai lain adalah Pantai Ngobaran memiliki pesona budaya, mulai dari bangunan hingga makanan penduduk setempat. Yang paling menarik adalah adanya tempat ibadah untuk empat agama atau keyakinan yang bangunannya terletak sangat berdekatan. Apakah hal ini merupakan bentuk multikulturalisme? Entahlah.

pantai ngobaran
Indahnya bikin terkenang-kenang.
Source: Jogja.co

 

Bangunan yang terlihat jelas adalah pura dengan patung-patung dewa yang berwarna putih. Berjalan ke arah kiri dari tempat peribadatan, kamu akan menemui bangunan Joglo yang digunakan untuk tempat ibadah pengikut Kejawen. Menyusuri jalan setapak yang ada di depan Joglo, kamu akan menemukan sebuah kotak batu yang ditumbuhi tanaman kering. Tanamannya dipagari oleh kayu berwarna abu-abu.

Beberapa meter dari tempat ranting kering tumbuh terdapat pura sebagai tempat ibadah umat Hindu. Di bagian depan tempat ranting terdapat sebuah masjid. Bangunan masjid sangat  sederhana karena lantainya masih berupa pasir seperti menyatu dengan pantainya. Yang membuat unik adalah, jika kebanyakan masjid di Indonesia menghadap ke arah barat, masjid di pantai ini menghadap ke selatan. Bagian depan tempat imam memimpin sholat terbuka sehingga dapat langsung melihat lautan. Penduduk setempat sendiri tidak tahu dan heran karena arahnya yang tak biasa. Sebagai petunjuk bagi yang akan sholat, penduduk setempat memberi tanda di tembok dengan pensil merah tentang arah kiblat yang sebenarnya.

Sisi Keindahan Pantai Ngobaran Yang Perlu Kalian Ketahui

Setelah puas menyusuri situs peribadatannya, kamu bisa berjalan turun menuju ke pantai. Pantai Ngobaran merupakan pantai yang eksotik. Saat air surut, kamu bisa melihat hamparan rumput laut mulai dari yang berwarna hijau dan coklat. Jika kamu lihat dari atas, hamparan alga tumbuh di sepanjang sela-sela karang dan mirip seperti area persawahan. Bermacam jenis binatang laut juga dapat dengan mudah kamu temui di sela-sela karang, mulai dari landak laut, bintang laut, hingga kerang-kerangan.

Jika datang pagi, kamu akan menjumpai penduduk sekitar pantai memanen rumput laut. Namun, jika datang sore, biasanya kamu akan menjumpai warga sedang berburu landak laut untuk dijadikan santapan malam. Untuk bisa memakannya, durinya harus dibersihkan hingga rata kemudian dipecah menggunakan sabit dan mencongkel daging yang ada di dalamnya. Landak laut diolah dengan diberi bumbu berupa garam dan cabe kemudian digoreng. Daging landak laut cukup kenyal dan lezat. Sayangnya, tak banyak penduduk yang menjual makanan yang eksotik itu. Tapi jika ingin memesan, kamu bisa meminta penduduk untuk memasakkan.

Rute Termudah Dan Harga Tiket Masuk Ke Pantai Ini

Lokasi Pantai Ngobaran terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Jogja. Rute menuju ke pantai Ngobaran sangat mudah. Dari kota jogja menuju ke jalan Imogiri Timur. Lurus sampai di pertigaan pasar Imogiri kemudian belok ke arah kanan. Setelah itu lurus kemudian belok kiri menuju ke arah Selopamioro, hingga menemukan jalur lintas selatan. Tinggal mengikuti jalurnya saja hingga menemukan papan petunjuk ke Pantai Ngobaran di kanan jalan.

Fasilitas di pantai Ngobaran cukup lengkap. Terdapat toilet, kamar mandi, toko souvenir dan warung seafood. Biaya tiket masuknya sangat murah, hanya Rp. 3.000,- per orang. Cukup murah dengan keindahan yang mempesona. Biaya parkir Rp. 2.000,- untuk motor dan Rp. 5.000,-  untuk mobil. Jika bertemu dengan penjual peyek rumput laut, kamu bisa membelinya dengan Rp. 2.000,- perbungkus. Sangat murah kan?

Apakah kamu mulai penasaran dengan keindahan pantai, tempat peribadatan hingga makanannya yang menggoda yang mungkin tidak ada di tempat lain ini? Yuk segera rencanakan liburanmu. Jangan lupa, masih ada Pantai Wediombo yang perlu kamu baca ulasannya, dan kunjungi pantainya.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan