Ingin Berkunjung Menikmati Pesona Pantai Baron Jogja?

pantaibaron

Pantai Baron adalah salah satu pantai yang cukup terkenal di Yogyakarta karena keunikannya, dimana Pantai Baron ini merupakan teluk yang memiliki sebuah aliran sungai di sisi sebelah barat. Sedangkan sumber air sungai ini adalah sungai bawah tanah yang kemudian keluar dari kaki bukit.

Pantai Baron juga menjadi tempat diselenggarakannya sedekah laut oleh masyarakat setempat yang dilakukan setiap tanggal 1 suro, dimana acara ini dimaksudkan untuk mengungkapkan rasa syukur atas hasil laut yang melimpah.

Nah jika anda tertarik ingin berkunjung kesana, berikut ini kami akan bagikan ulasan singkat untuk menggambarkan keadaan obyek wisata tersebut. Anggap saja sebagai perkenalan awal sebelum anda benar-benar menginjakkan kaki kesana.

Lokasi Pantai Baron

Pantai eksotis yang satu ini terletak di Desa Kemadang, di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta dan berada sekitar 40 km jauhnya dari pusat Kota Yogyakarta dengan waktu tempuh yang dibutuhkan adalah sekitar 2 jam hingga 2,5 jam.

Rute Menuju ke Pantai Baron

Anda bisa pergi ke Pantai Baron baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, dengan rutenya adalah sebagai berikut:

  • Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa langsung menuju ke arah Wonosari, di sini Anda sudah bisa menemukan papan petunjuk yang akan langsung mengarahkan Anda menuju ke lokasi
  • Tetapi jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik bis dari Terminal Giwangan dengan jurusan Jogja – Wonosari, lalu lanjutkan naik mini bus yang nantinya akan melewati Pantai Baron.

Fasilitas yang Ada di Pantai BaronBeberapa fasilitas yang bisa Anda temukan di Pantai Baron ini antara lain:

  1. Aneka toko souvenir
  2. Mercusuar
  3. Camping ground
  4. Tempat parkir
  5. Toilet
  6. Warung makan
  7. Penginapan
  8. Wahana permainan anak-anak, dan beberapa fasilitas lainnya

Aktifitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Baron

  • Menikmati pemandangan sambil duduk di atas hamparan pasirnya yang berwarna coklat kehitaman
  • Berburu kuliner di warung-warung yang banyak terdapat di sekitar pantai
  • Berenang
  • Mendaki tebing yang ada di sebelah timur pantai untuk mendapatkan pemandangan yang lebih memukau
  • Naik mercusuar yang ada di atas tebing sebelah timur atau bermalam dengan mendirikan tenda disini
  • Mendaki tebing yang ada di sebelah barat kemudian mengamati pemandangan berupa pembangkit listrik menggunakan tenaga alam yang dinamakan dengan Baron Techno Park

Hal yang Harus Anda Ketahui Mengenai Pantai Baron

  1. Meskipun Pantai Baron bisa Anda capai dengan menggunakan kendaraan umum, tetapi sangat disarankan agar Anda menggunakan kendaraan pribadi terutama sepeda motor karena jalanan menuju ke sana adalah jalanan yang berkelok dan sempit
  2. Taati peraturan yang telah ditetapkan dan jangan sampai membuang sampah secara sembarangan
  3. Ombak Pantai Baron cukup besar sehingga jika Anda berniat untuk berenang, Anda harus berhati-hati
  4. Jika Anda datang di waktu yang tepat, Anda bisa melihat aliran sungai di pantai ini berubah arah dan bisa membelah pasir pantai secara horizontal

Informasi Harga Tiket Masuk ke Pantai Baron

Informasi harga tiket masuk ke Pantai Baron ini antara lain:

  1. Tiket Pos Retribusi Rp 10.000 per orang
  2. Tiket masuk ke Mercusuar Rp 5.000
  3. Sumbangan tangga ke Mercusuar Rp 2.000

Sedangkan untuk biaya parkir, Anda hanya akan dikenai tarif sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Tetapi, harap diingat bahwa baik harga tiket masuk maupun harga parkir yang kami cantumkan ini bukanlah harga mutlak dimana bisa berubah kapan saja.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan