Pesona Hutan Wanagama Jogja yang Penuh Dengan Sejarah

Hutan Wanagama

Jika anda menyukai hal-hal yang menantang dan berhubungan dengan alam seperti misalnya berpetualang maka anda wajib datang ke Jogja. Sebab di Jogja terdapat obyek wisata menarik yang berkaitan dengan alam yaitu Hutan Wanagama. Hutan yang satu ini menawarkan lokasi untuk berpetualang yang menyenangkan dan memacu adrenalin sehingga dijamin seru. Sebetulnya hutan ini awalnya berasal dari daerah yang tandus. Kemudian berdasarkan rintisan Prof Oemi Han’in, maka daerah yang tandus tersebut diubah menjadi hutan yang rindang dan hijau. Hutan ini sudah dibangun sejak tahun 1964 dan hingga saat ini masih tetap terawat dengan baik.

Pesona Keindahan Wanagama

Hutan ini merupakan hutan yang unik dan memiliki berbagai jenis tanaman yang berasal dari daerah yang berbeda. Kondisi tersebut membuat hutan ini sering disebut sebagai miniatur hutan. Saat memasuki Hutan Wanagama, anda akan disambut oleh barisan berbagai jenis pohon. Jenis pohon tersebut antara lain akasia yang banyak digunakan dalam dunia industri, pohon minyak kayu putih yang biasanya digunakan untuk menghangatkan badan, eboni si kayu hitam dari Sulawesi, Cendana, Murbei, Jati dan Pinus. Selain pepohonan, di dalam hutan ini juga terdapat beberapa jenis binatang mulai dari kera, uanggas, serta beberapa jenis reptil.

Uniknya lagi, hutan ini juga memiliki tiga sumber aliran sungai yaitu Banyyu Tibo, Sendang Ayu dan Oya. Sumber aliran sungai tersebut setiap harinya menyuplai kebutuhan air untuk kehidupan di hutan ini sehingga keberadannya sangat diperlukan. Masyarakat sekitar hutan ini juga bergantung dari hutan karena mereka menjalin kemitraan dengan wanagama. Masyarakat sekitar wanagama diperbolehkan menanam rumput kalanjana di kawasan lahan hutan yang masih kosong. Rumput tersebut digunakan sebagai pakan ternak sapi milik masyarakat tersebut. Sedangkan wanagama memperoleh pupuk kandang dari kotoran sapi tersebut sehingga sifatnya saling menguntungkan.

Jenis Tanaman di Hutan Ini

Dari jenis-jenis tanaman yang ada di dalam hutan ini, ternyata ada satu jenis tanaman yang menjadikan Hutan Wanagama mendunia yaitu Pohon Jati (Tectona Grandis) yang ditanam oleh Pangeran Charles tahun 1989 saat berkunjung ke hutan ini. Bahkan konon pohon jati yang ditanaman oleh Pangeran Charles tersebut memiliki hubungan yang unik dengan sanga Pangeran. Karena ketika Sang Pangeran mengumumkan perpisahannya dengan Ratu Diana, pohon jati tersebut seakan ikut sedih sehingga terlihat mengering yang tingginya masih 1 meter.

Hutan Wanagama

Alamat Lengkap Menuju Hutan Wanagama

Hutan Wanagama berada di Kecamatan Patuk dan Playen yang menyajikan pemandangan indah di sepanjang jalan menuju hutan ini. Untuk menuju ke hutan ini juga tidaklah sulit karena anda bisa memilih rute dari perempatan lampu merah sesudah kawasan Rest Area Bunder maka akan ada anak panah yang bertuliskan Wanagama. Setelah menyusuri jalan beraspal maka anda akan melewati jalan yang semakin kecil dan barulah akan terlihat gapura hutan tersebut. Bagi anda yang baru pertama kali datang ke hutan ini mungkin tak menyangka bahwa kawasan ini dahulunya merupakan lokasi yang tandus akibat penebangan liar.

Pilihan Wisata lainnya yang tak kalah seru:

Harga Tiket Masuk ke Wanagama

Harga tiket masuk ke obyek wisata hutan ini sangatlah terjangkau yaitu cukup membayar Rp 5.000 per orang. Selain menyajikan pemandangan hutan yang indah dan udara yang sejuk, di hutan ini terdapat beberapa fasilitas yang cukup memadai untuk pengunjung. Dimana fasilitas tersebut antara lain camping ground, sarana outbound, aula untuk pertemuan, air bersih, trek wisma, dan lain sebagainya. Dengan kondisi yang bersih dan terawat dengan baik maka tak heran bila Hutan Wanagama menjadi salah satu primadona wisata Jogja.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan