Pantai Glagah, Pemilik Deburan Ombak Anti Mainstream Di Jogja

pantai glagah

Jogja tidak hanya terdiri dari Kawasan Malioboro, Kaliurang dan Gejayan saja. Jogja menawarkan puluhan pantai dengan pemandangan indah dengan karakternya yang beragam. Terdapat satu pantai di kawasan Kota Gudeg ini yang sangat menarik perhatian banyak wisatawan yaitu Pantai Glagah.

Mendengarkan Deburan Ombak Memecahkan Galau Kalian

Pantai Glagah sangat berbeda dengan pantai lainnya di Kulonprogo karena pantainya memiliki pasir dengan warna hitam yang didominasi oleh pasir besi. Meskipun didominasi oleh pasir hitam, pantai ini tetap indah pada siang hari. Salah satu ikon dari Pantai Glagah adalah pemecah ombak dengan ukuran yang besar. Pesona keindahannya terletak di sekitar bibir pantai.

pantai glagah
Ombaknya yang kuat menghadirkan sensasi tersendiri.

Banyak wisatawan yang mengabadikan momen untuk berfoto dengan latar belakang pemecah ombak yang jumlahnya sangat banyak. Namun saat mengunjungi pantai ini, hal yang paling penting adalah harus selalu berhati-hati karena ombak di pantai ini terbilang cukup besar. Hanya dengan bermain air di pinggir pantai sambil menikati pesona ombak besar yang menghempas pemecah ombak sudah cukup membuat liburanmu lebih berkesan.

Keunikan Di Pantai Glagah Jadi Daya Tarik Tersendiri

Terdapat jalan setapak yang terbuat dari beton di tengah deretan pemecah ombak dan mengarah langsung ke laut. Jalan inilah yang berfungsi sebagai akses menuju ke dermaga. Para pengunjung yang datang memanfaatkan area pemecah ombak untuk memancing sambil menikmati angin laut dan debur ombak. Selain menawarkan pemandangan berupa pemecah ombak, terdapat sebuah laguna alami yang memiliki air yang tenang. Letaknya berada 300 meter dari dermaga. Laguna di Pantai Glagah terbentuk sendiri karena bagian daratan sedikit cekung sehingga air laut yang masuk ketika sedang pasang menjadi terperangkap.

Cekungan tersebut lama kelamaan membentuk sebuah telaga yang luas dengan air yang tenang. Tepiannya yang subur dan ditumbuhi oleh rerumputan hijau menampakkan wajah lain dari Pantai Glagah. Kamu bisa berenang di laguna ini sambil menikmati pemandangan yang indah dan beragam. Karena lokasinya yang tenang dan agak jauh dari hempasan ombak, laguna ini cukup ramai di kunjungi anak-anak. Tersedia tempat memancing di area laguna. Kamu bisa menyaksikan sunset yang indah dari laguna saat sore menjelang. Jika kamu adalah penikmat aktivitas memancing, tempat ini menawarkan berbagai macam jenis ikan.

Bukan hanya panoramanya yang indah, pantai ini juga memiliki perkebunan buah. Sayangnya, tidak semua buah dapat dipanen setiap saat. Keistimewaannya adalah jika kamu membeli dari petani buah disini, selain mendapatkan harga yang lebih miring, kamu juga dapat mencicipi secara langsung dan gratis.

Rute Termudah Dan Harga Tiket Pantai Glagah

Rute yang dapat kamu tempuh untuk menuju ke lokasi adalah dari Jogja menuju ke Jalan Wates, samapi di Wates, kamu hanya perlu mengikuti jalur Jalan Raya Wates menuju Purworejo. Setelah itu arahkan kendaraan ke kiri hingga menemukan papan petunjuk arah Pantai Glagah.

Harga tiket masuk ke Pantai Glagah sebesar Rp. 4.000,- saja per orang. Tarif parkir kendaraan adalah sebesar Rp. 3.000,- untuk motor dan Rp. 10.000,- untuk mobil. Para pengunjung yang datang bisa menikmati serunya berbagai fasilitas wisata air berupa perahu kayuh, kano hingga sampan kecil yang bisa digunakan untuk mengelilingi laguna. Tarif yang di tawarkan terbilang sangat murah meriah, dengan Rp. 5.000,- kamu bisa menggunakan perahu kano untuk sekali jalan dan Rp. 20.000,- per jam. Jika kamu ingin menikmati sensasi berlayar menggunakan perahu motor nelayan, cukup membayar sebesar Rp. 5.000,- untuk berkeliling selama 30 menit. Harga akan naik saat musim liburan tiba. Jika berniat untuk bermalam di Pantai Glagah, tersedia beberapa hotel dan penginapan di sekitar lokasi wisata. Tarifnya beragam, dapat kamu pilih sesuai budget.

Selain bisa dipilih menjadi destinasi wisata yang murah dan mudah dijangkau serta memiliki berbagai macam wisata yang ditawarkan, Pantai Glagah bisa dimanfaatkan untuk menghabiskan liburan dengan keluarga dan kerabatmu untuk sekedar melepas penat dengan pemandangan yang sangat indah dan tidak bisa ditemukan di pantai lainnya. Oh ya, baca dulu ulasan tentang pantai Slili. Dijamin kamu pun enggan untuk melewatkannya. Jadi makin betah di Jogja.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan