Terpikat Keindahan Keris Di Desa Wisata Banyusumurup

Desa Wisata Banyusumurup

Jogja merupakan surganya tempat wisata. Terdapat ratusan destinasi wisata yang yang bisa kamu kunjungi di provinsi yang letaknya berada di bagian tengah-selatan Pulau Jawa, mulai dari wisata candi, kuliner hingga wisata belanjanya. Untuk wisata belanja, kamu tidak perlu menginjakkan kaki ke pusat perbelanjaan yang mahal untuk memberikan pengalaman berbelanja yang mengesankan. Jika kamu ingin berburu keris dan aksesorisnya, serta sedang berada di Jogja, kamu bisa mengunjungi Desa Wisata Banyusumurup.

Telisik Lebih Mendalam Tentang Keris

Desa Wisata Banyusumurup merupakan sebuah desa pengrajin keris. Dari dulu, desa ini memang terkenal sebagai sentra kerajinan sandangan atau aksesoris keris dan kawasan tempat tinggal para Mpu yaitu sebutan bagi para pembuat keris. Hingga saat ini, keris tetap menjadi bagian dari Upacara adat atau acara-acara besar di sebagian besar pulau Jawa.

Jangan lupa mampir cari souvenir ke sini:

Masing-masing keris mempunyai berbagai fungsi yaitu sebagai aksesoris dan menjadi pusaka dalam berbagi macam urusan. Biasanya keris pusaka berisi doa doa yang berfungsi sebagai keselamatan, kewibawaan, meninggikan derajat, kelancaran rejeki, dan sebagai penangkal ilmu santet. Pembuatan keris pusaka membutuhkan ketelitian yang tinggi serta ritual-ritual khusus. Ritual khusus yang dimaksud yaitu seperti puasa makan dan minum, puasa berbicara, puasa berjalan, hingga puasa tidur.

Keris Desa Wisata Banyusumurup Dibuat Dengan Cara Tradisi

Pembuatan keris masih memakai alat-alat sederhana seperti paku tatah, palu, alat pelebur dan alas. Proses pembuatannya yaitu lempengan kuningan dibentuk sesuai sarung keris lalu letakkan pada aspal yang digunakan sebagai alas, setelah itu dilakukan proses penatahan sesuai motif yang dikehendaki. Untuk mempertegas hasil tatahan, lempengan kuningan diberi batangan besi. Setelah itu, sarung keris di poles dengan air jeruk untuk memberi warna yang cerah, namun saat ini lebih sering menggunakan larutan HCL karena prosesnya lebih cepat dan praktis.

Desa Wisata Banyusumurup

Pembuatan gagang keris menggunakan jenis kayu asem dan sebagian besar dibentuk dalam dua model itu gaya Solo dan Yogya. Perbedaan model terletak pada ukuran dan bentuk. Model Solo lebih besar sedangkan Yogya memiliki bentuk lengkung. Tidak hanya model Solo dan Yogya, terdapat model lain dengan bentuk singa atau naga dan beberapa model lain yang diproduksi dengan jumlah terbatas.

Pengrajin Desa Wisata Banyusumuruo tidak hanya memproduksi berdasarkan pesanan saja namun juga memproduksi aksesoris baru setiap harinya. Disini kamu bisa mendapat gambaran tentang pembuatan keris dan aksesorisnya hingga menghasilkan bentuk yang beraneka ragam dan indah. Di tempat ini kamu bisa melihat secara langsung proses pembuatan keris. Yang menarik dari mengunjungi Desa Wisata Banyusumurup adalah kamu bisa belajar tentang jenis-jenis keris sesuai kegunaannya. Jika berminat untuk belajar membuat keris kamu tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

Keris sangat cocok dijadikan sebagai cinderamata yang sayang untuk dilewatkan. Penasaran dengan harganya? Harga keris hiasan atau keris aksesoris berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah, sedangkan keris pusaka bisa bernilai hingga puluhan juta rupiah.

Rute Termudah Menuju Desa Wisata Banyusumurup

Desa Wisata Banyusumurup beralamat di Banyusumurup, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Tidak ada trayek angkutan umum yang melewati Desa Wisata Banyusumurup. Kamu bisa mencapainya dengan kendaraan pribadi atau taksi. Rute yang bisa kamu tempuh untuk menuju ke Desa Wisata Banyusumurup adalah berangkat dari terminal Giwangan menuju ke selatan hingga menjumpai pertigaan kecamatan Imogiri. Lalu belok kiri menuju ke makam raja-raja Imogiri. Sebelum sampai di pertigaan makam raja-raja, terdapat persimpangan berbentuk Y kemudian belok ke kanan. Setelah itu menuju ke selatan hingga menemukan lokasi.

Tidak cukup hanya dengan melihat proses pembuatan, namun bisa sekaligus belajar membuat keris dan membeli keris sebagai oleh-oleh. Hal ini tentu akan menjadikan liburanmu lebih istimewa. Yuk segera kunjungi Desa Wisata Banyusumurup.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan