Keindahan Berbalut Aura Mistis Di Gua Maria Tritis

gua maria tritis

Ketika kamu berencana untuk berwisata ke Jogja, wisata mana saja yang akan kamu jadikan destinasi wisata? Wisata alamnya yang mempesona atau bangunan bersejarah yang memiliki nilai budaya yang tak ternilai? Nyatanya Jogja tidak hanya memiliki wisata alam yang indah, tetapi juga tempat wisata dengan nuansa religi yang berpadu dengan alam yaitu Gua Maria Tritis.

Gua Maria Tritis Direnovasi Menjadi Lebih Indah

Sebelum dikenal seperti sekarang, gua ini dipercaya sebagai tempat yang angker hingga membuat tak ada orang yang berani berkunjung. Konon, dulu gua ini dipakai bertapa oleh para pangeran dari Kerajaan Mataram. Karena keangkerannya, gua ini tidak pernah dijamah oleh manusia. Namun, lama kelamaan gua ini diperbaiki dan dibersihkan. Mulai saat itu kesan angker mulai menghilang. Dengan struktur gua yang indah memunculkan ide untuk menjadikan sebagai tempat berdoa. Gua ini berubah menjadi tempat favorit para peziarah.

Jika kamu pemeluk agama katolik, Gua Maria Tritis menjadi magnet yang akan membuatmu tertarik dan takjub. Tidak hanya menawarkan suasana religius, gua ini mempunyai keindahan alami. Gua ini dipercaya sebagai oase penenang batin.

Gua Maria Tritis
Salah satu sudut kawasan Gua Maria Tritis.
Source: Kompasiana.com

Oiya, apapun keyakinanmu, kamu dapat mengunjungi dan menikmati keindahannya karena gua ini dibuka untuk umum. Kamu dapat masuk dan melihat isi di dalam gua. Gua Maria Tritis memiliki mulut gua yang besar, sehingga tetap terang meskipun kamu sudah memasuki gua. Kamu bisa berfoto tanpa perlu menggunakan penerangan. Kamu juga bisa berfoto dari luar gua karena pemandangannya juga tak kalah bagusnya.

Kereligiusan Tinggi Yang Terdapat Di Gua Katolik Ini

Untuk mencapainya, kamu harus berjalan kaki menyusuri hutan jati dengan jalan setapak di tengah bukit karang yang tandus. Terdapat dua rute untuk mencapai gua ini yaitu rute dengan panjang sekitar 1,5 meter dan rute pendek 500 meter. Di beberapa spot terdapat tempat-tempat berisi diorama proses penyalipan Yesus.

Ketika kamu sampai di mulut gua, suasana hening langsung terasa. Namun sesekali suara gemercik air dan jeritan kelelawar akan memecah keheningan gua. Lelahnya hidup terasa seperti hilang seketika. Hembusan angin yang membuat lilin bergoyang akan menyadarkanmu bahwa masih ada petunjuk kehidupan. Kamu dapat melihat lorong-lorong kecil di setiap sudut gua. Tepat di tengah gua terdapat patung Maria dengan ukuran besar. Terlihat perjamuan di altar gua yang terbuat dari batu alam. Berbagai objek indah seperti diorama-diorama Yesus, Stalaktit dan stalakmit yang gagah serta patung Maria di dalam gua akan memberikan pengalaman yang berkesan.

Dengan lantai tempat duduk terbuat hamparan keset kusam, tempat berdoa ini jauh dari kesan mewah. Sederhana dan megagumkan kan? Pada bulan Maria, yaitu bulan Mei dan Agustus Gua Maria Tritis ramai dikunjungi peziarah. Jika kamu menginginkan untuk mengikuti ibadah Novena, kamu dapat berkunjung pada hari minggu bulan pertama.

Lokasi Gua Katolik Ini Berada Di Jalur Pantai Baron

Lokasi Gua Maria Tritis berada di jalan Sapto Sari Dusun Bulu Desa Giring Kecamatan Palian Gunungkidul. Tidak sulit menemukan lokasi gua ini. Jalan yang lebar dan mulus membuat perjalananmu bertambah nyaman. Gua Maria Tritis terletak 50 KM selatan kota Jogja kearah Pantai Baron yang dapat ditempuh dengan waktu 1,5 jam perjalanan.  Dari jalan menuju ke Pantai Baron, terdapat papan petunjuk di pertigaan kemudian ambil arah ke kanan.

Kamu tidak akan dikenakan biaya untuk memasuki Gua Maria Tritis alias gratis. Oiya Fasilitas di tempat ini sudah cukup lengkap. Lahan parkir yang luas sudah tersedia. Toilet dan penginapan pun dapat dengan mudah kamu temukan. Jika ingin menginap, kamu dapat menginap di pondok inap yang letaknya tidak jauh dari kompleks gua. Tersedia jasa sewa payung jika kamu tak ingin berpanas-panasan. Bagi peziarah berusia lanjut, tersedia tandu yang dapat digunakan untuk pulang-pergi dari gua ke tempat parkir dengan biaya Rp. 100.000,-.

Demikian ulasan tentang Gua Maria Tritis. semoga dapat menjadi referensi liburanmu.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan