Mencicipi Kopi Jos, Rasa Nikmat Kopi Bercampur Arang Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man

Apa kamu masih asing dengan nama angkringan? Angkringan adalah sebutan untuk tempat berkumpulnya anak-anak muda. Angkringan berkonsep sederhana dan merakyat, karena tujuannya adalah agar semua kalangan masyarakat bisa berbaur sambil menikmati menu-menu angkringan yang khas tanpa batas. Salah satu Angkringan yang menjadi tujuan wisata di Jogja yaitu Angkringan Lik Man.

Salah Satu Angkringan Pertama, Berdiri Sejak Tahun 50an

Angkringan Lik Man merupakan angkringan legendaris di daerah Jogja karena angkringan ini merupakan salah satu pelopor angkringan di Kota Gudeg. Berdiri sejak tahun 1950 dan diwariskan pada Lik Man pada tahun 1969. Seiring bertambahnya waktu, semakin bermunculan angkringan-angkringan di kawasan ini.

Angkringan Lik Man
Source: pakettourjogja.com

Angkringan Lik Man menjadi angkringan pertama yang berani berinovasi dengan minuman kopi. Angkringan ini menghadirkan inovasi baru yang menjadi ciri khas yang patut untuk kamu coba yaitu Kopi Jos. Kopi Jos adalah kopi panas yang di beri dengan arang yang masih menyala. Kata Jos berasal dari dari suara arang yang panas menyala saat dicelupkan pada kopi yang panas, sehingga sekilas terdengar suara ‘jos’  Kopi Jos menjadi ikon dari warung Angkringan Lik Man.

Rasa Unik Kopi Jos Di Angkringan Lik Man Tiada Duanya

Rasa unik yang nikmat dan segar menjadi sensasi baru bagi kamu yang suka mencoba kuliner terutama kopi. Oiya, jangan coba-coba membuat Kopi Jos sendiri di rumah, karena arang yang digunakan di Angkringan Lik Man ini bukan arang biasa. Arang ini tidak terbuat dari kayu yang biasa digunakan untuk membakar sate.

Seperti angkringan pada umumnya, angkringan ini tidak hanya menjajakan kopi jos saja tapi juga menjajakan makanan seperti Nasi Kucing, berbagai macam gorengan, telur puyuh, bacem tempe, ceker, sate usus dan aneka jajanan khas angkringan lainnya. Jadi, kamu bisa memilih menu-menu favoritmu untuk menemani kegiatan minum Kopi Josmu.

Angkringan ini buka selama 24 jam. Angkringan ini dijaga oleh Lik Man. Seperti siang, suasana bertambah ramai ketika semakin malam.  Jalan yang sempit kadangkala tersendat oleh mobil para pengunjung. Pengunjung akan memadati angkringan ini saat malam hari sampai menjelang subuh. Terlebih pada malam minggu, pengunjung yang datang dan duduk di trotoar bisa mencapai 100 meter. Tidak perlu kawatir, trotoar    yang sudah dialasi tikar akan menjadi tempat asyik untuk mengobrol dan bersantai menghabiskan malam.

Bubuk kopi dan gula bercampur dengan air panas yang menididih kemudian ditambah dua potong arang dari tungku api, membuat permukaan gelas mengepulkan asap, buih dan bersuara ‘jos’. Pemandangan yang tak biasa bagi sebagian orang ini membuat tak sedikit pengunjung mengabadikan momen ini dengan kamera ponsel.

Dengan Rp. 4.000,- kamu sudah bisa menyeduh kopi unik ini. Bubuk kopi yang digunakan Angkringan Lik Man adalah kopi turun temurun asli dari Yogyakarta dengan merk Murni.Jika sedang ramai, 15 bungkus kopi berukuran sedang dan arang sebanyak satu karung akan habis diburu penikmat kopi.

Lokasinya Tidak Jauh Dari Stasiun Tugu

Lokasinya berada di dekat Stasiun Tugu. Jika kamu datang dari luar kota yang datang menggunakan kereta api dan tiba saat malam hari, sebaiknya langsung mampir untuk mencicipi Kopi Joss sekaligus melepas penat setelah perjalanan yang jauh. Jika kamu berada di Malioboro, dari Malioboro kamu hanya perlu berjalan luruhs kearah utara lalu menyebranglah melewati rel kereta api. Pada pertigaan pertama, belok ke kiri. Saat berbelok kamu melihat banyak orang yang duduk di atas trotoar sambil minum kopi, berarti kamu sudah sampai di Angkringan Lik Man. Jika kamu dari arah Tugu,kamu cukup berjalan kearah selatan kurang lebih 500 meter lalu ambil arah ke kanan.

Jika kamu adalah penikmat kopi dan sedang berkunjung ke Jogja, tidak ada salahnya untuk mencoba menyeruput Kopi Jos di Angkringan Lik Man. Nikmati nuansa malam yang menyenangkan di tempat ini. Oh ya, sudah baca ulasan tentang Lotek Teteg belum? Buat sarapan, mantap lo.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan