Kebun Buah Mangunan, Spot Eksotis di Atas Ketinggian Yogyakarta

Salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi saat melakukan perjalanan wisata ke Yogyakarta adalah Kebun Buah Mangunan. Kebun buah ini memang belum terlalu populer di kalangan masyarat. Namun, Anda tak perlu meragukan keindahannya. Tempat wisata ini tidak akan memanjakan mata Anda hanya dengan kebun buah saja. Di Kebun Buah Mangunan, Anda juga akan dimanjakan dengan eksotika pemandangan pegunungan menghijau yang menyegarkan mata.

Nah, apakah Anda sudah pernah mengunjungi Kebun Buah Mangunan Yogyakarta ini? Jika belum, maka Anda perlu menjadikan Kebun Buah Mangunan Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata dalam daftar perjalanan Anda. Dan sebagai gambaran, berikut kami bagikan review lengkap mengenai Kebun Buah Mangunan Yogyakarta. Penasaran? yuk disimak…

Lokasi Kebun Buah Mangunan Yogyakarta

Sesuai namanya, lokasi kebun buah ini berada di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Untuk mencapai lokasi Kebun Buah Mangunan ini tidaklah susah. Tempat wisata ini berada 35 kilometer dari pusat ibukota Yogyakarta dan 15 kilometer dari pusat Kabupaten Bantul.

Kebun Buah Mangunan dibangun sejak tahun 2003 oleh pemerintah Kabupaten Bantul. Luas kebun buah ini mencapai 23,3415 hektar dan dibangun dengan ketinggian 150 hingga 200 meter di atas permukaan air laut. Dari ketinggian tersebut, Anda akan dapat menyaksikan keindahan Pantai Parangtritis di bagian selatan juga Kota Bantul di bagian barat.

Akses Menuju Kebun Buah Mangunan Yogyakarta

Dari Kota Yogyakarta, Anda dapat berkendara ke arah perempatan ringroad Terminal Giwangan. Lanjutkan menuju Jalan Imogiri Timur atau ke arah selatan. Kemudian, ikuti jalan Imogiri Timur hingga ujung pertigaan. Dari pertigaan tersebut, beloklah ke arah kiri hingga menemukan pertigaan kembali. Di sana terdapat papan petunjuk Kebun Buah Mangunan. Ikuti papan petunjuk tersebut. Dari sana, jalanan mulai menanjak dan teruskan perjalanan Anda hingga bertemu gerbang masuk menuju Kebun Buah Mangunan.

Setelah sampai di gerbang masuk, Anda harus memarkirkan kendaraan terlebih dahulu. Perjalanan berikutnya akan Anda tempuh dengan berjalan kaki. Anda harus menapaki anak tangga hingga puncak, dengan jarak kurang lebih 300 meter.

Tiket Masuk Menuju Kebun Buah Mangunan Yogyakarta

Untuk mamasuki kawasan Kebun Buah Mangunan, Anda hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar lima ribu rupiah untuk biaya retribusi. Jika Anda membawa kendaraan untuk sampai ke lokasi ini, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk parkir alias gratis.

Fasilitas Wisata di Kebun Buah Mangunan Yogyakarta

Di Kebun Buah Mangunan ini, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan aneka pohon buah. Ada pohon rambutan, mangga, durian, blimbing, dan sebagainya. Namun, Anda tidak diperbolehkan memetik buah. Jika menginginkan buah dari kebun ini, maka Anda dapat membelinya dengan menghubungi pihak pengelolanya terlebih dahulu.

Ada berbagai fasilitas yang dapat Anda nikmati di Kebun Buah Mangunan ini. Salah satunya kolam yang disertai permainan anak dan ayunan. Fasilitas lainnya yaitu outbond, flying fox, bumi perkemahan, penginapan, jembatan goyang, reflying, dan sebagainya.

Fasilitas-fasilitas yang diberikan di sana ada yang berbayar. Bumi perkemahan misalnya. Jika ingin berkemah di sana, maka pengunjung harus mengeluarkan biaya sebesar lima ribu rupiah per orang. Kolam renang disewakan dengan tarif lima ribu rupiah. Ada pula lintasan downhill ataupun crosscountry yang dapat disewa dengan tarif lima puluh ribu rupiah dengan jumlah maksimal lima orang.

Kebun Buah Mangunan Yogyakarta sebagai Wisata Edukasi

Tidak hanya sebagai tempat wisata, Kebun Buah Mangunan ini juga dapat dijadikan sarana edukasi, loh. Pengunjung dapat mempelajari beragam tumbuhan dan buah yang di tanam di sana, mulai dari proses pembibitan, cara menanam, pembuatan pupuk, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat mengamati beragam pohon buah yang tertata apik di kemiringan bukit Mangunan. Kebun buah ini memiliki 1.500 pohon durian, 220 pohon jeruk, 300 pohon jambu air, 950 pohon mangga, dan 200 pohon buah lainnya. Ada pula 40 ekor sapi yang diternak di sana.

Itulah diatas review kami mengenai Kebun Buah Mangunan Yogyakarta. Cukup menarik, bukan? Tunggu apa lagi, segera agendakan berkunjung ke tempat wisata ini bersama keluarga…

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan