Candi Kedulan, Membangun Kembali Sejarah Yang Hilang

Candi Kedulan

Mengunjungi Kota Jogja sebagai ‘menu utama’ destinasi wisata merupakan hal yang sudah biasa bagi kebanyakan orang, Jogja memang dikenal dengan rajanya tempat wisata yang. Pengunjung bisa dengan leluasa memilih destinasi wisata yang ingin di kunjungi. Gunung, pantai, bukit hingga budayanya seakan sudah mempunyai tempat di hati para pengunjung. Namun jika sudah mulai bosan dengan yang ada di Jogja, kamu bisa mengunjungi kawasan yang berbatasan langsung dengan Jogja. Di Klaten, kamu bisa mengunjungi salah satu candi yang membuatmu menebak-nebak karena struktur bangunannya yang masih dalam tahap rekonstruksi, candi itu bernama Candi Kedulan.

Candi Hindu Yang Bersejarah Dalam Tanah

Candi Kedulan merupakan candi bercorak Hindu. Titik penggalian sedalam 7 meter akan langsung menyambutmu saat tiba di kawasan candi. Lokasi penggalian berisi batu-batu candi yang tercecer di segala sudut dan pada bagian kaki candi induk yang masih terlihat menyatu. Kompleks candi ini terdiri dari 1 candi induk dan 3 candi pendamping.

Candi Kedulan

Menyusuri kawasan lokasi penggalian, kamu akan menjumpai batu-batu candi yang sedang direkonstruksi dengan cara mencocokkan masing-masing batu. Batu yang berhasil dicocokkan diberi penanda yang ditulis menggunakan kapur. Tampak rekonstruksi di beberapa bilik candi dan di bagian tubuh candi lainnya. Terlihat pula lingga dan yoni yang diperkirakan merupakan bagian dari bilik candi.

Indahnya Ornamen Dari Candi Kedulan yang Bernilai Religius

Tampak beberapa ornamen yang terukir bisa kamu nikmati keindahanya meskipun candinya masih tahap rekonstruksi. Terdapat relief berbentuk seperti naga di bawah yoni yang diduga untuk mengisi bilik utama candi induk, naga penghias yoni candi di Jawa Tengah lainnya tampak berbeda karena terlihat memiliki rahang. Dapat kamu temukan pula relief dewa di bagian dinding candi, hiasan sulur-suluran, serta relief dengan motif batik.

Saat memasuki ruang informasi yang letaknya berada di sebelah lokasi penggalian, kamu akan mengetahui perkiraan sketsa Candi Kedulan. Kamu juga bisa melihat puing-puing mangkuk dan gerabah yang digunakan dalam ritual peribadatan. Terdapat juga kayu-kayu yang berasal dari pepohonan yang tumbuh saat candi ini berdiri. Kamu juga akan menemukan foto dari benda-benda lain yang telah ditemukan pada ruang informasi. Mulai dari foto arca dewa bermaterial perunggu, prasasti Pananggaran dan Sumudul. Di dinding ruangan bosa kamu temukan foto-foto yang menggambarkan proses penggalian yang berlangsung selama bertahun-tahun.

Pada tahun 2003 telah ditemukan 2 buah prasasti di lokasi penggalian. Prasasti yang ditulis dalam huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta tersebut berisi tentang pembebasan pajak tanah di Desa Pananggaran dan Parhyangan, pembuatan bendungan yang digunakan sebagai irigasi, pendirian bangunan suci dan kutukan bagi yang tidak mematuhi aturan.

Kunjungi juga candi lain yang indah ini:

Diperkirakan bangunan suci Tiwaharyyan merupakan Candi Kedulan itu sendiri. Desa Pananggaran yang diperkirakan berada di kawasan sekitar candi, begitupun dengan bendungannya. Namun hingga kini belum ditemukan bekas bendungan kuno yang di sebut dalam prasasti ini. Mungkin saja bendungan itu di dirikan di Sungai Opak yang berjarak sekitar 4 km dari lokasi, mungkin juga di sungai yang saat ini sudah lenyap karena tertimbun lahar letusan Gunung Merapi ratusan tahun silam.

Rute Termudah Menuju Candi Kedulan Dan Tiket Masuk

Candi Kedulan beralamat di Dusun Kedulan, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Rute yang dapat kamu tempuh menggunakan transportasi umum yaitu berangkat naik bus Jogja-Solo dari arah Janti dan turun di Jalan Jogja-Solo KM 10. Sampai di tempat ini kamu dapat melanjutkan dengan ojek untuk sampai ke lokasi. Candi ini bisa kamu kunjungi mulai jam 09.00-19.00, gratis. Sayangnya fasilitas umum yang tersedia di kawasan ini hanya area parkir.

Berkunjung ke Candi Kedulan seperti  menyusun teka-teki yang siap untuk dipecahkan kapan saja. Kondisinya yang masih dalam tahap rekonstruksi malah semakin menambah penasaran sebab kamu bisa menikmati proses rekonstruksi candi yang begitu rumit. Penasaran? Yuk segera kunjungi Candi Kedulan bersama Onejogja jasa Rental Mobil Jogja terpercaya dalam pelayanan

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan