Pantai Indrayanti, Eksotisme Jogja Rasa Bali

pantai indrayanti

Bicara tentang Jogja seperti tidak ada habisnya. Selain menjadi kota pelajar, Jogja juga menjadi surga untuk menghabiskan waktu luang atau saat liburan datang menghampiri. Banyak destinasi wisata menarik yang di tawarkan. Salah satu pantai yang sangat wajib dikunjungi adalah wisata Pantai Indrayanti.

Mengabadikan Keindahan Panorama Pantai Terbaik Gunung Kidul

Pantai Indrayanti berada di kabupaten Gunungkidul. Pantai ini menawarkan eksotisme hamparan pasir putih dengan pemandangan yang membuat jantungmu seakan berhenti berdetak. Pantai ini memberikan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Tidak heran jika banyak pengunjung yang terus berdatangan terutama saat akhir pekan. Rasanya, Pantai Indrayanti sangat tepat dijadikan tujuan untuk refreshing bersama keluarga ataupun sahabat.

Pantai Indrayanti
Salah satu spot baru di Pantai Indrayanti. Source: YouTube

Hamparan pasir putih yang membentang berpadu dengan air laut berwarna biru seperti menjadi pesona yang tiada duanya. Ditambah lagi dengan adanya bukit yang bisa didaki untuk melihat indahnya pantai ini dan bentangan Samudra Hindia dari ketinggian.

Banyak wisatawan yang menjuluki Pantai Indrayanti dengan sebutan “Pantai Jogja rasa Bali”, karena suasananya yang tidak jauh berbeda dengan Kuta. Hamparan pasirnya tidak seperti pasir di Pantai Parangtritis yang berwarna hitam, namun berwarna putih bersih seperti pantai-pantai di Bali. Yang membuat nyaman adalah kawasan pantainya yang terlihat bersih, bebas dari sampah. Bersihnya kawasan pantai ini karena masyarakatnya yang sudah sadar wisata. Terdapat aturan yang diberlakukan bagi para pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan. Jika kedapatan membuang sampah sembarangan, akan dikenai denda sebesar Rp. 10.000,-. Untuk menegakkan aturan tersebut, pemerintah telah dibantu oleh pihak swasta untuk menyediakan tempat sampah yang di sebar di berbagai tempat, serta dilakukan pengawsan yang ketat di seluruh kawasan pantai.

Pasir Putih Dan Birunya Air Jadi Pesona Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti dibatasi oleh tebing karang ini hanya memiliki garis pantai yang sangat pendek jika dibandingkan dengan pantai lain yang ada di Bali. Garis pantainya hanya 250 meter. Namun, dengan pasirnya yang putih bersih berpadu dengan air lautnya yang bening dan panorama pantainya yang elok cukup membuat para pengunjung terpesona. Banyak aktifitas seru yang bisa kamu lakukan untuk bersenang-senang, mulai dari sekedar berjalan- jalan di pinggir pantai, menikmati jajanan dan mencoba berbagai macam kuliner, berenang hingga mencoba menguji adrenalin dengan menaiki Jet sky. Tarif yang ditawarkan sebesar Rp. 250.000,-.

Jika kamu ingin hanya sekedar ingin menikmati panoramanya, kawasan pantai ini juga tersedia gazebo dan payung peneduh seperti di pantai-pantai yang terdapat di Bali. Jika berniat untuk menikmati indahnya suasana pantai, disarankan untuk tidak meninggalkan tempat, karena puncak keindahannya justru saat beranjak sore. Rasanya kurang sempurna tanpa menyaksikan keelokan matahari tenggelam. Begitu indahnya fenomena sunset di Pantai Indrayanti membuat para pengunjung mengabadikan momen ini. Beranjak malam, kamu pun bisa bermalam di tepi pantai dengan mendirikan tenda.

Rute Termudah dan Harga Tiket Masuk

Fasilitas yang terdapat di pantai ini sangat lengkap, seperti toilet, warung makan, mushola serta penginapan. Biaya parkir Pantai Indrayanti sebesar Rp. 4.000,- untuk motor dan Rp. 15.000 untuk kendaraan roda empat. Harga tiket masuknya relative murah yaitu Rp. 10.000,- dan sudah termasuk tiket untuk berkunjung ke beberapa pantai yang ada di wilayah Gunungkidul yaitu Pantai Kukup, Drini, Baron, Sundak, Krakal, Pok Tunggal dan Sepanjang. Cukup murah kan?

Rute yang bisa di tempuh untuk menuju ke pantai ini adalah dengan melewati jalan Wonosari menuju kea rah piyungan. Lanjut ke Hargodumilah atau bukit bintang. Lanjut menuju ke Patuk, Hutan Bunder dan Wonosari kemudian belok ke kanan menuju kawasan Karangrejek. Kemudian belok kiri menuju Hargosari lalu ke Bintaos dan Tepus. Setelah sampai di Tepus, kamu akan menjumpai papan penunjuk arah ke pantai-pantai yang ada di wilayah Gunungkidul. Nah, salah satunya adalah Pantai Indrayanti.

Tunggu apalagi, segera jadwalkan waktu luangmu dan orang-orang tersayang untuk segera menyaksikan pantai eksotis ini. Jangan lupa baca dulu ulasan kami tentang Pantai Jogan, pantai indah dengan air terjun di tepiannya.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan