Kembang Soka, Air Terjun Alami Yang Tersembunyi di Bukit Menoreh

air terjun kembang

Bukit Menoreh yang berada di Kabupaten Kulon Progo bisa dibilang menyimpan banyak sekali pesona alam. Tak mengherankan maka jika disana terdapat banyak sekali tempat yang dijadikan sebagai obyek wisata. Selain tempat wisata buatan ternyata disana juga terdapat sebuah air terjun yang masih alami yaitu Kembang Soka.

Kembang Soka sendiri disebut-sebut sebagai surga yang tersembunyi karena muncul bagaikan sebuah oasis di tengah luasnya gunung. Letaknya yang berada tersembunyi dan tertutup oleh rimbunan daun-daunan membuatnya seperti tak terjamah. Namun ketika kamu sudah bisa sampai kesana maka pasti akan takjub akan pemandangan alamnya yang memanjakan mata.

Nama Kembang Soka sendiri diberikan akrena merupakan nama salah satu sumber mata air yang berada dari bawah tanah. Menariknya di atas tanah tersebut banyak ditumbuhi oleh bunga Soka yang sangat cantik.

Pesona Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun ini merupakan lokasi titik temu dari ketiga buah sumber air yaitu mata air Toyotombo, mata air Tuk Jaran, dan juga mata air Kalimri. Ketiganya menyatu dan membentuk aliran sungai yang memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Air terjun ini memiliki keunikan yang cukup jarang yaitu warna airnya terbagi menjadi dua waitu warna putih dan hijau toska. Berada di lokasi yang cukup tinggi maka tak heran jika air tumpahannya cukup deras sehingga dijadikan sebagai sumber air untuk pengairan warga sekitarnya.

tiket masuk air terjun kembang soka
Sumber: wiratourjogja.com

 

Selain keunikan yang telah disebutkan tadi di Air terjun ini juga masih ada keunikan lain yaitu pada bebatuan yang ada disana. Ketika kamu melihatnya maka akan serasa melihat film fantasi hidup dari bebatuan tersebut. Warna terang yang kekuningan dari dasar sungainya saling menonjol dan seolah menjadi benteng kucuran air.

Fasilitas

Untuk fasilitas bisa dibilang Air Terjun Kembang Soka belum terlalu cukup memadai mengingat obyek wisata ini merupakan tempat wisata yang baru dikembangkan oleh masyarakat sekitar. Sebelumnya tempat ini adalah harta berharga milik warga yang dibiarkan tumbuh alami, namun sudah sekitar 1 tahun belakangan tempat ini dikelola dengan serius untuk bisa meningkatan potensi pendapatan daerah.

kembang soka waterfall
Sumber: Tribunnews.com

Namun kamu tidak perlu cemas karena fasilitas-faislitas penting telah dibangun seperti tempat parkir, kamar mandi, dan juga terdapat beberapa warung yang sudah buka menawarkan berbagai jenis makanan ringan. Di sekitar air terjun ini juga telah dibangun jembatan bambu yang bisa memudahkan wisatawan untuk bisa lebih dekat ke area sungai.

Jembatan ini juga dibangun guna memudahkan wisatawan yang ingin menikmati pemandangan alam di sekitar. Mempermudah menuju ke lokasi yang cukup sulit untuk dijangkau , selain itu jembatan bambu ini juga cukup menarik untuk dijadikan sebagai spot untuk berfoto selfie.

Untuk bisa sampai ke Air Terjun ini maka kamu perlu menggunakan kendaraan pribadi atau jika kamu berasal dari luar Kota maka bisa menyewa kendaraan di sewa mobil Jogja. Ambilah jalur ke daerah Desa Jatimulyo setelah itu bisa bertanya ke warga sekitar karena memang belum ada plang jalan petunjukknya.

Untuk mencapai lokasi ini bisa dibilang cukup mudah, hanya saja memang membutuhkan usaha yang lebih. Jadi sebelum datang kesini maka pastikan tubuh dalam kondisi fisik yang prima karena kamu akan tracking yang cukup panjang dari pintu masuk untuk bisa ke lokasi air terjun. Jadi buat kamu yang menyukai berwisata yang masih sangat alami bisa mencoba untuk datang ke Air terjun Kembang Soka.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan