Desa Wisata Krebet, Surga Pemburu Pernak Pernik Batik

Desa Wisata Krebet

Kota Jogja memang istimewa. Kota ini menawarkan destinasi berbagai wisata yang menarik baik itu destinasi sejarah, budaya, kerajinan hingga wisata alam. Kota Jogja sangat terkenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Kota Gudeg ini selalu dipadati oleh pengunjung setiap tahunnya. Terlebih pemerintah kota Jogja sering mengupdate setiap desanya menjadi desa wisata. Terdapat puluhan desa wisata yang di tawarkan oleh kota Jogja. Masing-masing mempunyai keunikannya tersendiri. Salah satu desa yang menjadi desa wisata yang menarik adalah Desa Wisata Krebet.

Beraneka Ragam Pernak Pernik Berbalut Batik di Desa Wisata Krebet

Desa Wisata Krebet mempunyai keunikan yang berbeda dibanding desa lain. Desa ini merupakan desa pengrajin batik dari kayu. Mungkin kamu belum pernah mendengar mengenai batik kayu. Jika biasanya kamu mengenal batik yang digambar diatas kain, maka batik yang dihasilkan oleh warga Dusun Krebet adalah diatas kayu. Warga Krebet yang kreatif dan inovatif memanfaatkan kayu sebagai media untuk membatik hingga berhasil membuat karya cantik bernilai tinggi dan mempunyai nilai artistik serta banyak diminati oleh wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

Desa wisata krebet
Deretan batik kayu karya pengrajin di desa wisata krebet.
Sumber: Bisnisukm.com

Motif yang ditawarkan sangat beragam seperti motif Kawung, Parangbarong Parangrusak, Sidomukti dan masih banyak motif lainnya. Polanya cukup sulit karena dibuat secara manual, tidak dicetak dan tentunya membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi. Proses membatik dengan media kayu membutuhkan keterampilan tersendiri, sangat berbeda dengan membatik di atas kain. Kayu yang digunakan sebagai media membatik mulai dari kayu mahoni, klepu, dan sengon. Hasil kreasi kerajinan batik kayu antara lain wayang, patung, bingkai cermin, topeng dengan motif batik, gantungan kunci, dan beberapa souvenir lainnya. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp. 1.500,-  hingga berharga jutaan rupiah.

Selain Membuat, Desa Ini Juga Memberikan Edukasi

Banyak karya kerajinan yang dihasilkan oleh Desa Wisata Krebet ini. Kerajinan yang dihasilkan dari Desa Wisata Krebet ini berupa kerajinan mebel bambu dan kayu, tatah sungging, genteng kayu, dan beberapa kerajinan dalam skala kecil seperti pisau dapur, irus, bahkan tikar anyam. Selain itu, di kampung wisata ini terdapat empat puluh sanggar untuk berlatih membatik kayu. Kamu tidak hanya bisa melihat dan membeli hasil kerajinan warga setempat. Bahkan, kamu juga bisa mencoba membuat batik kayu dan membawa pulang hasil karyamu. Warga desa wisata ini sangat ramah sehingga kamu tidak perlu khawatir jika mengunjungi Desa Krebet.

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu tempat tanpa mencicipi berbagai kuliner khas tradisionalnya. Disini, kamu dapat dengan mudah menemui makanan dan minuman tradisional yang bisa kamu cicipi disana, sebut saja Gudeg Manggar, Tempe Bacem, Tape singkong, Legen, Wedang asem dan masih banyak yang lainnya.

Disini juga menyediakan homestay-homestay yang bisa kamu gunakan menginap dan mengenal lebih jauh kehidupan Desa Krebet. Harganya? Jangan kawatir, sangat terjangkau jika dibandingkan dengan penginapan-penginapan yang ada di kota. Harganya berkisar antara Rp. 80.000,- hingga Rp. 150.000,-.

Lokasi Mudah Menuju Desa Wisata Krebet

Desa wisata Krebet ini berada di Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Letaknya di Bukit Selarong, tempatnya dikenal sebagai tempat pertapaan Pangeran Diponegoro, Krebet berbatasan dengan Desa Guwosari, Triwidadi dan Bangunjiwo. Untuk bisa menuju Dusun Krebet, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 15 kilometer dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Tidak perlu takut dengan kebosanan yang akan menghampirimu, Sepanjang perjalanan hingga sampai di tempat tujuan, kamu bakal dimanjakan dengan suasana alam pedesaan yang masih alami dan menenangkan.

Itulah pesona Desa Wisata Krebet, sudah ada gambaran bukan? Tidak ada ruginya jika mengunjungi Desa Wisata ini karena kamu akan mendapatkan pengalaman yang tidak bisa dilupakan. Jangan beranjak dulu, cek ulasan tentang Desa Wisata Manding yang tak kalah seru, supaya referensi wisatamu di Jogja kian banyak.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan