Nikmati Sunset Di Situs Arkeologi Candi Ratu Boko

Candi ratu boko

Musim liburan sudah di depan mata? Kamu bisa merencanakan untuk memilih tempat baru yang untuk menghilangkan penat. Kalau kamu adalah pemburu sunset, ada banyak tempat di Jogja yang digunakan untuk menikmati sunset. Salah satu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi adalah Candi Ratu Boko.

Candi Ratu Boko Istana Megah Rakai Panangkaran

Banyak yang mengira kalau tempat ini hanyalah candi biasa. Faktanya, Candi Ratu Boko merupakan bekas kompleks istana megah yang dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran yang merupakan salah satu keturunan Wangsa Syailendra. Istana ini didirikan sebagai tempat menyepi sekaligus memfokuskan diri pada kehidupan spiritual.

Dibalik misterinya, tempat ini memiliki keindahan yang berbeda dari situs lain yang ada di Jogja. Setelah kamu memasuki gerbang, kamu akan disambut dengan hamparan rumput hijau yang luas. Terdapat Paseban gua, bekas pendopo hingga keputren yang berisi beberapa kolam yang unik. Setelah sampai di pintu masuk, kamu harus menaiki tangga untuk mencapai gapura candi. Oiya, tangga ini salah satu spot favorit untuk berfoto, karena merupakan ikon dari situs Istana Ratu Boko. Selanjutnya, kamu akan dimanjakan dengan hamparan rumput dengan satu pohon besar yang teduh dan bisa dijadikan tempat untuk beristirahat setelah mengelilingi situs ini.

Candi Ratu Boko
Sendan di Kaputren Istana Ratu Boko.
Source: Borobudurpark.com

Di tempat ini kamu akan menemukan bangunan dengan bentuk persegi yang dinamakan paseban.  Tidak jauh dari letak paseban, kamu akan menemukan bangunan serupa yang merupakan bekas pendopo istana. Menelusuri lebih dalam, kompleks ini memang hanya tinggal bangunan yang hanya berbentuk seperti fondasi. Hal ini dikarenakan bangunan yang ada diatasnya diperkirakan sudah hancur karena terbuat dari kayu.

Keindahan Dan Terjangkaunya Tiket Masuk Candi Ratu Boko

Karena letaknya di perbukitan, candi ini mempunyai udara yang sejuk dan pemandangan alam yang indah. Kamu bisa melihat pemandangan kota Jogja serta Candi Prambanan yang megah dengan latar Gunung Merapi. Menjelang sore hari, jangan langsung beranjak pulang ya, karena kamu bisa menikmati keindahan senja yang menawan. Tempat ini dikenal sebagai tempat terbaik untuk menikmati sunset di Jogja.

Kalau kamu ingin mengunjungi situs ini, jam buka Candi Ratu Boko adalah mulai jam 06.00 dan tutup pada jam 17.00. Satu hal yang harus kamu ketahui kalau ingin mengunjungi tempat ini adalah tentang harga tiket masuk. Kompleks Ratu Boko menyediakan tiket dalam dua paket. Untuk paket reguler, harganya Rp. 25.000,- dan sudah termasuk biaya parkir. Tiket paket ini mulai dari jam 06.00 sampai jam 15.00. Setelah jam 15.00 maka tiket akan masuk paket kedua yaitu paket sunset. Paket ini lebih mahal dari paket regular yaitu Rp. 100.000. Jadi kalau kamu ingin menikmati sunset di situs ini dengan harga reguler ada baiknya kamu datang pada jam 14.00 atau jam 15.00 tetapi dengan konsekuensi menunggu lumayan lama.

Akses Termudah Sampai Di Istana Ratu Boko

Akses menuju Istana Ratu Boko tidak teralu sulit, angkutan umum sudah tersedia dengan baik. Dari Jogja kamu bisa menggunakan bus TransJogja dengan nomor trayek 1A atau 1B untuk mencapai ke Candi Prambanan. Setelah sampai di Candi Prambanan, kamu bisa menaiki ojek, delman atau berjalan kaki kearah selatan. Kalau kamu mengalami kebingungan, terdapat banyak petunjuk bahkan orang-orang sekitar yang bisa membantu menunjukkan arah. Fasilitas yang praktis berupa sewa mobil dapat kamu temui mulai harga Rp. 250.000 sampai Rp. 300.000 perhari. Terdapat alternatif lain kalau kamu ingin menggunakan angkutan umum menuju prambanan, kamu bisa membeli tiket terusan Prambanan-Boko sehingga kamu akan mendapatkan keuntungan diantar dengan mobil khusus wisatawan menuju areal Istana Ratu Boko.

Berbagai fasilitas pendukung wisata tersedia lengkap di Jogja. Kalau kamu berencana untuk menginap, di dekat situs Istana Ratu Boko ini terdapat banyak penginapan. Banyak sekali hotel bagus disekitar tempat ini. Tarif hotel bermacam-macam mulai dari kisaran Rp.100.000 hingga jutaan sesuai pilihan.

Nah, tempat yang menarik kan? Yuk, destinasi wisata favoritmu mulai dari sekarang! Lengkapi juga dengan mengunjungi Candi Barong. Cek ulasannya di sini.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan