Gumuk Pasir Parangkusumo, Sensasi Meluncur Di Bukit Pasir

Gumuk Pasir Parangkusumo

Ingin merasakan liburan ke padang pasir ala timur tengah? Di Yogyakarta terdapat sebuah destinasi wisata yang bisa mewujudkan keinginanmu tanpa jauh-jauh pergi ke luar negeri. Destinasi wisata ini bernama Gumuk Pasir Parangkusumo.

Gumuk Pasir Parangkusumo Terbentuk Secara Alami Seperti Gurun

Gumuk Pasir Parangkusumo adalah sebuah gundukan pasir yang berada di dekat pantai yang terbentuk secara alami dalam jangka waktu yang cukup lama. Destinasi wisata ini merupakan fenomena alam langka yang sangat menakjubkan. Saat berkunjung ke tempat ini, kamu akan berasa seperti sedang berada di gurun pasir yang sangat luas yang umumnya terdapat di kawasan Timur Tengah.

Keberadaan gurun pasir langka ini dulunya hanya dipandang sebagai gundukan pasir yang tidak istimewa. Namun, saat ini telah menjelma menjadi salah satu tempat wisata favorit di Kota Yogyakarta. Di tempat ini kamu dapat melakukan berbagai aktivitas sesuai keinginanmu. Salah satu aktivitas yang sedang diminati para pengunjung adalah sand boarding.

Fasilitas Bermain Sand Boarding Yang Menantang

Sand boarding merupakan olahraga yang hampir mirip seperti berselancar, namun olahraga ini dilakukan untuk  menuruni bukit pasir yang berkelok-kelok. Nah, Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan satu-satunya tempat untuk olahraga sand boarding di Yogyakarta. Bahkan bisa dikatakan sangat jarang sekali untuk menemukan spot sand boarding selain di tempat ini.

Jangan lewatkan wisata jogja lainnya:

Merasa tertantang untuk bermain sand boarding di tempat ini? Untuk para pemula, pengelola akan mengarahkan ke jalur sand boarding yang tidak terlalu tinggi. Namun bagi para pengunjung sudah mahir, pengunjung akan di ajak ke jalur sand boarding yang lebih tinggi. Semakin tinggi bukitnya, semakin menguji adrenalin.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Selain itu jika kamu adalah seorang penggemar fotografi Gumuk Pasir Parangkusumo menawarkan panorama yang sangat menarik terutama saat sore hari. Karena tempat ini juga menyajikan pemandangan matahari tenggelam yang sangat menawan. Tidak jarang tempat ini digunakan sebagai lokasi untuk berfoto Pre-wedding karena keunikannya.

Lokasi Dan Alamat Lengkap Gumuk Pasir Parangkusuma

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo ini cukup mudah dijangkau karena masih berada di kawasan wisata terkenal Pantai Parangtritis. Memang, lokasi gurun langka ini terhitung cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Namun akses jalan dari dan menuju ke lokasi wisata sudah sangat layak dan mudah untuk dicapai. Tempat wisata ini beralamat di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak dari Kota Yogyakarta menuju ke lokasi adalah sekitar 28 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor kurang lebih sekitar 54 menit hingga 1 jam.

Butuh kendaraan untuk ke sana? Ini Pilihannya:

Rute untuk menuju destinasi wisata ini yaitu jika kamu berangkat dari arah Kota Yogyakarta maka kamu harus meuju ke arah selatan, tepatnya ke arah Jalan Parangtritis. Jika kamu sudah melewati Jalan Parangtritis berarti perjalananmu sudah benar. Kamu hanya perlu mengikuti Jalan Parangtritis, lurus menuju ke arah selatan hingga menemui jembatan yang jaraknya sangat panjang. Setelah itu, kamu akan menjumpai loket pembayaran retribusi Pantai Parangtritis. Sebelum pos retribusi belok ke kanan. Dari sini kamu akan menjumpai papan petunjuk arah menuju ke tempat wisata ini. Ikuti saja jalannya, maka kamu akan sampai di Gumuk Pasir Parangkusumo.

Murah Meriah Tiket Masuknya

Harga tiket masuk kawasan wisata alam ini sangat terjangkau. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5.000,-. Sedangkan biaya parkirnya Rp. 2.000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000,- untuk kendaraan roda empat. Jika kamu berminat untuk bermain sand boarding, tarif sewanya sebesar Rp. 150.000,- dengan waktu yang tidak terbatas. Fasilitas umum di tempat wisata ini bisa di katakan cukup lengkap yaitu warung makan, tempat parkir, toilet dan spot foto.

Merasa tertantang untuk menguji adrenalin di destinasi wisata alam langka dan satu-satunya di Yogyakarta ini? Yuk berangkat.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan