Mencari Rahmat Illahi Di Desa Wisata Mlangi

Sudah pernah berwisata religi? Berwisata religi nyatanya tidak hanya menyegarkan pikiran, namun juga menentramkan batin. Daripada hanya berdiam diri di rumah, kamu bisa menggunakan waktu liburanmu untuk mencoba berwisata religi. Salah satu tempat wisata religi yang ramai dikunjungi adalah Desa Wisata Mlangi.

Dalami Sisi Religius Di Desa Wisata Mlangi

Desa Wisata Mlangi dulunya merupakan hadiah dari Sultan Hamengku Buwono I pada kerabatnya yaitu Kyai Nur Iman yang memiliki nama asli Pangeran Hangabehi Sandiyo. Hadiah tersebut oleh Kyai Nur Iman dijadikan sebagai lokasi untuk mengembangkan agama Islam. Kemudian didirikanlah tempat mengajar para santri. Kata mengajar dalam bahasa jawa adalah mulangi hingga akhirnya disebut dengan Mlangi.

Di tempat ini terdapat sebuah masjid yang merupakan bangunan tertua yang dibangun pada masa Kyai Nur Iman pada tahun 1760. Meskipun sudah mengalami beberapa kali pemugaran namun struktur bangunan aslinya masih dapat di nikmati. Bahkan mimbar putih yang dulunya dipakai oleh Kyai Nur Iman untuk mengajarkan agama Islam masih terawat dengan baik. Setelah Kyai Nur Iman wafat, tempat peristirahatan terakhirnya berada sebelah selatan Masjid. Makamnya selalu ramai dikunjungi para peziarah, terlebih lagi saat tanggal 15 bulan Suro dan bulan Ruwah. Tanggal 15 bulan Suro merupakan tanggal wafatnya Kyai Nur Iman.

Terdapat Beberapa Pesantren Di Desa Wisata Mlangi

Desa Wisata Mlangi
Salah satu Pesantren di Desa Wisata Mlangi

Sekarang di Desa Wisata Mlangi terdapat kurang lebih sekitar 10 pesantren. Semua Pesantren mengelilingi masjid Jami’, di sebelah utara merupakan Pesantren Al Falakiyah, di sisi Timur terdapat Pesantren Al-Huda, sebelah selatan merupakan Pesantren Al-Salafiyah. Pesantren Al Salafiyah adalah pesantren yang paling tua yang dibangun mulai 5 juli 1921 oleh K.H. Masduki. Pada mulanya, As-Salafiyah bukan sebuah pesantren, hanya komunitas belajar agama islam di sebuah mushola berukuran kecil. Komunitas itu kemudian berkembang menjadi pesantren karena banyak peminatnya. Meskipun tidak begitu besar, pesantren As-salafiyah memiliki kurang lebih sekitar 300 santri dengan metode mengajar yang tidak kalah bersaing dengan sekolah umum. Saat bulan ramadhan tiba, desa ini diramaikan dengan kegiatan ibadah ritual yang di gelar oleh warga sekitar, peserta kegiatan tidak hanya berasal dari dusun Mlangi saja, bahkan ada juga beberapa warga sekitar juga ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

Wisata religi yang ini juga menarik:

Disamping nilai keagamaan yang begitu kental bukan berarti kegiatan duniawi tidak ada di Desa Mlangi. Lokasi ini juga terkenal sebagai penghasil tekstil. Dari tahun ke tahun produknya mengalami kemajuan dengan corak dan macam yang berbeda. Tahun 1920 hingga tahun 1965, desa ini sempat menjadi penghasil Tenun dan Batik cetak. Namun keadaan memudar seiring dengan hadirnya batik sablon. Sekarang, yang paling banyak ditemui di tempat ini adalah peci, jilbab, net untuk bulutangkis, berbagai motif celana batik dan papan karambol.

Lokasi Mudah Menuju Desa Religi Mlangi

Dusun Mlangi berlokasi di sebelah Barat laut Kota Jogja. Alamat tepatnya yaitu di desa Mlangi, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Rute yang dapat kamu tempuh jika dari perempatan Ringroad Demakijo yaitu menuju ke arah utara, di sebelah kanan atau timur kamu akan menjumpai rumah Sakit Queen Lativa, dari sini  belok ke kiri kurang lebih sekitar 500 meter maka kamu akan sampai di desa Mlangi. Selain rute itu, untuk menuju desa Mlangi kamu bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus Jogja Tempel kemudian turun di dekat Rumah sakit Queen Latifa Ringroad barat, setelah itu berjalan ke barat kurang lebih sekitar 500 meter. Bisa juga menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil dengan rute seperti petunjuk.

Untuk mengunjungi dusun Mlangi, kamu tidak akan dipungut biaya sedikitpun alias gratis, bahkan yang beragama islam dapat dengan mudah beribadah di Masjid Jami’ Mlangi ini. Fasilitas wisata seperti toilet, warung makan dan toko souvenir sudah ada, namun masih membutuhkan peningkatan.

Bersiaplah untuk mengunjungi Desa Wisata Mlangi. Temukan pengalaman yang tidak bisa kamu temukan di tempat wisata lainnya.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan