Museum Gunung Merapi, Berkenalan Dengan Seluk-beluk Merapi

Museum Gunung Merapi

Jika kamu sedang berencana untuk liburan sekaligus wisata edukasi, Yogyakarta sepertinya akan menjadi pilihan yang tepat. Terdapat banyak sekali pilihan museum di Yogyakarta untuk dijadikan sebagai wisata edukasi. Salah satunya adalah Museum Gunung Merapi.

Menambah Edukasi Di Museum Gunung Merapi

Museum Merapi merupakan salah satu museum bersejarah yang di dalamnya berisi tentang Gunung Merapi. Semua hal yang berhubungan dengan Gunung Merapi tersimpan rapi di dalam museum ini. Museum ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga dan menginginkan untuk menghabiskan waktu libur sambil belajar. Museum ini dikenal sebagai Gunung api Merapi dengan semboyannya yaitu Merapi Jendela Bumi.

Museum ini dijadikan sebagai sarana edukasi, memberikan informasi tentang Gunung dan bencana geologi lainnya yang bersifat rekreatif dan edukatif bagi yang menginginkan untuk mengetahui sejarah tentang Gunung Merapi dan sumber bencana lainnya. Museum ini dapat dijadikan solusi sebagai sarana penting dan sebagai pusat layanan informasi tentang Gunung Merapi sebagai cara untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat. Selain itu untuk dijadikan sebagai media agar masyarakat tahu dan waspada tentang manfaat sekaligus ancaman bahaya dari letusan gunung api serta bencana lainnya. Disini juga disuguhkan dengan koleksi gambar dan video tentang gempa serta letusan gunung berapi.

Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi terdiri atas dua lantai. Di lantai pertama pengunjung akan melihat foto-foto erupsi Gunung Merapi serta alat pemantaunya. Di sini pengunjung juga dapat melihat alat-alat pengamat seperti seismograf, radio sampai komputer. Selain itu pengunjung juga dapat menambah wawasan tentang mitos-mitos pada Gunung Merapi. Mulai dari lavanya hingga ke perkembangan pemantaunya. Di museum ini juga terdapat kerangka barang yang ditemukan setelah peristiwa awan panas dari Gunung Merapi beberapa tahun silam.

Jangan lewatkan wisata bersejarah ini juga:

Di lantai kedua pengunjung dapat melihat lantai dasar sambil menikmati replika Merapi dari atas. Terdapat lorong yang berisi peraga simulasi yang ditampilkan pada LCD. Peraga yang ditampilkan ada beberapa macam yaitu peraga gempa bumi, peraga bencana tsunami sampai replika gunung. Di lantai dua ini terdapat sebuah bioskop mini yang berisi tentang film dokumentasi “Mahaguru Merapi”. Tempat ini merupakan tempat favorit yang sering digunakan pengunjung untuk berfoto.

Lokasi Dan Alamat Lengkap Menuju Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi beralamat di Jalan Kaliurang No.KM, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Rute menuju Museum Gunung Merapi yaitu jika kamu berangkat dari pusat 0 KM Yogyakarta ke arah barat melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan, sampai perempatan ke utara menuju Jalan Letjen Suprapto, setelah sampai di pertigaan menuju ke timur melewati Jalan Tentara Pelajar, lurus menuju Jalan Magelang, sampai di perempatan ke timur melewati Jalan Selokan Mataram, sampai perempatan ke utara, jalan terus sampai perempatan lagi, lalu ke utara menuju Jalan Monjali, lurus menuju Jalan Palagan Tentara Pelajar, sampai perempatan ke timur melewati Jalan Pakem Turi, sampai di perempatan lalu ke utara melewati Jalan Boyong, kamu tinggal mengikuti jalan hingga sampai di Museum Gunung Merapi.

Murahnya Harga Tiket Masuknya

Harga tiket masuk Museum Gunung Merapi cukup murah yaitu Rp. 5.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp. 10.000,- untuk wisatawan mancanegara. Jika berminat untuk masuk ke ruang Audio Visual, kamu harus membayar Rp. 5.000,- sedangkan bagi wisatawan mancanegara adalah sebesar Rp. 10.000,-.

Harga tiket parkir di tempat ini cukup standart yaitu Rp. 2.000,- untuk motor dan Rp. 5.000,- untuk mobil. Fasilitas di museum ini sudah cukup lengkap seperti toilet, taman, area parkir, Souvenir shop, kantin, koperasi, ruang audio visual serta ayunan.

Jadi, jika kamu ingin berlibur sambil belajar untuk mengetahui sejarah tentang gunung maupun tentang bencana lain,  silahkan berkunjung ke Museum Gunung Merapi.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan