Menikmati Sejarah Serta Ritual Unik Di Gua Selarong Jogja

Goa Selarong

Berwisata religi merupakan kebutuhan setiap manusia untuk mendekatkan diri pada Penciptanya. Tidak hanya mengunjungi tempat-temat beribadah dan berdoa, berwisata mengunjungi lokasi makam atau tempat petilasan juga termasuk dalam wisata religi. Salah satu destinasi wisata religi di Jogja adalah Gua Selarong.

Gua Religi Yang Penuh Cerita Bersejarah Pahlawan Bangsa

Di masa saat perlawanan Diponegoro terhadap Belanda dari tahun 1825 sampai 1830, Gua Selarong merupakan kunci keberhasilan dari perjuangan Diponegoro serta pasukannya. Selain dimanfaatkan sebagai tempat persembunyian, gua ini juga dipakai sebagai markas untuk mengatur taktik mengusir penjajah dari tanah Jawa. Pangeran Diponegoro pindah ke gua tersebut setelah kediamannya di Tegalrejo dibakar habis oleh Belanda.

Gua Selarong
Selain mengunjungi Gua, kamu juga bisa menikmati pemandangan alam yangs sejuk.

Keunikan dari tempat ini adalah tempat bersejarah berbentuk kecil namun bisa digunakan menjadi tempat persembunyian puluhan orang. Secara logis sangat sulit bersembunyi jika hanya dengan goa sekecil itu. Namun nyatanya, para tentara Belanda tidak bisa menemukan mereka. Di lokasi ini juga digunakan sebagai tempat berdoa, kamu akan menemukan dupa-dupa dari ritual khas penduduk.

Keunikan Di Sekitaran Gua Selarong Ini

Dibalik keunikannya, gua ini memiliki pesona panorama yang asri dan cocok dimanfaatkan sebagai kawasan perkemahan karena suasana alamnya yang sejuk dan segar khas pegunungan. Berjalan sekitar 200 meter dari lokasi, terdapat anak tangga yang agak curam. Setelah menyusuri anak tangga, kamu akan disajikan dengan pemandangan 2 buah gua. Gua yang pertama berada di kanan tangga bernama Gua Putri, disebut Gua Putri karena tempat ini merupakan tempat untuk beristirahatnya Raden Ayu Ratnaningsih, istri dari Pangeran Diponegoro dengan lebar kurang lebih 3 meter. Dan yang kedua berada di sebelah kiri tangga bernama gua kakung, disebut gua kakung karena gua ini digunakan oleh Pangeran Diponegoro sendiri dengan ukuran sekitar 2 meter. Masing-masing gua mempunyai kedalaman dan tinggi 1,5 meter.

Kunjungi juga wisata religi ini:

Dari halaman gua ini kamu bisa puas melihat pemandangan sekitar serta air terjun yang tidak jauh dari lokasi. Selain menawarkan wisata sejarah dan panorama yang indah di goa selarong juga terdapat grebegan setiap setahun sekali. Grebeg Gua Selarong di gelar oleh masyarakat Desa Guwosari diawali dengan kirab budaya dari pelataran balai desa menuju ke kawasan wisata Gua Selarong untuk dilakukan ritual doa bersama. Sekitar lima belas bregodo dari setiap pedukuhan juga tidak lupa membawa gunungan yang berisi bermacam-macam hasil bumi. Ritual Grebeg Selarong bertujuan untuk meneladani dan mengingat perjuangan Pangeran Diponegoro yang membangun markas pertahanan di gua ini yang berjuang melawan penjajahan Belanda  tahun 1825 hingga 1830. Selain itu, Gunungan sebagai simbol perwujudan syukur kepada Tuhan atas limpahan rezeki berupa hasil panen yang berlimpah. Selain gunungan yang berisi hasil bumi, masing-masing bregodo menyajkan berbagai macam kreasi kesenian rakyat.

Lokasi Menuju Goa Selarong Paling Cepat Dan Termudah

Lokasinya berada di Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Rute jalan yang bisa kamu tempuh untuk mencapai Gua Selarong yaitu berangkat dari perempatan ring road terminal Giwangan menuju kearah kanan menuju perempatan jalan Bantul, dari jalan Bantul belok ke kiri hingga sampai pertigaan jalan Selarong, sampai di pertigaan jalan Selarong belok ke kanan mentok belok ke kiri, setelah itu belok ke kanan hingga sampai di pertigaan. Sampai di pertigaan belok ke kiri, kamu hanya perlu mengikuti jalan Selarong. Sekitar 20 menit berkendara, kamu akan menemukan penunjuk goa Selarong berbelok ke arah kanan. Terdapat patung Pangeran Diponegoro sedang naik kuda, kamu sudah sampai di lokasi. Bagi kamu yang pengen nyantai dan nggak pengen ribet silahkan memakai jasa Rental Mobil Onejogja saja, dipastikan harga murah dan pelayanan terbaik.

Biaya Masuk Cuma Bayar Parkir Saja

Fasilitas Gua Selarong sudah lengkap seperti toilet, area parkir, taman bermain, gazebo, mushola, dan area berkemah. Biaya tiket masuk ke Gua Selarong sebesar Rp. 2.250,-. Biaya parkirnya sebesar Rp. 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp. 5.000,- untuk mobil. Sangat murah bukan?

Sekian ulasan tentang Gua Selarong. Manfaatkan liburanmu untuk mengunjungi gua unik tempat gerilya Pangeran Diponegoro.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan