Pantai Ngetun, Lokasi Tepat Untuk Melarikan Diri Dari Riuh Perkotaan

Pantai Ngetun

Jika kamu suka berwisata pantai, Yogyakarta merupakan tujuan yang tepat. Kota Gudeg ini menawarkan banyak destinasi wisata pantai dengan keindahan masing-masing. Salah satu pantai di Yogyakarta yang layak dikunjungi adalah Pantai Ngetun.

Pesona Pantai Teluk Ngetun Yang Indah, Masih Alami

Pantai Ngetun memiliki karakteristik yang hampir sama dengan pantai-pantai lainnya yang berada di kawasan Gunungkidul yang sudah populer bagi wisatawan. Pantai ini memiliki daya tarik bagi pengunjung dengan menyuguhkan banyak pemandangan alam. Kicauan burung yang berada di pepohonan di sekitar pantai akan menyambut pengunjung yang datang. Tentu hal ini semakin menambah suasana pantai menjadi menenangkan.

Air lautnya terlihat jernih kebiruan. Hal ini karena pantainya memang masih terbebas dari sampah-sampah atau limbah penduduk. Keasliannya masih terjaga dengan sempurna. Lautnya yang biru berpadu dengan warna pasir yang putih dan bersih membuat pantai ini tampak mempesona. Sangat  tepat  untuk dijadikan background foto.

Pantai Ngetun Jadi Tempat Penyu Bertelur

Yang tidak kalah menarik yaitu, pantai ini merupakan tempat untuk mendarat dan bertelur penyu. Pantai yang relatif sepi akan sangat aman untuk berbagai aktivitas penyu. Pemandangan seperti ini cukup jarang ditemui di pantai lain. Saat air sedang surut, akan tampak karang-karang kecil yang menghiasi tepi laut. Ikan-ikan kecil tampak tersangkut di antara karang. Terdapat juga tanaman laut yang tampak di sekitar karang. Sangat eksotis bukan? Akan sayang sekali jika dilewatkan. Pengunjung juga dengan mudah menjumpai berbagai jenis binatang laut seperti kalomang, ubur-ubur, dan masih banyak yang lainnya. Seperti sebuah aquarium alami yang menyajikan berbagai keindahan bermacam-macam biota laut.

Cek juga review wisata berikut ini:

Pantai ini juga menjadi tempat favorit untuk aktivitas memancing. Banyak warga sekitar yang berburu lobster disekitar pantai. Spot-spot favorit para pengunjung untuk memancing yaitu di atas bukit dan di tepi pantai. Oiya, selain untuk  memancing, pantai ini merupakan lokasi tepat untuk camping. Pantai ini menawarkan camping ground yang nyaman.

Pantai Ngetun

Jika berminat untuk melihat wajah lain dari pantai ini, pengunjung ditawarkan dengan puncak bukit yang ditemukan di samping pantai. Bukit ini sering dimanfaatkan untuk melihat landscape pantai dan laut secara keseluruhan. Puncak bukit ini dinamakan dengan Watu Bangku dan Watu Gentong. Bukit inilah yang dijadikan sebagai spot favorit untuk memandang hamparan lautan luas dan Pantai Ngetun yang menawan.

Lokasi dan Alamat Lengkap Pantai Ngetun

Pantai ini beralamat di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Rute pertama yang bisa ditempuh untuk mencapai pantai ini yaitu jika berangkat dari kota Yogyakarta melewati Wonosari lalu menuju ke arah Baron, setelah menjumpai Pertigaan Mulo–Tepus, belok ke arah kiri atau ke timur hingga masuk ke Kecamatan Tepus, lurus saja hingga sampai ke Pantai Ngetun.

Rute kedua yang dapat ditempuh untuk menuju pantai ini yaitu Berangkat dari Kota Yogyakarta menuju ke Ringroad Jalan Wonosari lalu ke arah Patuk kawasan Bukit Bintang, lalu menuju Sambipitu, menuju ke arah Gading atau lapangan terbang, setelah itu menuju ke arah Wonosari, kemudian menuju ke Siono hingga sampai di Wonosari, setelah sampai di perempatan Baleharjo lurus melewati Mijahan, lalu menuju Semanu hingga menjumpai perempatan, setelah itu belok kanan, sampai di Pasar Minggu lurus hingga Cuwelo, lalu menuju ke Giri Panggung hingga sampai di Ngawar-awar, setelah menjumpai pertigaan Balong belok kanan menuju Purwodadi, lalu menuju ke Ndakbong, sampai di Gesing lurus hingga menemukan SDN Gembuk, setelah itu belok kiri mengikuti jalan kecil beraspal, ikuti saja hingga sampai di Pantai.

Biaya Tiket Masuk Yang Terjangkau

Biaya tiket masuk menuju ke kawasan pantai ini adalah sebesar Rp. 6.000,- . Sedangkan untuk biaya parkirnya adalah sebesar Rp. 3.000,- untuk sepeda motor dan Rp. 5.000,- untuk mobil. Fasilitas umum sebagai penunjang kebutuhan pengunjung sudah cukup lengkap yaitu tempat parkir, toilet, warung makanan dan mushola.

Tertarik dengan liburan yang jauh dari riuhnya suasana perkotaan? Pantai Ngetun solusinya.