Masjid Gedhe Kauman, Masjid Bagi Pecinta Seni Dengan Arsitektur Klasik

masjid gedhe kauman

Yogyakarta, kota yang terkenal dengan bermacam destinasi wisata yang sangat beragam dan selalu menjadi tujuan favorit para wisatawan. “Kota Gudeg” ini selalu menawarkan destinasi wisata yang sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan mulai dari wisata candi, pantai hingga wisata religi. Salah satu tempat wisata religi yang menarik untuk kamu kunjungi adalah Masjid Gedhe Kauman.

Masjid Gedhe Kauman, Masjid Tertua di Jogjakarta

Masjid Gedhe Kauman merupakan salah satu masjid tertua di Kota Jogja. Jadi, selain kamu gunakan sebagai wisata religi, masjid ini juga digunakan sebagai wisata sejarah. Masjid ini Gede Kauman didirikan pada tahun 1773 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I dan Kyai Faqih Ibrahim Diponingrat sebagai arsiteknya.

Masjid ini mempunyai luas kurang lebih 16.000 m3. Terdapat bangunan seperti dua buah Pagongan di sekitar masjid. Di bagian utara dan selatan terdapat tempat untuk meletakkan gamelan dan dua buah Pajagan sebagi tempat untuk berjaga. Terdapat pula Pengulon yang digunakan sebagai rumah ulama dan imam serta makam. Terdapat pula kantor secretariat, dewan takmir  dan juga Kantor Urusan Agama. Masjid kauman merupakan masjid yang tidak bisa terpisahkan dari Keraton Jogja serta sarat akan simbol dan filosofi Jawa Kuno.

Desain Arsitektur Klasik Di Masjid Gedhe Kauman

Jika kamu pecinta arsitektur klasik dan menyukai wisata religi, maka tempat ini akan cocok untuk kamu kunjungi. Masjid Gedhe Kauman memiliki atap susun tiga. Jika kamu memasukinya, masjid ini akan menyajikan nuansa etnik yang membuatmu seperti berada di jaman kerajaan karena desainnya yang masih kuno. Kamu akan menemukan tiang kayu jati dengan jumlah 36 dan tanpa sambungan.

masjid gedhe kauman
Ornamen dalam masjid yang bernilai seni tinggi.
Source: TripAvisor

Terdapat juga tiang utama dengan jumlah 4 buah dengan tinggi kurang lebih 4 meter. Kayu-kayu ini diperkirakan sudah berusia ratusan tahun. Semua tiang masjid memiliki alas yang terbuat dari batu. Masing-masing tiang memiliki relief serta kaligrafi tentang kehidupan dalam beragama di pulau Jawa. Di setiap pilar pagar dan pintu gerbang terdapat buah labu dan waluh.

Wajah Masjid Gedhe Kauman yang sekarang ini berbeda dari bentuk aslinya setelah masjid ini dibangun. Serambi masjid yang sekarang dua kali lebih luas dan lebih megah dari yang sebelumnya. Serambi masjidnya pun lebih luas dibandingkan dengan ruang utama masjid.Selain itu, dulu lantai masjidnya terbuat dari batu kali dan sekarang telah di ganti dengan marmer.

Letak Masjid Kauman Yang Dekat Dengan Kraton Yogyakarta

Masjid Gedhe Kauman berada di Jalan Kauman Alun-alun Keraton Yogyakarta, Gondomanan, Yogyakarta. Untuk menuju ke Masjid Gedhe kauman, rutenya tidak terlalu sulit karena lokasinya berada di sebelah Keraton Yogyakarta. Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat wisata Yogyakarta seperti Jalan Malioboro, Benteng Vredeburg dan Taman Pintar. Jika kamu menaiki transportasi umum seperti Bus TransJogja, kamu bisa turun di selter 3 Malioboro kemudian bisa berjalan kaki untuk mencapainya. Alternative lain yaitu kamu bisa naik becak karena perjalanannya lumayan jauh. Jika kamu naik kendaraan pribadi, kamu bisa langsung menuju ke Museum Sultan Hamengkubuwono dan dikenakan tarif parkir.

Pihak Masjid Gedhe Kauman memberikan fasilitas yang memadai seperti area parkir yang cukup luas, tempat penitipan sepatu dan sandal, kamar mandi, perpustakaan, kantor secretariat dan lain sebagainya. Jika kamu menggunakan sepeda atau motor, kamu bisa memarkirkannya di area masjid melewati jalur selatan. Nah, jika kamu membawa mobil atau bis, kamu bisa memarkirkannya di depan pintu gerbang Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta.

Karena Tempat Ibadah, Biaya Masuk Gratis

Yang paling penting adalah jika kamu mengunjungi tempat ini kamu tidak akan dikenakan biaya atau gratis, namun kamu bisa menginfakkan uangmu untuk dimasukkan ke kotak amal yang berada di sudut-sudut masjid.

Nah, itu tadi sedikit ulasan tentang Masjid Gedhe Kauman. Apakah kamu tertarik menyaksikan keunikan arsitektur masjid ini? Jika kamu sedang mengunjungi pasar Malioboro, cobalah mampir untuk menyaksikan sendiri Masjid Gedhe Kauman. Tapi buat kamu yang dari umat Kristiani, juga ada kok wisata religi yang lain, coba baca ulasan kami tentang Gua Maria Sendangsono, pastinya cocok buat kamu. Selamat berlibur sembari ibadah.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan