Menyegarkan Batin Di Makam Syekh Maulana Maghribi Jogja Sambil Menambah Wawasan

Makam Syekh Maulana Maghribi Jogja

Mengisi waktu luang tidak melulu hanya berdiam diri di rumah. Waktu yang luang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan hal-hal positif yang bisa memperbanyak amalan. Jika kamu suka kunjungan wisata anti mainstream, berwisata religi bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengisi waktu luangmu. Salah satu destinasi wisata religi yang dapat kamu kunjungi adalah Makam Syekh Maulana Maghribi.

Menambah Wawasan Religius di Makam Syekh Maulana Maghribi

Syekh Maulana Magribi terkenal dengan sebutan Sunan Gresik dan merupakan wali penyebar Agama Islam yang pertama di Tanah Jawa. Jasadnya disemayamkan di makam yang berada di Kawasan Gresik, sedangkan “makam” yang lain sepertinya adalah petilasan, yaitu tempat dimana ia pernah tinggal untuk semantara waktu. Banyak yang menanyakan tentang kebenaran dari makam itu. Mungkin saja makam itu adalah makam orang lain dengan julukan sama karena berasal dari asal yang sama. Adanya beberapa lokasi makam tersebut menandakan bahwa Sunan Gresik pernah mendatangi lokasi ini. Sebagai bentuk penghargaan, maka dibangunlah petilasan. Bagi orang Jawa, makam sering hanya dijadikan sebagai perlambang. Sebagai sarana untuk menghubungkan hati dan jiwa ketika berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar niat dan keinginannya terkabul.

Makam Syekh Maulana Maghribi Jogja

Obyek wisata Makam Syekh Maulana Maghribi memiliki keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Akan sangat disayangkan jika kamu sedang berkunjung ke Bantul tapi tidak mengunjungi objek wisata ini. Tempatnya menarik dengan suasana khas perbukitan yang sangat indah dan alami. Penataan yang rapi dengan desain tradisional dan masih belum terlalu banyak dipengaruhi oleh budaya barat.

Ornamen Elegan Di Sekitar Makam

Destinasi wisata Makam Syekh Maulana Maghribi memiliki ornamen yang terdapat di sekitar gapura, tidak terlalu rumit tetapi cukup elegan. Tangga panjang yang mengarah ke puncak bukit ini memberi sedikit oleh-oleh yaitu rasa lelah di betis. Namun tidak akan menjadi masalah, kunjungan ini akan memberikanmu pengalaman yang berharga. Bangunannya yang terdapat di komplek ini berupa makam, tempat istirahat, tempat penjagaan serta tempat sesaji. Terdapat pula batu candi yang terbengkalai, sendang beji, sumur tua dan serumpun bambu. Tangga menuju ke makam ini seperti tidak berujung, dan konon jumlah tangganya tidak dapat dihitung dengan jumlah yang pasti. Para pengunjung yang datang akan menemukan jumlah angka yang berbeda-beda.

Setelah menyelesaikan anak tangga, kamu akan disambut oleh Musholla An Nur dan candi bentar di regolnya. Dari Musholla inilah kamu dapat melihat pemandangan pantai parangtritis yang sangat menawan. Selain itu, kamu akan menemukan candi dan Yoni. Adanya candi dan Yoni menandakan bahwa pada saat itu telah ada ajaran agama Hindu sebelum Agama Islam masuk dan berkembang. Makam Syekh Maulana Maghribi berada dalam sebuah bangunan tertutup yang disebut dengan cungkup. Terdapat pagar yang terbuat dari kayu untuk melindung tangan-tangan yang sengaja ingin merusak makam.

Jika kamu mengunjungi destinasi wisata ini, kamu diwajibkan untuk mengambil air wudhlu terlebih dulu. Sampai di depan makam diharuskan memukul kentongan untuk memanggil juru kunci, dan memberi tahu maksud kedatanganmu. Setelah kamu mendapatkan sedikit pengarahan, kamu dipersilakan masuk makam atau sekedar di serambi untuk berdoa atau tirakat. Kamu bisa meminta izin untuk menginap di serambi makam. Fasilitas pendukung tempat wisatanya sudah lengkap mulai dari mushola hingga toilet. Jika berkenan untuk menginap, terdapat penginapan sederhana di sekitar Pantai Pantaiparangtritis. Di tempat ini kamu tidak diperkenankan melakukan perbuatan asusila atau perbuatan yang kurang sopan. Wanita yang menstruasi juga tidak diperkenankan masuk makam.

Rute Mudah Untuk Menuju Ke Makam Syekh Maulana Maghribi

Lokasi Destinasi Wisata Makam Syekh Maulana Maghribi terletak di Jalan Parangtritis, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, Yogyakarta. Namun jika kamu masih bingung dimana letak Makam Syekh Maulana Maghribi maka disarankan untuk mencari dan mengetik nama destinasi wisata ini di google maps. Di aplikasi ini sudah ditandai dimana lokasi yang kamu cari tersebut.

Tertarik untuk mengunjunginya? Kamu bisa mendapatkan kesejukan jasmani dan rohani di tempat ini. Jangan hanya ke Makam Syekh Maulana Maghribi, cek juga ulasan tentang Masjid Gedhe Kauman yang juga tak kalah menarik.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan