Merdunya Percikan Air Terjun Berpadu Gemuruh Ombak Di Pantai Jogan

pantai jogan

Deretan pantai yang membujur dari timur hingga barat di Kota Jogja tidak akan pernah membuat merasa bosan. Meskipun deretan pantai di Jogja agak berdekatan, masing-masing pantai mempunyai ciri khasnya sendiri. Lupakan adegan berlarian di pinggir pantai sambil bermain pasir, di salah satu pantai ini kamu justru akan mendengarkan merdunya gemercik air terjun yang jatuh ke laut. Dimana lagi kalau bukan di Pantai Jogan, wisata pantai berpadu dengan wisata air terjun.

Pantai Jogan merupakan satu-satunya pantai di Gunungkidul yang memiliki air terjun. Pantai ini adalah satu pantai yang mempunyai keunikan serta belum banyak terjamah pembangunan. Jumlah pengunjung yang datang tiap harinya masih tergolong sedikit. Air terjunnya berasal dari dua sungai kecil yang mengalir dari atas tebing. Aliran sungai yang bersatu mengalir menuruni bebatuan menciptakan air terjun yang indah. Jika kamu amati, air terjun ini memiliki tinggi kurang lebih 12 meter dari atas. Jika musim penghujan tiba, air akan mengalir dengan sangat deras. Air yang dihasilkan dari sungai tersebut berasa tawar.

Suara Gemericik Bercampur Suara Ombak Di Pantai Jogan

Di tempat ini kamu bisa memilih caramu sendiri untuk menghabiskan waktu liburanmu. Jika kamu ingin menikmati guyuran air terjun, kamu harus turun ke bawah dengan dua pilihan. Pertama, dengan teknik canyoning atau rappelling di air terjun. Dengan cara ini kamu harus punya keberanian dan kemampuan dengan dukungan peralatan tentunya. Cara kedua, menapaki turunan yang basah dan licin. Eits, tenang, sudah tersedia kayu-kayu untuk pegangan sebagai penopang tubuhmu kok. Tapi jangan lupa, tetap hati-hati karena jalurnya agak curam.

Pantai Jogan
Sudut pandang lain juga tak kalah indahnya.
Source: berbagi-catatanku.blogspot.com

Sampai di bawah, barulah kamu bisa melihat keunikan air terjun yang airnya mengucur langsung menuju pantai. Terdapat karang yang dihuni oleh ratusan hingga ribuan bayi kepiting dengan ukuran kecil dengan warna transparan. Berjalan kaki telanjang rasanya bukan hal yang cukup mudah ya? Sesekali waktu kamu juga akan menemukan ratusan kupu-kupu bergerombol di batu-batu kering menambah cantik suasana. Keren kan?

Alamat Pantai Ini Masih Di Sekitaran Gunungkidul

Pantai Jogan berlokasi di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Jogja. Dari kota Jogja, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 70 KM dengan waktu tempuhnya selama dua jam. Lokasi pantai ini tidak jauh dari Pantai Siung, jadi harga tiketnya sudh termasuk harga tiket masuk ke Pantai Siung. Dengan kendaraan pribadi, jalur yang harus kalian tempuh adalah melalui Ringroad Jalan Wonosari, setelah melewati Pemda Gunungkidul menuju kearah Pasar Hargosari. Sebelum Polres terdapat pertigaan ambil arah ke kiri menuju Pantai Siung. Setelah mengikuti papan penunjuk arah Pantai Siung, kamu sampai di Purwodadi. Sebelum balai desa terdapat belokan ke kanan, disitu terlihat papan nama Pantai Jogan, Pantai Siung serta Pantai Nglambor. Jalan aspal berganti cor yang muat dilalui kendaraan roda 4 sepanjang 1 KM akan menyambutmu.

Murahnya Tiket Masuk Dan Fasilitas Di Dalamnya

Harga tiket masuk menuju Pantai Jogan relative murah, hanya dengan Rp. 5.000,- sudah termasuk parkir motor dan sudah termasuk tiket masuk menuju Pantai Siung. Fasilitas yang ada di sekitar Pantai Jogan masih begitu minim. Sayang sekali kan? Hanya ada parkiran dengan ukuran yang tidak terlalu luas dan beberapa warung makan yang biasa saja. Fasilitas penunjang wisata seperti toilet dan kamar mandi juga masih sangat sederhana, cukup jika kamu hanya perlu untuk mandi atau sekedar ganti baju.

Jika ingin menginap, kamu tidak akan menemukan penginapan atau hotel dikawasan pantai ini. Kamu disarankan untuk menginap di sekitar Pantai Indrayanti karena disana sudah tersedia penginapan dan resort murah. Berniat camping di sekitaran pantai? Boleh, hanya saja kamu harus izin pada pengelola pantai. Kamu juga harus menjaga kebersihan pantai dengan cara mengumpulkan sampah dan membuangnya di tempat yang sudah tersedia.

Berkunjung ke Jogja? Sempatkan untuk mengunjungi Pantai Jogan ya. Pemandangan dan pengalaman berlibur disini tidak akan membuatmu menyesal.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan