Desa Wisata Kasongan, Kampung Gerabah Yang Tersohor Hingga Mancanegara

Desa Wisata Kasongan

Terdapat banyak sekali jenis destinasi wisata yang unik dengan konsep-konsep yang kreatif. Begitu pula saat kamu berwisata ke Jogja, terdapat beberapa objek wisata sayang untuk dilewatkan, mulai dari wisata edukasi, wisata belanja hingga wisata budayanya. Salah satu tempat wisata yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menghabiskan liburan adalah mengunjungi Desa Wisata Kasongan.

Banyak Pengrajin Gerabah Di Desa Wisata Kasongan

Desa Kasongan yang merupakan salah satu desa wisata yang terbentuk dari sejarah di masa lalu yang mengolah tanah liat untuk dijadikan sebagai perlengkapan dapur dan juga untuk keperluan sehari-hari hingga mainan anak. Seiring berjalannya waktu hasil karya penduduk mulai dikenal oleh kalangan masyarakat luas dan semakin berinovasi. Tidak lagi hanya membuat perlengkapan rumah tangga saja, tetapi juga memproduksi barang sesuai permintaan serta kebutuhan pasar. Inovasi baru tidak hanya dari bentuk kerajinan saja, tetapi juga dari bahannya. Masyarakat Desa Kasongan mulai memanfaatkan bahan alami seperti kayu, rotan, bambu hingga batok kelapa. Ilmu dan kreatifitas para pengrajin gerabah di Desa Kasongan diwariskan secara turun temurun. Hingga sekarang, Desa Wisata Kasongan telah menjadi salah satu ikon wisata di Bantul.

Desa Wisata Kasongan

Meskipun telah menjadi salah satu ikon wisata. Namun sebenarnya desa ini hanya desa biasa. Hanya saja, warganya memang didominasi oleh para perajin gerabah. Desa ini menjadi tempat tinggal bagi para kundi atau gundi atau buyung. Yang merupakan sebutan bagi orang-orang yang membuat kendi atau buyung atau kuali. Semuanya meerupakan peralatan dapur yang dibuat dari gerabah atau tanah liat.

Beragam Hasil Gerabah Dari Kasongan

Karena kepopulerannya, Desa Wisata Kasongan menjadi satu destinasi wisata yang unik dan ramai dijunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Para pengunjung bisa datang dan melihat secara langsung semua hasil karya dari warga setempat di deretan showroom atau rumah galeri gerabah yang ada di sana.

Pada masing-masing galeri menampilkan berbagai jenis kerajinan tangan yang terbuat dari gerabah dan bisa dibeli jika berkenan. Kerajinan ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu oleh-oleh khas jogja. Barang yang paling sering diliriki para pengunjung adalah pot bunga, lampu hias, guci, kendi dan beberapa souvenir yang unik.

Terdapat elemen dekorasi yang cocok untuk dijadikan pajangan di rumah. Salah satu elemen dekorasi yang sudah terkenal dan legendaris di desa wisata ini adalah patung Loro Blonyo. Loro Blonyo merupakan patung pengantin yang dibuat dalam berbagai pose. Patung ini diadopsi dari patung pengantin yang berada di Kraton Yogyakarta.

Berburu cindera mata di sini juga seru lo:

Selain hanya datang untuk melihat-lihat atau membeli saja, kamu juga bisa mengikuti kursus singkat. Tujuannya adalah untuk melihat proses pembuatan kerajinan gerabah secara langsung sekalian mencoba membuatnya sesuai panduan dari perajin. Tentu kegiatan ini akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Alamat Lengkap Desa Wisata Kasongan

Desa Wisata Kasongan beralamat di pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jika berasal dari pusat Jogja, kamu bisa menuju ke arah selatan Jogja menuju ke perempatan Dongkelan. Dari perempatan tersebut, arahkan kendaraan menuju ke selatan. Tidak sampai 30 menit kamu akan sampai di Desa Wisata Kasongan. Kamu bisa menemukan sebuah gerbang masuk atau gapura desa.

Fasilitas yang disediakan sudah sangat lengkap yaitu tempat parkir, pusat informasi wisata, hotel, bank dan tempat penukaran uang. Kamu bisa berkunjung kapan saja tanpa biaya masuk alias gratis. Hanya saja kamu perlu membayar biaya parkir.

Sudah mulai tertarik untuk melihat-lihat kerajinan gerabah? segera agendakan untuk mengunjungi Desa Wisata Kasongan, terutama jika kamu adalah penggeamar kerajinan tangan dari gerabah.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan