Berziarah Ke Makam Syekh Belabelu, Keturunan Brawijaya V Yang Terasingkan

Makam Syekh Belabelu

Ziarah merupakan salah satu kegiatan sebagian besar umat beragama untuk berwisata religi. Terkadang berziarah dilakukan di tempat yang dianggap suci dalam keyakinan dan iman kepada yang bersangkutan. Tujuannya ialah untuk mengingat dan meneguhkan iman. Di salah satu tempat dekat dengan Pantai Parangtritis terdapat lokasi makam yang biasa didatangi sebagai wisata religi. Tempat tersebut adalah makam Syekh Belabelu.

Mengenal Sosok Tokoh Religi Syekh Belabelu

Destinasi Wisata Religi Makam Syeh Belabelu merupakan tempat wisata religi yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan karena letaknya yang cukup dekat  dengan Pantai Parangtritis. Lokasinya sangat tenang, jauh dari hiruk pikuk keramaian kota. Syekh Belabelu merupakan anak dari Raja Brawijaya V yang bernama Raden Dhandhun setelah memeluk agama Islam. Pada mulanya, Raden Dhandhun memeluk agama Buddha, namun  karena di kerajaan yang dipimpin ayahnya terjadi masalah, kemudian Raden Dhandhun mengasingkan diri ke daerah Mancingan Parangtritis. Hingga akhirnya bertemu dengan Kyai Selohening yang merupakan kerabat dekat dari Raja Brawijaya V. Kyai Selohening merupakan orang yang diislamkan oleh Syekh Maulana Maghribi. Karena hal itulah Kyai Belabelu kemudian mengikuti Islam seperti halnya Kyai Selohening.

Makam Syekh Belabelu
Titian menuju lokasi makam Syekh Belabelu

Syekh Belabelu merupakan orang rajin dan kuat melakukan pertapaan, bahkan bisa tidak tidur selama 3 hingga 4 hari lamanya. Satu hal yang tidak bisa ditinggalkan adalah tidak mampu dalam menahan lapar, sebentar-bentar harus makan. Untuk menurunkan nafsu makan Syekh Belabelu tersebut Kyai Selohening mempunyai satu ide yaitu memberikan satu pekerjaan untuk mencuci beras disungai Beji yang jauhnya kurang lebih sekitar 5 kilometer dari Parangendog. Hal tersebut berhasil membuat syekh Belabelu meredam nafsu makan menjadi sehari sekali saja.

Nikmatilah Jalanan Menuju Ke Makam Ini

Gapura berada tepat di tepi kiri Jalan Parangtritis, jika kamu datang dari arah Jogja. Dasar anak tangga menuju ke puncak perbukitan lokasi Makam Syekh Belabelu berada terlihat di sebelah kiri. Kuncup bunga berwarna kuning dan kelopak bunga hijau di atas pilar gapura mungkin menjadi simbol bahwa yang dimakamkan masih memiliki keturunan bangsawan. Kamu tidak akan menjumpai pos jaga atau petunjuk lain di dekat gerbang masuk Makam Syekh Belabelu ini. Tidak diketahui secara pasti jumlah anak tangga yang akan disusuri. Tangga menuju Makam Syekh Belabelu ini jaraknya cukup panjang, agak menanjak, dan berkelok. Terdapat lima kelok undakan menanjak sebelum sampai di gapura atas Makam Syekh Belabelu. Di tangga yang berkelok inilah yang membuat pengunjung memiliki kesempatan untuk melihat panorama yang indah arah Laut Selatan.

Berziarahlah juga ke sini:

Memasuki area makam, kamu akan menjumpai 2 makam sekaligus yaitu makam Syekh Belabelu dan yang satunya merupakan makam adiknya yang ikut mengasingkan diri, yaitu Raden Dhandher atau lebih dikenal dengan nama Syekh Gagangaking atau Damiaking. Kemudian oleh Sultan Hamengku Buwono IV tempat tersebut dibangun cungkup dengan material kayu jati dan pada bagian luarnya dilapisi batu hitam.

Rute Termudah Menuju Makam Syekh Belabelu

Alamat Makam Syekh Belabelu di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Jogja. Tetapi jika anda masih bingung di mana lokasi atau letak Objek Wisata Religi Makam Syeh Belabelu di Kretek Bantul Yogyakarta disarankan agar mencari di google maps. Akses jalan menuju lokasi bisa di lalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat karena lokasinya yang berada di jalan yang dilalui bus untuk menuju ke Pantai Parangtritis. Memanfaatkan fasilitas seperti kendaraan umum juga tidak akan menjadi masalah besar karena kamu bisa berhenti di terminal bus kota Bantul. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan jasa ojek menuju Desa Parangtritis hingga sampai di lokasi makam.

Tidak ada biaya tiket masuk alias gratis, namun kamu dapat menberikan sumbangan di kotak yang tersedia. Fasilitas yang tersedia berupa toilet, tidak ada tempat parkir khusus, sehingga jika berziarah ke Makam Syekh Belabelu harus memarkirkannya di bahu jalan.

Tertarik dengan wisata yang tidak biasa? Yuk segera rencanakan kunjungan bersama keluargamu dengan menggunakan jasa Sewa Mobil Jogja.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan