Menghirup Kedamaian Di Gua Maria Sendangsono

gua maria sendangsono

Kamu mengalami kegelisahan? Meskipun kamu sudah mencari solusi untuk kegelisahanmu, nyatanya perasaanmu masih belum bisa tenang. Kondisi seperti ini akan membuatmu tidak bisa mengerjakan pekerjaanmu karena tidak fokus. Jika kamu merasakan hal ini, mungkin kamu butuh berkunjung ke tempat yang nyaman dan tenang. Jika kamu beragama Katolik, kamu bisa berwisata rohani untuk mendekatkan diri pada Tuhan. Berwisata rohani bisa mengurangi kegelisahan yang kamu alami. Salah satu tempat wisata religi umat katolik di Jogja yang bisa kamu singgahi adalah Gua Maria Sendangsono.

Gua Maria Sendangsono Jadi Bukti Sejarah Katolik Di Jogja

Gua Maria Sendangsono merupakan tempat yang penuh akan nilai sejarah dan merupakan salah satu pusat awal perkembangan agama Katolik di Jogja. Pada awalnya, tempat ini dikenal dengan tempat peristirahatan pejalan kaki. Tempat yang rindang ditambah dengan mata air diantara dua pohon   menjadikan tempat ini sering dikunjungi. Kenyamanan dan ketenangan yang kamu dapatkan disini membuat kamu ingin berlama-lama disini.

Awal diberinya nama Gua Maria Sendangsono adalah sejak umat Kalibawang mengangkat Patung Maria ke kawasan gua. Kemudian para pemuda katolik meletakkan tempat penampakan Bunda Maria di bawah patungnya. Hingga terciptalah nama Gua Maria Sendangsono. Pembangunannya dilakukan terus menerus hingga akhirnya kawasan ini mendapatkan penghargaan dengan arsitektur terbaik pada tahun 1991.

Dibangun Dengan Desain Natural Dan Menawan

Kawasan ini hadir dengan desain alami dan natural yang menawan. Paduan dari nuansa alami yang indah dipadukan dengan bangunan yang unik akan membuatmu tertarik. Ketika kamu memasuki gua, kamu akan menemukan Patung Maria. Di depan patung terdapat sebuah altar ibadah dan uniknya kamu bisa meninggalkan surat ke Maria di meja altar. Sebuah pengalaman petualangan spiritual yang baru ketika kamu memanjatkan doa di depan altar Maria di tempat ini.

gua maria sendangsono
Suasana salah satu kegiatan di Gua Maria
Source: www.kulonprogo.boz

Banyak aktifitas yang bisa kamu lakukan di Gua Maria Sendangsono. Aktifitas yang paling utama yang bisa kamu lakukan adalah berziarah untuk menghadirkan ketenangan jiwa. Kamu bisa mengikuti Misa atau menelusuri kisah pendeta dengan berjalan di Jalan Salib. Kamu bisa berdoa dibawah pohon sambil menikmati udara yang sejuk. Tak cukup hanya beribadah di tempat ini, kamu juga bisa melihat pemandangan alam dan udara khas pegunungan yang sejuk. Terdapat sebuah aliran sungai dengan aliran tenang yang membuatmu terhipnotis. Jika kamu menyusuri kawasan ini, kamu akan menemukan beberapa pendopo yang bisa kamu gunakan untuk istirahat. Oiya, Pengunjung yang beragama lain juga tetap bisa menikmati keheningan di tempat ini.

Akses Menuju Gua Maria Mudah Dan Dekat

Gua Maria Sendangsono terletak di Kabupaten Kulon Progo. Tepatnya di desa Banjaroyo kecamatan Kalibawang, Provinsi Yogyakarta. Akses yang kamu tempuh menuju ke lokasinya tidak terlalu susah, dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda 4. Kamu bisa menempuh dari arah Tugu Jogja ke jalan Godean, lalu menuju ke Sentolo arah Kalibawang. Setelah masuk kawasan Desa Banjaroyo, maka kamu akan sampai di Sendangsono. Jika kamu takut tersesat, gunakanlah GPSmu ya.

Oiya, Gua Maria Sendangsono  buka selama 24 jam. Kamu tidak akan dikenakan biaya tiket masuk. Namun kamu bisa memberi sumbangan seikhlasnya dengan memasukkannya di kotak sumbangan yang tersedia.

Nilai Religi Di Dalam Gua Maria Sendangsono

Fasilitas yang disediakan pihak Gua Maria Sendangsono sudah cukup lengkap, antara lain adalah terdapat area parkir yang luas, beberapa toilet, warung makan, toko souvenir dan sudah disediakan juga jalan khusus penyandang disabilitas. Jika kamu berencana menginap, kamu bisa memilih beberapa penginapan yang terdapat disekitar kawasan Gua Maria Sendangsono.

Saat akan pulang, jangan lupa untuk mengambil air sendang. Membawa pulang dan meminum air sendang dipercaya dapat mendatangkan berkah. Dengan membawa air itu, permohonan yang kamu sampaikan akan terasa lebih lengkap.

Inilah yang akan kamu temukan di lokasi wisata Gua Maria Sendangsono. Lokasi wisata religi di Jogja dengan Gua Maria yang terkenal hingga seluruh dunia. Sempatkan waktu untuk mengunjungi Objek wisata ini ya. Eits, ada juga Gua Maria yang lain cek artikel kami tentang Gua Maria Tritis.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan