Mirota Batik, Tempat Shopping Souvenir sekaligus Tempat Nongkrong

Mirota Batik (Hamzah Batik) adalah pusat belanja souvenir dan oleh-oleh terlengkap di Jogja yang terletak di Jalan Margo Mulyo No. 9, Yogyakarta tepatnya di depan pasar Bringharjo. Mirota Batik berdiri sejak tahun 1980 dan hingga saat ini selalu ramai di kunjungi para wisatawan yang berburu oleh-oleh terutama pada musim liburan. Tempat ini adalah tujuan yang tepat jika anda ingin membeli berbagai jenis kerajinan unik khas Jogjakarta hingga mainan anak yang berciri khas Jogja juga tersedia disini.

Toko ini terkenal sangat ramai karena lengkapnya produk yang dijual, ditambah lagi dilengkapi dengan suasana tradisional Jogja. Jika anda baru pertama kali datang ke toko ini, jangan heran kalau anda disambut oleh dua orang pria dan wanita di pintu masuk yang berbusana lengkap ala Jawa.

Para pegawai di Mirota Batik sebagian besar mengenakan baju adat Jawa yang lengkap. Pegawai pria mengenakan surjan sebagai atasan dan kain batik sebagai bawahan, lengkap dengan blangkon sebagai penutup kepala. Pegawai wanitanya pun juga sama lengkapnya, mulai dari kebaya, kemben, atau batik motif sebagai atasan, lengkap dengan sanggul di kepalanya.

Atmosfer Jawa juga sekaligus akan anda rasakan sejak pertama kali kaki anda memasuki toko ini. Aroma kembang dan dupa yang terbakar menjadi pengharum ruangan khas yang akan menemani anda berbelanja. Ditambah lagi, anda akan mendengar alunan gendhing, menonjolkan kesenian Jawa yang ingin disajikan kuat oleh pemiliknya.

Lantai 1 menjadi pusat toko batik Yogyakarta. Selain menyediakan baju yang siap pakai, di lantai ini juga menyediakan kain-kain batik lembaran. Yang membuat unik adalah adanya ibu-ibu berpakaian kuno yang melakukan proses membatik langsung di sini.

Naik ke lantai 2, ada pajangan sepeda antik di sepanjang tangga. Nah, di lantai ini khusus untuk anda yang mencari kerajinan dan pernak-pernik unik. Para wanita yang hobi mengoleksi tas dan sepatu pun akan kegirangan karena dapat menambah koleksinya di sini. Bagi anda yang hobinya mengoleksi barang-barang antik, coba dulu tengok koleksi wayang dan miniatur orang berpakaian adat di sini.

Karena tidak mungkin hanya sebentar mampir ke toko ini, maka tentu kaki anda jadi gempor. Jangan lupa istirahat di ruang tunggu yang merupakan restoran Raminten 3, fasilitas baru yang dibangun untuk pengunjung. Letaknya di lantai tiga dan empat bangunan. Di lantai ini terdapat kafe Oyot Godhong. Sekalian wisata belanja, sekalian wisata kuliner juga. Nama Oyot Godhong berasal dari ‘oyot’ yang artinya akar dan ‘godhong’ yang artinya daun. Jadi, kurang lebih artinya adalah akar daun.

Namanya saja unik, pasti menunya juga. Ya, jelas! Seperti yang sudah bisa diduga, di resto ini pun ditawarkan makanan-minuman yang unik karena penyajiannya maupun namanya. Harganya juga murah, mulai dari 3.000 hingga 20.000 tiap menu. Kalau datang malam-malam, coba pesan aneka wedang yang pas untuk menghangatkan badan. Benar-benar direkomendasikan!

Anda yang belum pernah berkunjung ke sini pun dapat dengan mudah menemukan toko ini. Letaknya ada di kawasan Malioboro, tepatnya di Jalan Margo Mulyo No. 9, Yogyakarta. Hanya butuh jalan kaki 3 menit dari kawasan 0 kilometer.

Anda yang membawa kendaraan pribadi bisa parkir di kawasan parkir utama Malioboro yang dekat dengan Stasiun Tugu Yogyakarta. Apabila jalan kaki menuju Mirota Batik terlalu jauh bagi anda, ada banyak transportasi umum tersedia, mulai dari becak hingga delman. Atau jika jarak dari lokasi hotel atau penginapan anda lumayan jauh dari Mirota, anda bisa sewa mobil di jogja di rental kami. Dengan layanan rental mobil jogja murah, kami siap mengantarkan anda ke berbagai tempat wisata belanja maupun wisata kuliner di Jogja.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan