Gua Kalisuci, Menikmati Cave Tubing Dengan Panorama Yang Tiada Duanya

Gua Kalisuci

Yogyakarta seakan menjadi paket lengkap bagi para penggemar travelling. Bagaimana tidak, Kota Gudeg ini menyediakan berbagai jenis tempat wisata menarik yang memiliki keindahan dan keunikan. Di Yogyakarta, tepatnya di daerah Gunungkidul terdapat banyak gua yang sangat menawan karena daerah Gunungkidul terdiri atas gunung kapur. Salah satu gua yang sayang untuk dilewatkan adalah Gua Kalisuci.

Panorama Aduhai Dari Gua Kalisuci Yogyakarta

Gua tersebut merupakan tempat wisata baru di kawasan Gunung Kidul karena baru dibuka untuk umum beberapa tahun ini. Gua ini merupakan salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi oleh para pecinta alam yang menyukai tantangan. Kegiatan yang menjadi daya tarik di tempat wisata ini adalah Cave Tubing. Cave Tubing adalah perpaduan dari arum jeram (rafting) dan susur gua (caving). Dengan melakukan kegiatan Cave Tubing di Kalisuci, kamu bisa mengagumi keindahan pegunungan karst yang ada di Gunungkidul. Kamu juga bisa merasakan sendiri bagaimana derasnya air yang akan membawamu menyusuri indahnya lorong-lorong gua.

Gua Kalisuci

Peserta Cave Tubing di Gua Kalisuci akan melewati jalur sungai sepanjang 600 meter dengan waktu 2 jam perjalanan. Saat perjalanan dimulai, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan aliran sungai yang akan ditelusuri. Jalur yang meliuk-liuk, ditambah dengan panorama alam di atas tebing berpadu dengan warna bening air ditambah warna coklat dari dinding gua serta indahnya atap gua yang berhiaskan stalaktit semakin membuat takjub.

Menelusuri Goa Dengan Penuh Ketakjuban

Kedalaman air di tempat ini sangat bervariasi antara 1 hingga 3 meter. Ketika mulai masuk ke jalur antara Gua Suci dan Gua Gelatik, suasana terang perlahan menjadi gelap. Rasa was-was mencari cahaya akan mulai pudar saat di ujung perjalanan.

Jangan lewatkan pesona alam ini:

Cave Tubing kawasan karst hanya dibuka saat musim kemarau. Sedangkan saat musim hujan Cave Tubing tidak akan dibuka karena volume air sedang naik. Jadi jika kamu berminat mengunjungi Kalisuci untuk merasakan Cave Tubing sebaiknya datang saat musim kemarau.

Lokasi gua ini cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta. Gua ini beralamat di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Alamat Lengkap Gua Kalisuci Yogyakarta

Rute menuju tempat ini sangat mudah dijangkau. Jika dari pusat Kota Yogyakarta, berngkat ke arah selatan melewati Jalan Mataram, setelah menjumpai perempatan lalu belok ke arah timur menuju Jalan Juminahan, lalu menuju ke Jalan Bausasran, lurus melewati Jalan Kenari sampai menjumpai perempatan lalu belok ke timur melewati Jalan Kusumanegara, sampai ke perempatan lalu belok ke kanan melewati Jalan Gedong Kuning, setelah menjumpai perempatan lalu ke arah timur melewati Jalan Wonosari. Ikuti jalan ini hingga sampai ke perempatan menuju Jalan Kalisuci, sampai di tempat ini kamu akan melihat papan petunjuk arah menuju ke tempat wisata Gua Kalisuci. Waktu tempuh untuk kendaraan bermotor jika berangkat dari pusat Kota Yogyakarta kurang lebih 1,5 jam.

Jika ingin sewa mobil, di sini pilihannya:

Harga Tiket Masuk Ke Goa

Harga tiket masuk ke Gua Kalisuci sebesar Rp. 5.000,-/orang dan untuk mencoba merasakan Cave Tubing kamu harus membayar biaya sebesar Rp. 70.000,-/orang. Biaya ini tidak akan terasa berat karena kamu akan mendapatkan pengalaman yang sangat mengesankan. Tiket parkir di tempat wisata ini adalah Rp. 2.000,- untuk kendaraan roda dua, Rp. 5.000,- untuk mobil, Rp. 10.000,- untuk micro bus, dan Rp. 15.000,- untuk bus.

Fasilitas yang disediakan untuk di tempat ini sudah cukup lengkap yaitu warung makanan dan area parkir yang cukup luas. Sedangkan untuk para peserta Cave Tubing, fasilitas yang didapatkan yaitu pelindung kepala, tabung oksigen, jasa pemandu, jaket pelampung, head lamp dan Pengaman lutut.

Tertarik untuk menyusuri keindahan destinasi wisata ini? Kamu akan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan. Segera atur jadwal ya!

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan