Nasi Goreng Beringharjo, Perpaduan Budaya Jawa Dan Cina Dalam Sepiring Nasi Goreng

nasi goreng beringharjo

Siapa yang tidak kenal dengan nasi goreng? Nasi goreng adalah makanan yang sangat popular di Indonesia Semua orang di berbagai daerah sudah pasti mengenal bahkan pernah mencicipi kenikmatan nasi goreng. Namun terdapat satu tempat wisata kuliner di kawasan Jogja yang menyajikan nasi goreng dengan cita rasa yang khas dan penyajiannya yang unik. Nama tempat itu adalah Nasi Goreng Beringharjo.

Resep Jawa Dan Cina Dipadukan Dalam Nasi Goreng Beringharjo

Tidak hanya tentang kenikmatan, tetapi juga tentang kisah perpaduan dari budaya Jawa dan Cina. Kok bisa? Benar, meskipun nasi goreng merupakan makanan khas Indonesia. Tapi keberadaannya pun tidak bisa lepas dari unsur masakan yang berasal dari Cina yang sudah sangat akrab dengan lidah orang-orang Indonesia.

Nasi Goreng Beringharjo termasuk dalam salah satu kuliner Jogja yang Legendaris. Keberadaannya sudah dikenal sejak tahun 1960. Hal ini menunjukkan bahwa kelezatan nasi goreng di tempat ini tidak ada duanya. Puluhan pengunjung keluar masuk tempat ini setiap hari. Eits, tenang, kamu tidak perlu mengantri karena penjual sudah memasak nasi goreng dengan jumlah besar dan hanya perlu untuk dihangatkan ketika akan disajikan.

Memakan nasi goreng ini, kamu akan merasa seperti mendengarkan sepiring cerita tentang budaya Jawa dan Cina. Hal ini dibuktikan dari bumbu bawang putih dan kecap yang lebih mendominasi. Bumbu bawang putih dan kecap berasal dari daratan cina. Sejalan dengan semakin banyaknya warga cina yang datang untuk bermukim membuat nasi goreng lama-kelamaan menjadi bagian dari masakan khas Cina.

Nasi Goreng Beringharjo
source: neolimastrans.com

Bukti budaya yang paling menonjol adalah munculnya nasi goreng yang bervariasi. Nasi goreng ayam, nasi goreng kambing, hingga nasi goreng pete merupakan racikan asli Indonesia. Rasa bawah putih dan kecap manis biasanya yang paling dominan. Namun warung Nasi Goreng Beringharjo lebih memilih nasi goreng ayam sebagai menu andalan utama.

Meski perbedaan budaya membuat nasi goreng memiliki racikan bumbu dan rasa yang berbeda, Nasi Goreng Beringharjo tetap mempunyai karakter dan rasa yang khas. Berbeda dari tempat lain, disini nasi goreng yang dimasak bisa langsung setengah bakul yang dimasak dalam wajan yang besar dan dicampur bumbu istimewa. Mengapa istimewa? Ini karena bumbunya tidak diracik langsung di tempat berjualan, tapi sudah di racik sebelumnya.

Harga Nasgor Terjangkau, Namun Rasanya Sangat Mewah

Soal rasa, sajian ini berani diadu. Meskipun banyak penjual nasi goreng yang berderet disepanjang jalan atau mungkin di hotel berbintang pun, tetap Nasi Goreng Beringharjo yang menjadi juara. Rasa nasi gorengnya pas, tidak terlalu manis ataupun asin. Aroma bawang putih yang tidak terlalu kuat namun masih tetap terasa membuat tempat wisata kuliner ini memiliki ribuan pelanggan setia mulai dari warga disekitar kawasan Jogja hingga pengunjung dari luar kota Jogja.

Kesan pertama setelah kamu melihat satu porsi Nasi Goreng Beringharjo adalah kamu tidak akan sabar untuk segera melahapnya. Ini dikarenakan sajiannya yang begitu lengkap. Setelah nasi goreng diletakkan dalam piring lalu ditaburkan daging ayam, kol, daun sledri, irisan tomat, telur dadar, ditambah lagi acar yang segar dan cabe sebagai pelengkap. Karena kelezatannya, tak jarang pengunjung memesan dalam porsi yang besar. Pengunjung biasanya memesan 1,5 hingga 2 porsi untuk satu orang dalam sekali makan.

Jam Buka Nasi Goreng Beringharjo

Harga nasi goreng cukup bervariasi tergantung jenis yang kamu pesan. Untuk harga sepiring nasi goreng berkisar Rp. 8.000,-. Warung ini buka mulai dari jam 19.00. Lokasi Nasi Goreng legendaris ini berada di Jalan Mayor Suryotomo, Ngupasan, Gondomanan Kota Yogyakarta.

Jika kamu kebetulan sedang menginap di sekitaran Malioboro, Pasar Beringharjo, Keraton Jogja dan sekitarnya, tidak ada salahnya mencoba kuliner malam Nasi Goreng Beringharjo. Kalau ingin variasi sarapan, datang ke Lotek Teteg yang ulasannya bisa kamu baca di sini.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan