Pantai Kukup, Pesona Tanah Lotnya Gunungkidul Jogja

Pantai Kukup

Jogja Gunung Kidul memang dikenal dengan banyaknya wisata pantai, dan salah satunya adalah Pantai Kukup. Pantai ini cukup dikenal karena memiliki keindahan gulungan ombaknya, view inilah yang menjadi salah satu daya tariknya. Jadi jangan heran jika berkunjung kesana akan banyak sekali menemukan turis yang datang.

Selain menikmati keindahan gulungan ombak ketika berlibur kesana anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan pasir yang luas. Secara keseluruhan pantai ini memiliki karateristik sama dengan beberapa wisata pantai yang ada di Gunung Kidul yaitu adanya bukit karang yang menambah pesona.

Lokasi Pantai Kukup

Pantai ini terletak di desa Kemadang yang berada di Kecamatan Tanjungsari. Berada dalam satu jalur dengan pantai yang lainnya dan memiliki jarak sekitar 1 kilometer saja dari Pantai Baron. Untuk menuju kesini maka anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 2 jam perjalanan. Memiliki jalur yang berkelok dan juga naik turun namun tidak perlu khawatir karena akses jalannya sudah cukup baik.

sejarah pantai kukup
Sumber: paketwisata.id

Fasilitas di Pantai Kukup

Wisata pantai Kukup bisa dibilang memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari lahan parkir yang luas dan juga aman. Tempat kuliner juga akan banyak anda temukan disana, tempat ibadah, dan kamar mandi juga telah banyak didirikan. Di sekitar pantai juga terdapat beberapa penginapan yang bisa anda gunakan ketika akan menginap disini.

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki pantai ini anda hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar 10 ribu rupiah sebagai retribusi masuk untuk beberapa pantai lainnya juga. Jadi sangat menyenangkan karena anda bisa berkunjung ke pantai sekitar tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan.

tiket masuk pantai kukup
Sumber: Travelingyuk.com

Menikmati Pantai Kukup

Di pantai Kukup memang dikenal memiliki keindahan deburan ombak yang cukup besar jadi sebaiknya tidak berenang terutama ketika mengajak anak-anak anda perlu lebih waspada. Meskipun demikian anda akan tetap bisa menikmati pemandangan alamnya dengan cara menyusuri pantai atau bisa juga menyaksikan pemandangan dari atas bukit karang.

Untuk menuju ke atas anda hanya perlu berjalan menyusuri jembatan permanen yang telah disediakan. Jembatan ini memang sengaja di bangun untuk bisa menjadi penghubung antara pulau karang dengan bbir pantai. Angin yang bertiup disini memang cukup kencang sehingga membuat suasana pantai menjadi sejuk dan segar. Hal menarik lain yang bisa anda temukan di Pantai Kukup adalah aneka ragam binatang lautnya seperti ikan hias yang bisa anda temukan.

Sumber: tempatwisatamenarikdikunjungi.blogspot.com

Selain aneka ragam ikan hiasnya jika anda beruntung maka bisa pula menemukan binatang lain seperti kepiting dan bintang laut. Bagi anda yang ingin mengkonsumsi makanan laut maka tidak perlu susah-susah menangkapnya sendiri karena di pinggiran pantai cukup banyak pedagang yang menjajakan makanan khas laut.

Bagi anda yang ingin mendapatkan pemandangan yang berbeda ketika berkunjung ke pantai Kukup maka bisa datang pada bulan Suro. Pada bulan tersebut biasanya masyarakat sekitar akan mengadakan ritual sedekah laut sehingga bagi anda penggemar kegiatan budaya ini akan menjadi daya tarik tersendiri. Ritual Jawa yang dilakukan tersebut konon katanya ditujukan kepada Nyai Roro Kidul sebagai penguasa Laut Selatan. Sedekah ini dilakukan dengan cara melarung berbagai sesaji dan dipimpin oleh seorang juru kunci.

Nah bagaimana tertarik untuk berkunjung ke wisata pantai Kukup ini ? jika ingin datang maka sebaiknya pada sore hari sehingga air pantai sedang surut. Bagi anda yang berencana kesana namun tidak memiliki kendaraan pribadi maka bisa menggunakan rental mobil Jogja.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan