Pantai Jungwok, Pantai Alami Nan Sepi Serasa Milik Sendiri

Pantai Jungwok

Saat ini berwisata seperti sudah menjadi gaya hidup, terutama saat liburan datang. Destinasi wisata yang sering dikunjungi adalah wisata pantai. Yogyakarta menawarkan banyak wisata pantai, salah satunya adalah Pantai Jungwok.

Pantai Jungwok merupakan pantai yang masih alami. Mungkin namanya terdengar asing bagi  sebagian wisatawan. Namun, kondisi itu sepertinya menjadi magnet utama, karena banyak wisatawan yang menginginkan untuk dapat berwisata ke tempat-tempat yang belum banyak terjamah. Destinasi wisata yang masih sedikit pengunjung akan membuat pengunjung yang datang bisa menikmati keindahan pantai dengan leluasa.

Daya Tarik Pantai Jungwok Yogyakarta

Daya tarik dari Pantai Jungwok adalah panoramanya yang indah. Pantai ini mempunyai pasir putih bersih dengan garis pantai yang panjang. Namun saat air laut sedang surut, akan tampak karang-karang yang berada di garis pantai, sehingga pengunjung diharapkan untuk tetap berhati-hati karena karangnya yang tajam. Saat air sedang surut, pengunjung bisa berjalan-jalan di sisi  pantai untuk menikmati keindahan di beberapa spot. Jika kebetulan datang menggunakan alas kaki yang nyaman, pengunjung dapat mencoba untuk mendatangi batu karang yang letaknya dekat dengan pantai karena di sana terdapat sebuah kolam yang terbentuk secara alami. Kolam ini merupakan lubang yang berisikan air saat laut sedang surut. Pengunjung diperkenankan untuk berenang di kolam ini.

Pantai Jungwok

Pantai Jungwok memiliki keunikan lain yaitu memiliki sungai air tawar. Sungai ini terbagi menjadi tiga aliran air, dan semuanya bermuara ke pantai ini. Sungai ini seperti membelah pantai menjadi tiga bagian. Panorama ini tentu saja semakin menambah pesona keindahan pantai. Pengunjung juga dapat naik ke Bukit Manjung untuk melihat wajah lain dari Pantai Jungwok dari ketinggian. Pemandangan yang tampak dari atas bukit sangat eksotis. Garis pantai tampak lebih jelas berpadu dengan pulau karang yang tampak seperti mencuat dari lautan. Pulau karang ini terlihat sangat mencolok di dekat bibir pantai. Di atas batu karang inilah tidak jarang pengunjung melakukan aktivitas memancing.

Kunjungi juga wisata berikut ini:

Lokasi Mancing dan Camping yang Seru

Aktivitas yang bisa dilakukan di destinasi wisata ini selain memancing adalah berkemah atau camping di pinggir pantai. Wisatawan yang hobby berpetualang dan ingin camping di pantai Gunungkidul, pantai ini bisa menjadi alternative lokasi camping yang menarik. Untuk mencapai ke lokasi ini akan memakan banyak tenaga. Karena itulah, banyak wisatawan yang sengaja kesini untuk camping, agar perjalanan panjang yang melelahkan tidak akan menjadi sia-sia.

Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk ke Pantai Jungwok

Lokasi pantai ini berada di dekat Pantai Wediombo. Pantai ini beralamat di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta. Karena jaraknya cukup dekat dengan Pantai Wediombo, sebagian besar pengunjung memarkirkan kendaraan di Pantai Wediombo, setelah itu berjalan kaki menuju Pantai Jungwok. Perjalanan dari Wediombo ke Jungwok inilah yang seru. Medan yang dilewati cukup menantang. Namun, lelah selama trekking akan terbayar lunas setelah sampai di Pantai Jungwok.

Rute untuk menuju ke destinasi wisata pantai ini jika berngkat dari pusat kota Yogyakarta adalah berkendara menuju ke arah Wonosari. Ikuti jalan ini hingga sampai di Piyungan lalu menuju ke Gedang Sari, setelah itu menuju ke Playen, setelah menjumpai persimpangan Semanu, ambil arah menuju ke Candirejo. Disini akan menjumpai papan penunjuk jalan menuju Pantai Wediombo. Sampai di tempat ini berarti perjalanan semakin dekat, tinggal mengikuti petunjuk maka pengunjung sampai ke lokasi Pantai Wediombo dan memarkirkan kendaraan, kemudian dilanjutkan trekking menuju Pantai Jungwok.

Objek wisata ini bisa dikunjungi dengan biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000,-. Fasilitas di sekitar tempat wisata ini tidak lengkap, toilet pun sulit ditemukan. Jika berniat untuk berkunjung dan camping di pantai ini sebaiknya membawa bekal dan peralatan yang lengkap.

Pantai ini bisa menjadi pilihan tepat untuk menghemat biaya berlibur. Bisa juga dijadikan referensi tempat camping untuk menyambut malam pergantian tahun yang sepi dan seru.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan