Gereja Ganjuran: Uniknya Kombinasi Budaya Jawa-Hindu-Budha Dan Eropa

Berwisata merupakan kegiatan seru bagi setiap orang. Ada yang memang pecinta traveling untuk menemukan tempat-tempat baru sambil menikmati keindahan alam, berburu spot menarik untuk berselfie, ada juga yang ingin mencari ketenangan batin. Nah, jika kamu adalah tipe traveler yang suka mencari ketenangan batin dan sedang berada di Jogja, tidak ada salahnya jika kamu mencoba mengunjungi wisata religi Gereja Ganjuran.

Salah Satu Gereja Katolik Yang Pertama Kali Dibangun

Gereja Ganjuran memiliki nama Gereja Hati Kudus Ganjuran. Disebut Ganjuran, karena lokasinya berada di wilayah Ganjuran. Gereja ini merupakan destinasi wisata yang memiliki bangunan Gereja Katolik pertama di Kabupaten Bantul. Gereja Ganjuran dibangun pada tahun 16 April 1924 dan diresmikan pada tanggal 20 Agustus 1924. Hingga saat ini gereja masih beroperasi dan masih digunakan sebagai tempat beribadah bagi penganut Katolik. Kamu tidak hanya menemukan bangunan gereja saja, tetapi juga Candi Ganjuran. Bangunan Gereja Ganjuran didirikan dengan nuansa Jawa, sedangkan candinya merupakan perpaduan dari nuansa Hindu, Budha dan Jawa. Komplek destinasi wisata religi ini sering dijadikan sebagai tempat ziarah.

gereja ganjuran

Komplek Gereja Ganjuran menawarkan kedamaian yang berbeda dari destinasi wisata lainnya. Banyak pengunjung yang khususnya umat Katolik menikmati suasana ketenangan saat mengunjungi tempat ini. Kamu bisa memanjatkan doa dan berkeluh kesah dalam kehidupan di dunia. Jangan kawatir terlihat aneh karena setiap pengunjung yang datang juga bermaksud melakukan hal yang sama di tempat ini. Tak sedikit pengunjung yang memang sengaja datang untuk mengikuti acara perayaan di hari besar umat Katolik. Bahkan banyak pengunjung dengan status mahasiswa yang menjadikan Gereja Ganjuran sebagai tempat favorit untuk berdoa atau misa bersama.

Beragam Budaya Dalam Satu Bangunan Gereja

Gereja yang memiliki kombinasi budaya Eropa, Jawa, Hindu-Budha ini terlihat jelas dari Warna Eropa yang tampak jelas dalam bangunan berbentuk salib dari atas. Nuansa Jawa terlihat dari bangunan Joglo dengan ornament khas Jawa. Nuansa Jawa dapat kamu temukan pada altar, tempat menyimpan alat misa, wadah air baptis dan patung Yesus serta Maria dalam balutan busana Jawa. Di altarnya dipahat relief bunga, tiga burung pemakan bangkai, pepohonan serta dua rusa yang sedang minum.

Pada sisi kanan dan kiri gereja, terdapat relief yang menggambarkan Hati Kudus Yesus sebagai Raja Jawa di atas singgasana dan relief Bunda Maria sebagai ratu jawa yang sedang menggendong bayi Yesus. Unsur Hindu-Budha dapat kamu temui pada Candi Hati Kudus Yesus atau Candi Ganjuran dan terdapat mata air dibawahnya. Konon, sumber air yang diberi nama Tirta Perwitasari ini diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Kamu dapat meminumnya secara langsung. Jika kamu mempunyai hajat, kamu dapat melakukan ritual doa dan mengambil air dari mata air ini kemudian masuk kedalam candi dan berdoa di depan patung Yesus.

Lokasi Mudah Menuju Gereja Ganjuran

Gereja Ganjuran terletak di Dusun Ganjuran, Desa Sumbermul, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Rute yang dapat kamu tempuh dari Kota Jogja kea rah selatan melewati jalan Bantul. Dari Jalan Bantul, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Jalan Bambanglipuro, setelah menemukan pertigaan Ganjuran ambil arah ke kiri, kurang lebih 1 kilometer dari pertigaan kamu telah sampai di Gereja Ganjuran.

Tenang, kamu tidak dikenakan biaya untuk tiket masuk. Jam operasional Gereja Ganjuran selama 24 jam. Apapun keyakinanmu, kamu dapat menikmati keindahan dan ketenangan bangunan ini. Fasilitas yang terdapat di tempat wisata ini sama seperti di gereja lainnya. Berbagai fasilitas penunjang kegiatan beribadah semuanya ada. Dapat kamu temukan jadwal misa, mulai dari misa harian, misa bulanan hingga misa prosesi agung sakramen Maha Kudus. Terdapat toilet, pohon-pohon yang membuatmu betah berlama-lama karena nyamannya dan tempat parkir yang luas.

Oh ya, selain Gereja ini, ada pula wisata religi lain untuk umat katolik yang tak kalah menarik dan perlu kamu baca ulasannya. Dialah Gua Maria Sendangsono. Mengunjungi Gereja Ganjuran sepertinya akan menjadi liburan yang tak akan terlupakan dan akan membawa ketenangan dalam jiwa. Ajaklah kerabat maupun sahabatmu untuk membuat liburanmu semakin berkesan.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan