Mangut Lele Mbah Marto, Serasa Makan Di Rumah Nenek Sendiri

mangut lele mbah marto

Tidak hanya kaya dengan wisata pantai dan candinya, Jogja juga kaya akan  aneka ragam kuliner istimewanya, terlebih adalah kuliner tradisional atau kuliner pedesaan. Kamu akan menjumpai banyak warung makan yang terletak di kawasan-kawasan tersembunyi namun sudah terkenal hingga luar kota. Tidak heran jika para penikmat kuliner rela mencari tempat-tempat yang tersembunyi untuk sekadar menikmati rasanya yang lezat. Salah satu kuliner tradisional dan tempatnya tersembunyi namun selalu diburu oleh para wisatawan adalah Mangut Lele Mbah Marto.

Kenikmatan Dari Resep Tradisional Mangut Lele Mbah Marto

Warung Mangut Lele Mbah Marto menjual makanan khas berupa lele asap atau mangut lele yang dimasak menggunakan santan kemudian di campur dengan rempah-rempah yang membuat cita rasa dan aroma yang khas. Cara mengasap lele mbah marto cukup unik, lele yang sudah dibersihkan kemudian ditusuk menggunkan pelepah daun kelapa kemudian diasap di atas tungku. Mangut lele Mbah Marto sangat istimewa karena tetap mempertahankan resep rahasianya yang sudah berpuluh-puluh tahun. Mbah Marto berhasil membuat mangut lele dengan permukaan daging yang kesat, gurih, empuk dan pedas. Kuah santan yang digunakan untuk mengolah lele berwarna merah menyala karena menggunakan banyak cabai. Tidak hanya berasal dari resep rahasianya, aroma dan rasa yang tidak biasa dari kebanyakan mangut lele di tempat lain dihasilkan dari pengolahannya yang masih menggunakan kayu bakar dan tungku untuk memasak lelenya.

mangut lele mbah marto

Ada Juga Menu Yang Lainnya Di Sini

Selain mangut, di warung Mangut Lele Mbah Marto juga menawarkan menu tambahan yang tidak kalah menggugah selera makan seperti krecek, sayur daun pepaya, gudeg, opor ayam, brongkos dan garang asem. Semua menu ditempatkan dalam panci dengan ukuran besar dan diletakkan di atas amben atau tempat duduk yang terbuat dari bambu. Kamu dipersilakan untuk mengambil sendiri nasi dan lauk sesuai selera yang disajikan hangat-hangat, untuk pembayarannya dilakukan setelah selesai makan. Sekilas seperti mengingatkan pada sistem prasmanan dalam versi tradisional.

Kuliner yang ini pun harus kamu kunjungi dan cicipi:

Disini kamu bisa melihat secara langsung proses memasaknya di dapur. Seperti di restoran ternama, kamu bisa melihat bagaimana proses pengolahan dan memasak berbagai sajian lezat penggugah selera, terutama mangut lele. Di dapur Warung Mangut Lele Mbah Marto ini juga disediakan tempat duduk jika kamu berkenan untuk menyantap sajian lezat sambil melihat proses memasaknya. Namun jika tidak ingin terkena asap dan kepanasan, kamu juga bisa menikmati mangut lele di ruang tamu, di ruang tengah maupun di teras rumah Mbah Marto. Sensasinya serasa seperti makan di rumah nenek sendiri ya.

Lokasi dan Harga Mangut Lele Mbah Marto

Harga seporsi Mangut Lele Mbah Marto adalah Rp. 20.000,-. Cukup murah kan? Alamat Warung Mangut Lele Mbah Marto berada di Dusun Ngireng-ireng, Desa Saraban, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Kamu perlu bersabar untuk mencari lokasi warung makan Mbah Marto karena lokasinya yang bersembunyi di tengah perkampungan. Tidak ada papan penunjuk jalan untuk menuju ke lokasi dari Jalan Parangtritis. Jadi kamu harus bertanya pada penduduk sekitar untuk menemukan keberadaannya, namun jangan kawatir, penduduknya sangat ramah dan dengan senang hati akan menunjukkan lokasinya.

Rute yang harus kamu tempuh untuk menuju ke lokasi jika dari Jalan Malioboro lurus menuju ke  Perempatan Titik Nol Kilometer lalu belok kiri, sampai Perempatan Godomanan belok kanan hingga Jalan Brigjen Katamso. Sampai di perempatan Jalan Parangtritis lurus hingga Perempatan Ring Road Sewon lurus mengikuti Jalan Parangtritis hingga menemukan Kantor Pos Sewon, kemudian Belok kanan menuju Jalan Ali Maksum lalu masuk ke Gang Nyi Ageng Serang, disini kamu akan menemukan papan nama Mangut Lele Mbah Marto.

Agak melelahkan ya? Namun, rasa lelahmu akan terbayar setelah mencicipi Mangut Lele Mbah Marto. Yuk cobain.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan