Candi Ijo, Menggapai Langit di Candi Dengan Lokasi Tertinggi Di Jogja

Candi Ijo

Jika Gunungkidul terkenal dengan deretan pantai yang indah, maka Sleman terkenal dengan surganya candi. Candi baik yang beraliran Hindu maupun Budha yang tersebar dari kaki Gunung Merapi hingga perbukitan Batur Agung yang berada di sisi selatan. Setiap candi memiliki karakteristik dan pesonanya sendiri. Dari sekian banyak candi di Sleman, salah satu candi yang wajib untuk dikunjungi adalah Candi Ijo.

Menelusuri Tingginya Puncak Bukit Candi Ijo

Candi Ijo terletak di puncak perbukitan yang berada di sebelah timur Kota Jogja. Candi ini dibangun pada abad ke 9  pada sebuah bukit yang dikenal dengan Bukit Hijau atau Gumuk Ijo. Dengan ketinggian kurang lebih 410 meter di atas permukaan laut, maka tidak hanya bangunan candinya saja yang bisa dinikmati, tapi juga panorama alam yang membentang dibawahnya berupa teras-teras seperti di kawasan pertanian dengan tingkat kemiringan yang agak curam. Meskipun bukan tergolong sebagai daerah yang subur, pemandangan alam di sekitar candi sangat indah.

Kompleks candi terdiri dari 17 susunan bangunan, dibagi menjadi 11 teras berundak. Teras pertama merupakan halaman menuju pintu masuk yang membujur dari arah barat ke timur.  Bangunan di teras ke 11 dikelilingi oleh pagar, terdapat delapan buah lingga patok, empat bangunan candi utama, dan tiga candi pendamping. Letak bangunan pada tiap teras didasarkan pada kesakralannya, semakin tinggi teras maka semakin sakral pula bangunannya.

Selain Melihat Bangunan Legendaris, Juga Bisa Menantikan Sunset Terindah

Berbagai bentuk seni rupa bisa kamu jumpai sejak kamu menjejakkan kaki di pintu masuk bangunan yang tergolong dalam candi Hindu ini. Tepat di atas pintu masuk, kamu bisa dengan mudah menemukan kala makara dengan motif kepala ganda lengkap dengan atributnya. Motif kepala ganda lengkap dengan atributnya biasa kamu jumpai pada candi-candi Budha. Hal ini menunjukkan kerukunan dalam budaya dan keyakinan.

Candi Ijo
Candi Ijo tampak dari udara.
Source: YouTube

Salah satu seni rupa yang masih menjadi misteri hingga saat ini adalah dua buah prasasti yang terletak di teras candi ke 9.  Prasasti tulisan Guywan atau Bluyutan yang beratri pertapaan. Terdapat prasasti lain yang terbuat dari batu dengan tinggi 14 cm dan tebalnya mencapai 9 cm berisi tentang mantra yang diperkirakan berisi kutukan. Hingga sekarang, misteri ini masih belum terkuak.

Terlepas dari misteri yang belum terungkap hingga sekarang, dengan mengunjungi Candi Ijo kamu bisa menjumpai panorama yang tidak bisa kamu jumpai di candi lainnya. Jika kamu menghadap ke arah barat saat cuaca cerah dan memandang ke bawah, kamu bisa melihat pesawat lepas landas dan mendarat di Bandara Adisutjipto serta Gunung Merapi yang gagah berdiri. Waktu terbaik yang bisa kamu pilih untuk mengunjungi Candi Ijo adalah saat pagi atau sore hari. Dan tentu saja fenomena keduanya menawarkan suasana yang berbeda.

Rute Lokasi Beserta Tiket Masuk Candi Ijo

Candi Ijo berada di Dukuh Groyokan Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Rute yang dapat kamu tempuh jika dari Jogja adalah menuju Jalan Solo menyusuri jalan raya Prambanan- Piyungan. Setelah melewati Istana Ratu Boko ambil arah ke kiri mengikuti penunjuk arah. Jalan yang akan kamu lalui masih lumayan curam dan berupa tanjakan, namun masih bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat. Nah, Candi Ijo berada di sisi kiri jalan.

Baca juga : Tarif Sewa Mobil Jogja Murah

Fasilitas yang disediakan di kawasan candi ini sudah cukup baik, namun masih perlu ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung. Fasilitas yang tersedia yaitu Papan Informasi yang berisi tentang sejarah Candi, Mushola, warung, Toilet serta lahan parkir. Harga tiket masuk Candi Ijo cukup terjangkau untuk semua kalangan, kamu  hanya perlu membayar biaya sebesar Rp. 5.000,- , sedangkan untuk parkirnya kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 2.000,- untuk motor dan Rp. 5.000,- untuk mobil.

Nah, itulah ulasan tentang Candi Ijo. Penasaran dengan panoramanya? Atau misteri di balik keberadaan Candi Ijo? Yuk, ajak teman-temanmu mengunjungi salah satu destinasi wisata ini. Jangan terlewatkan juga membaca ulasan kami untuk Candi Sambi Sari.

About Author

client-photo-1
onejogja

Comments

Tinggalkan Balasan